20+ Contoh Kata Pengantar Laporan Yang Baik dan Benar 2017

Contoh Kata Pengantar Laporan | dalam menyusun karya tulis ilmiah yang meliputi skripsi, makalah, laporan, proposal dll. Dibutuhkan kata pengantar, Begitu juga dengan laporan bagi yang belum tahu berikut ini saya akan lampirkan beberapa contoh kata pengantar laporan tentunya yang baik dan benar sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) bahasa Indonesia.

Sebelum daftar isi, kata pengantar juga tidak boleh dilewatkan justru itulah kata ringkasan yang harus ada dalam karya tulis ilmiah. Secara umum kata pengantar memiliki 3 rangkaian yang harus ada dalam isi kata pengantar, yaitu:

  • Pembukaan kata pengantar
  • Isi kata pengantar, dan
  • Penutup kata pengantar

Bagi yang ingin tau secara detail apa itu kata pengantar & contoh kata pengantar lengkap, sistematika penulisan kata pengantar dan juga tips cara membuat kata pengantar silahkan klik link teks yang di garis bawahi dengan warna biru tersebut.

Berikut ini akan kami berikan beberapa contoh kata pengantar laporan yang baik dan benar.

Contoh Kata Pengantar Laporan

Contoh kata pengantar laporan kegiatan

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, atas rahmat-Nya kita diberi kesehatan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Laporan kegiatan ini merupakan penjelasan tentang pelaksanaan simulasi penerapan Standard Operation Procedures (SOP) Sistem Peringatan Dini Banjir Bandang di DAS Kalijompo. Simulasi ini dilaksanakan atas kerjasama Yayasan Pengabdi Masyarakat (YPM) Jember, Jawa Timur, Indonesia dengan Japan International Cooperation Agency (JICA).

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih masyarakat dan stakeholders khususnya Satlak PBP Kabupaten Jember untuk menggunakan SOP DAS Kalijompo. Selain itu juga untuk menunjukkan kepada masyarakat bagaimana SOP tersebut dijalankan dan meningkatkan kapasitas mereka dalam mengurangi resiko bencana banjir bandang.

YPM mengucapkan terima kasih kepada Japan International Cooperation Agency (JICA) yang telah memberikan kepercayaan untuk bekerjasama dalam melaksanakan kegiatan manajemen bencana, khususnya di Kabupaten Jember.

Jember, November 2017
Yayasan Pengabdi Masyarakat
Ketua,

Dr. Evita Soliha Hani


Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penyusun panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat, karunia, dan bimbingan-Nya dalam penyusunan Laporan Akhir Praktikum Komputer Industri 1. Laporan akhir ini disusun sebagai syarat untuk mengikuti ujian Praktikum Komputer Industri 1.

Besar harapan penyusun dalam pembuatan laporan akhir ini yaitu dapat membantu mengembangkan kreatifitas mahasiswa mengenai cara penggunaan komputer industri. Laporan akhir ini juga diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan tentang bagaimana cara pembuatan produk sampai produk jadi dan siap untuk dipasarkan.

Laporan Akhir Praktikum Komputer Industri 1 ini dapat terselesaikan tidak lepas karena bantuan dan dukungan dari berbagai pihak yang dengan tulus dan sabar memberikan sumbangan baik berupa ide, materi pembahasan dan juga bantuan lainnya yang tidak dapat dijelaskan satu persatu. Oleh karena itu penyusun ingin mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Ibu Dr. Ir. Rakhma Oktavina, M.T., selaku Ketua Jurusan Teknik Industri.
  2. Ir. Mohamad Asep Noor, M.T., selaku Koordinator Laboratorium Teknik
    Industri.
  3. Emirul Bahar, S.Si., M.T., AAAIJ., selaku Kepala Laboratorium Teknik Industri Dasar.
  4. Ainulhaq Parinduri, S.T., MMSI., sebagai Dosen Komputer Industri 1.
  5. Grace Elizabeth, selaku Penanggung Jawab Harian Laboratorium Teknik Industri Dasar.
  6. Caltararia Arlyani Vandia, selaku Asisten Pembimbing yang telah membantu memberikan bimbingan dan pengarahan.
  7. Seluruh Asisten Praktikum Komputer Industri 1 yang telah banyak memberikan saran dan kritik membangun.
  8. Rekan-rekan mahasiswa/i Jurusan Teknik Industri khususnya, kelas 2ID03 dan 2ID04, angkatan 2009 kampus Gunadarma kalimalang yang telah memberikan masukkan dan ide-ide kreatif sehingga selesainya laporan akhir Praktikum Komputer Industri 1 ini.

Laporan Akhir Praktikum Komputer Industri 1 ini membahas studi kasus berdasarkan modul yang berbeda setiap minggunya, yaitu CPM dan PERT, linear programming, line balancing, quality control dan transportasi.

iharapkan dengan hadirnya laporan ini dapat memberikan gambaran tentang sebuah ilmu yang berasal dari buah pikiran manusia dan memberikan pengetahuan bagaimana cara mengolah sebuah data dalam bidang penelitian operasional menggunakan software WinQSB.

Akhirnya penyusun menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu dengan segala kerendahan hati, penyusun mohon para pembaca dan pembimbing berkenan memberikan saran atau kritik demi perbaikan laporan berikutnya. Semoga laporan akhir ini dapat memberikan suatu manfaat bagi pembaca dan semua pihak yang terlibat dalam penyusunan Laporan Akhir Praktikum Komputer Industri 1 ini.

Bekasi, Mei 2017

Penyusun


Contoh Kata Pengantar Laporan PKL (Prakterk Kerja Lapangan)

KATA PENGANTAR

Syukur Alhamdulillah, tiada kata yang dapat diucapkan kehadirat ALLAH SWT atas rahmat, taufiq serta hidayah-Nya, sehingga penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan selama 2 bulan yang dimulai tanggal 15 Juni – 08 Agustus 2009 di Perpustakaan Universitas Negeri Malang.

Laporan ini disusun sebagai salah satu syarat untuk memperoleh nilai kelulusan KHS di tahap IV Jurusan Teknik Informatika, Program Keahlian Bisnis dan Industri Universitas Negeri Malang. Namun tanpa adanya bantuan serta dorongan dan motivasi dari beberapa pihak, laporan ini tidak akan bisa terselesaikan. Sehingga pada kesempatan ini Penulis ingin mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan ini. Ucapan ini ditujukan kepada yang terhormat:

  1. Bapak Drs. Partono, M Pd, selaku Direktur PKBI Universitas Negeri Malang.
  2. Bapak Arif Wicaksono, ST selaku Manajer PKBI Universitas Negeri Malang. terimakasih telah memberi saran dan bantuan untuk kelancaran kegiatan Praktek Kerja Lapangan yang sangat berharga ini.
  3. Bapak Drs. Yoyok AL, M.Si, selaku ketua bidang Teknik Informatika.
  4. Bapak Drs. Darmono, M.Si selaku kepala Perpustakaan Universitas Negeri Malang.
  5. Bapak Suwaskito Wibowo, SE selaku Kabag TU Perpustakaan UM terimakasih banyak telah memberikan ijin dan bantuan dalam melakukan Praktek Kerja Lapangan.
  6. Bapak Moch. Ilyas selaku pembimbing lapangan di tempat PKL yang telah memberikan saran dan bimbingan dalam kegiatan Praktek Kerja Lapangan.
  7. Temen-temen Prakerin SMK Nasional, Arum, Dina, Mitha dan Nita TIF-A makasih atas kebersamaan serta motivasi dan dukungan selama ini.

Akhir kata penulis menyadari bahwa penulisan ini masih jauh dari sempurna, untuk itu penulis akan sangat terbuka dalam menerima kritik dan saran yang membangun bagi perbaikan laporan ini.

Malang, Agustus 2017

Penulis


Contoh Kata Pengantar Laporan Singkat

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena atas ridho dan hidayahNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Tugas Akhir ini.

Maksud dan tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk memenuhi persyaratan kelulusan program Studi Strata I pada Jurusan Teknik Informatika di Universitas Widyatama Bandung. Selain itu penulis juga dapat mencoba menerapkan dan membandingkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dibangku kuliah dengan kenyataan yang ada di lingkungan kerja.

Penulis merasa bahwa dalam menyusun laporan ini masih menemui beberapa kesulitan dan hambatan, disamping itu juga menyadari bahwa penulisan laporan ini masih jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangan-kekurangan lainnya, maka dari itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari semua pihak.

Menyadari penyusunan laporan ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, maka pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada:

  1. Bapak Sukenda, S.Kom, M.T. sebagai dosen pembimbing pertama yang telah bersedia untuk meluangkan waktu untuk membimbing, memeriksa, serta memberikan petunjuk-petunjuk serta saran dalam penyusunan laporan ini.
  2. Bapak Imam Rozali, S.T, M.T. sebagai dosen pembimbing kedua dan selaku Ketua Jurusan Teknik Informatika. yang telah bersedia untuk meluangkan waktu untuk membimbing, memeriksa, serta memberikan petunjuk-petunjuk dalam penyusunan laporan.
  3. Seketaris Jurusan Teknik Informatika Universitas Widyatama yang telah membantu penulis dalam mengurus proposal tugas akhir.
  4. Seluruh staf pengajar Universitas Widyatama yang telah membimbing dan memberikan materi perkuliahan kepada penulis.
  5. Seluruh staf Perpustakaan Universitas Widyatama yang telah membantu penulis dalam peminjaman buku.
    iii
  6. Papa, Mama dan Oow Hwa yang tercinta atas curahan kasih sayang, doa dan dorongan baik moril maupun materil kepada penulis.
  7. Ci Chris, Ko Ivan, Ci Yuli serta Ko Rudi yang tersayang, banyak memberikan ide-ide baru untuk laporan ini.
  8. Sahabat spesialku Cincin. yang selalu mendampingiku dalam memberi dukungan, perhatian, semangat dan doa bagi penulis selama penyusunan tugas akhir.
  9. Sahabat-sahabat baikku Fenmeos ST, Lina SE, Bonar ST, Wijaya ST, Sugianto, Wittje, dan Rizky, Dony, Asep Mabrur, serta teman-teman yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu, karena telah mau memberi kritik dan saran.
  10. Seluruh rekan-rekan di Universitas Widyatama Bandung, khususnya Jurusan Informatika Angkatan ’00 yang telah memberikan saran dan kritikan kepada penulis.
  11. Teman-teman di kostan pondok 36 atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan.
  12. Seluruh pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, yang telah banyak membantu selama ini.

Akhir kata, semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan karunia-Nya dan membalas segala amal budi serta kebaikan pihak-pihak yang telah membantu penulis dalam penyusunan laporan ini dan semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat bagi pihak-pihak yang membutuhkan.

Bandung, 05 Oktober 2005

I W A N


Contoh Kata Pengantar Laporan PPL (Praktek Pengalaman Lapangan)/ Observasi

KATA PENGANTAR

Bismillahirrohmanirrohim

Segala Puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat, Taufiq, serta HidayahNya. Sholawat serta salam semoga senantiasa terhaturkan kepada sang pelopor perjuangan Nabi besar Muhammad SAW, serta para sahabatnya yang telah berusaha dengan gilang gemilang membawa kita dari lembah kemusyikan dan kejahiliyahan menuju kejalan yang terang benderang yaitu jalan lurus yang bersaratkan nilai-nilai tauhid dan kemanusian.

Penulis bersyukur pada Ilahi Robbi karena dengan hidayahNya, penulis dapat melaksanakan dan menyelesaikan laporan “ Praktik Pengalaman Lapangan ” serta laporan observasi kelas di di MI Darussalam Sugihwaras Candi Sidoarjo dengan tanpa suatu halangan apapun.

Laporan Praktik Mengajar diajukan untuk memenuhi salah satu tugas PPL II yang berangkat dari tujuan, yaitu calon Guru memperoleh pengetahuan, pengalaman dan keterampilan yang sesuai dengan profesi Guru. Serta memiliki kemampuan menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di lingkungan sekolah.
Atas terlaksananya program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL II), kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah membantu, membimbing dan mengarahkan kami selama kurang lebih dua bulan. Dengan kerendahan hati kami menyampaikan banyak terima kasih kepada :

  1. Bapak Prof. Dr. Abdul A’la, M.Ag. selaku Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, beserta staf-stafnya.
  2. Bapak Prof. Dr. Ali Mudlofir, M.Ag. selaku Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sunan Ampel Surabaya.
  3. Ibu Jauharoti Alfin, S.Pd. M.Si Selaku Kaprodi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sunan Ampel Surabaya, beserta staf-stafnya.
  4. Ibu Chairati Saleh, M.Ed Selaku Dosen Pembimbing Lapangan yang telah membimbing kami dalam melaksanakan tugas PPL II di MI Darussalam Sugihwaras Candi Sidoarjo.
  5. Bapak Ary Irawanto, S.Pd. M.M Selaku Kepala Sekolah MI Darussalam Sugihwaras Candi Sidoarjo yang telah menyediakan sarana dan prasarana yang menunjang terlaksananya kegiatan PPL II ini.
  6. Ibu Ni. Mah Masruroh, S.Pd Selaku Guru pamong yang mendampingi dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas, meluangkan waktu untuk membimbing dan mengarahkan kami serta tidak bosan-bosannya memberikan saran dan motivasi selama PPL II berlangsung.
  7. Segenap Dewan guru MI Darussalam Sugihwaras Candi Sidoarjo yang telah banyak memberikan pelajaran dan saran-saran yang bermanfaat kepada kami berkaitan dengan kependidikan.
  8. Segenap siswa-siswi MI Darussalam Sugihwaras Candi Sidoarjo yang menyambut kami dengan antusias dan ikut berpartisipasi dalam PPL II ini.
  9. Orang tua dan keluarga yang senantiasa memberikan dukungan moril dan materiil, serta tiada henti memberikan perhatian, dukungan kasih sayang dan mendo`akan penulis sehingga terselesainya kegiatan dan laporan ini.
  10. Rekan seperjuangan PPL II dan semua pihak yang telah membantu pelaksanaan PPL II ini.

Tiada kata yang dapat kami berikan sebagai balas budi selain untaian do`a, semoga semua amal baik tersebut di balas dan diterima di sisi Allah SWT sebagai amal sholeh yang kelak akan menghantarkan kita menuju surga-Nya.
Kesempurnaan adalah milik Allah SWT. Meskipun penulis berusaha semaksimal mungkin dalam penyusunan laporan ini, namun karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman maka penulis menyadari adanya kekurangan pada penyusunan laporan ini. Sehingga penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang mendukung demi kemajuan dan perbaikan selanjutnya.

Akhirul kalam Jazaakumullah ahsanul jaza`
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sidoarjo, 16 September 2014
Penulis

Adil Ganda SJN


Contoh Kata Pengantar Laporan Tugas Akhir

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SAW, atas rahmat, barokah, dan ridho-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan Laporan Tugas Akhir ini.

Penyusunan Tugas Akhir ini selain merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi untuk menyelesaikan pendidikan Tingkat Sarjana pada Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Diponegoro juga dimaksudkan untuk menambah wawasan di bidang analisis pelabuhan khusus gas alam serta mengaktualisasikan konsep link and match antara dunia kampus dengan dunia kerja yang akan menciptakan kerjasama saling menguntungkan.

Pada kesempatan ini ijinkan penulis untuk mengucapkan terima kasih dan ras hormat atsa segala bantuan yang telah diberikan kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan LAporan Tugas Akhir ini, yaitu kepada :

  1. Bapak Ir. Bambang Pudjianto, MT., selaku Ketua Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Diponegoro yang telah memungkinkan penulis untuk mengerjakan Tugas Akhir.
  2. Bapak Ir. Arif Hidayat, CES., selaku Kabid. Pendidikan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.
  3. Bapak Ir. Slamet Hargono, Dipl. Ing., selaku Dosen Pembimbing I dalam penyusunan Laporan Tugas Akhir yang telah membimbing, memberi masukan sehingga penulis dapat lebih menyempurnakan Laporan Tugas Akhir ini.
  4. Bapak Ir. Wahyudi Kusharjoko, MT., selaku Dosen Pembimbing II dalam penyusunan Laporan Tugas Akhir yang telah membimbing dan memberikan masukan sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Tugas Akhir ini.
  5. Ibu Ir. Han Ay Lie, MEng., selaku Dosen Wali yang telah membantu memperlancar penulis untuk mengerjakan Tugas Akhir.
  6. Seluruh dosen, staf, dan karyawan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Diponegoro atas jasa-jasanya selama penulis menuntut ilmu.
  7. Pimpinan PT. Badak NGL yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk melakukan penelitian.
  8. Bapak Ade D. Wiraredja, selaku Marine Section Head
  9. Bapak Herry Suhartono, selaku Shift Coordinator Operation
  10. Bapak Budiman Aliwinardi, MM, selaku Production Planning Section Head
  11. Bapak Sudarwanto, selaku pembimbing utama selama penulis melakukan pengumpulan data di Pelsus Gas Alam PT. Badak NGL Bontang.
  12. Bapak Deddy A. Subandi, selaku pembimbing storage and loading
  13. Bapak Wahyu P, selaku pembimbing Production Planning
  14. Bapak Muslich, selaku Technology Section Head
  15. Ibu Herry, Mbak Yuyun, Pak Upe serta seluruh staf Training Section
  16. Keluarga Bapak Muailih.
  17. Mama, Papa, Mas Jerry, Mas Arif, Dek Ayud atas dukungan dan doanya
  18. Semua pihak yang telah banyak memberikan bantuan yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu sehingga mengantarkan penulis untuk menyelesaikan Laporan Tugas Akhir ini.

Dalam penyusunan Laporan ini tentunya masih banyak terdapat kekurangan, kesalahan dan kekhilafan karena keterbatasan kemampuan penulis, untuk itu sebelumnya penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya. Penulis juga mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak demi perbaikan yang bersifat membangun atas laporan ini.

Akhirnya dengan segala kerendahan hati penulis mengucapkan terima kasih dan semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis maupun kita bersama.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Semarang, Februari 2006

Penulis

Demikian informasi mengenai beberapa contoh kata pengantar laporan baik itu laporan kegiatan, laporan praktikum, laporan PKL, laporan singkat, laporan observasi dan contoh kata pengantar laporan tugas akhir. Semoga bermanfaat.

Review Pengunjung
  • Star
4.9

Summary

Penilaian tentang tentang 20+ Contoh Kata Pengantar Laporan Yang Baik dan Benar 2017 yang di publish oleh www.makalah.id. Terima kasih sudah memberikan review yang baik.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.