Contoh Kata Pengantar Buku | Novel, Biografi, Diktat, Panduan, Cerita

Berikut ini adalah contoh kata pengantar buku, baik buku novel, buku biografi, buku diktat, buku panduan, cerita anak dan masih banyak lagi.

Kata pengantar bersifat umum, tidak membahas salah satu topik saja. Melainkan harus membahas secara keseluruhan hal apa saja yang akan disampaikan di dalam kata pengantar tersebut termasuk ucapan terima kasih, isi dan penutup yaitu harapan penulis untuk pembaca setianya.

Kata pengantar juga halaman yang tidak kalah pentingnya dari isi sebuah karya ilmiah. Bagaimana tidak jika sebuah karya ilmiah tidak ada kata pengantarnya?

Kata pengantar merupakan sebuah kalimat pembuka dari penulis/ penyusunnya terkait karya tulis ilmiah yang telah dibuatnya. Misalnya karya tulis buku, siapa yang tidak tahu dengan buku? Buku lah yang selalu memberikan ilmu untuk kita. Sebuah buku dibuat oleh penyusunnya yang disebut dengan penulis.

Cara membuat kata pengantar yang baik dan benar

Bagi yang ingin tahu lebih lanjut silahkan klik link contoh kata pengantar yang baik dan benar. Disana juga terdapat tips cara membuat kata pengantar yang baik, isi nya seperti apa dan sistematika yang harus ditulis itu seperti apa.

Baiklah lanjut ke contoh kata pengantar buku, dibawah ini akan kami berikan beberapa contoh kata pengantar yang mungkin dapat bermanfaat bagi kalian sebagai referensi dan juga gambaran dalam menulis sebuah buku.

Contoh kata pengantar buku

Yang akan kami berikan kata pengantar buku dengan banyak jenisnya meliputi kata pengantar buku novel, buku biografi, buku panduan, buku cerita dan lainnya.


Kata pengantar buku

Contoh kata pengantar buku

Contoh kata pengantar buku

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Alloh SWT karena buku ini selesai disusun. Buku ini disusun untuk membantu para mahasiswa dalam mempelajari konsep-konsep manajemen keuangan dan untuk mempermudah mempelajari materi manajemen keuangan terutama bagi yang belum mengenal manajemen keuangan.

Penulis menyadari apabila dalam penyusunan buku ini terdapat kekurangan, tetapi penulis meyakini sepenuhnya bahwa sekecil apapun buku ini tetap memberikan manfaat.

Akhir kata guna penyempurnaan buku ini kritik dan saran dari pembaca sangat penulis nantikan.

Bandung, November 2009

Penulis


Contoh kata pengantar buku lengkap

KATA PENGANTAR

Maha Puji Allah SWT atas segala karunia-Nya sehingga buku ini bisa diselesaikan sesuai dengan target yang telah ditentukan. Selain itu tak lupa bacaan salawat patut diucapkan untuk Nabi Muhammad SAW sebagai manusia yang berpengaruh besar pada peradaban manusia hingga menjadi sekarang ini. Agama Islam beserta ajaran-ajarannya yang sejuk, damai, menjadi kabar gembira, dan sebagai pedoman hidup telah mengalami perkembangan yang pesat. Baik dari segi kuantitas dan kualitas secara umum hampir di seluruh dunia pada akhir-akhir ini. Semoga Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan kandungan nilai-nilai luhur agama Islam juga semakin mengalami perkembangan yang sangat pesat secara kuantitas dan kualitas di Perguruan Tinggi Umum (PTU). Semoga pula kemudian hari ditemukan banyak ilmuwan Muslim yang aktif dalam penciptaan dan pengembangan IPTEK serta diakui oleh dunia yang murni berasal dari Perguruan Tinggi di Indonesia. Aamiin

Negara Indonesia adalah negara yang berdasarkan Ketuhanan yang Maha Esa serta mayoritas penduduk di Indonesia adalah beragama Islam. Namun pendidikan agama (juga Pendidikan Agama Islam) di lembaga pendidikan umum termasuk pada Perguruan Tinggi Umum belum terdapat posisi yang diharapkan oleh sebagian kalangan. Hal ini terutama dalam sistem pembelajarannya, legitimasi dari lingkungan kampus, dan porsi jam mata kuliahnya. Walaupun tak dipungkiri adakala ditemui fasilitas dan berbagai kegiatan keagamaan Islam di kampus PTU. Misalnya tersedianya Masjid, laboratorium PAI, buku bernuansa agama Islam, ekstrakurikuler (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang bernuansa Islam, dan diadakan kegiatan keagamaan seperti pengajian. Ataupun bentuk kegiatan ilmiah dan formal yang bernuansa Islam, salah satu contohnya diadakan pembekalan keagamaan bagi mahasiswa baru saat dilaksanakan proses orientasi (OSPEK).

Buku ini hadir sebagai solusi dalam pembukaan tabir bagi kaum pesimisme atas berbagai kritikan, pandangan sinis, dan kecurigaan dari kalangan tertentu terhadap ketidak seriusan PTU dalam pelaksanaan pembelajaran PAI. Mengingat masih banyak ditemui nasib dosen PAI di PTU terutama yang pegawai suasta dari segi kesejahteraan, kompetensi, hak administrasi, dan hak lainnya jauh tertinggal dibandingkan dengan dosen mata kuliah lainnya. Kalaupun ada dosen PAI punya kesejahteraan (kelayakan hidup sebagai Dosen), hal itu semata diperoleh dari usaha yang dilakukan diluar bidang pendidikan.

Apabila buku ini dilihat sekilas terutama dari judulnya maka dimungkinkan dalam hati pembaca akan berkata “buku tentang ini sudah banyak beredar.” Meskipun banyak ditemukan buku yang bertema sama dengan buku ini namun diharapkan buku ini bisa memberikan referensi warna tambahan bagi dunia PAI terutama pada PTU. Salah satu kelebihan buku ini adalah ada beberapa hal yang sulit atau bahkan tidak ditemukan dalam buku lain. Salah satunya buku ini membahas dengan detail tentang “Pengertian Perguruan Tinggi Umum” dan mengkaji secara rinci tentang hubungan sebab akibat atau sesuatu yang menjadi pengaruh baik langsung maupun tidak langsung bagi sistem Pembelajaran PAI pada PTU. Oleh karena itu saran khusus dari penulis untuk pembaca adalah sebelum membaca secara urut dari bab ke bab terlebih dahulu bacalah buku ini dengan cermat, menyebar, dan temukan dulu poin-poin yang lebih dibutuhkan. Diharapkan pembaca tidak hanya mengandalkan daftar isi saja untuk mencari poin penting, namum juga dibaca serta ditelusuri kalimat atau paragraf yang sekiranya menyentuh dan berada pada poin yang dibutuhkan. Sebab dimungkinkan ada beberapa kalimat, paragraf, maupun poin secara umum yang dibutuhkan oleh pembaca berada di BAB lain. Saran lain jika pembaca masih punya pertanyaan dari pernyataan dalam buku yang dikira janggal dan tidak ditemukan jawabannya pada kalimat atau paragraf selanjutnya maka lebih baik pembaca untuk mengulangi membaca bab sebelumnya.

Pembahasan buku ini didasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis pada rentang waktu bulan Desember 2012 sampai bulan Juni 2013. Adapun judul dari penelitian tersebut adalah “Sistem Pembelajaran PAI pada Perguruan Tinggi Umum (Studi Kasus di Universitas Nusantara PGRI Kediri)” dengan tebal 276 halaman belum termasuk halaman lampiran. Di mana struktur buku ini berisi empat BAB, adapun masing-masing BAB memiliki sub pembahasan teperinci dari tema pada BAB yang tersusun secara sistematis didasarkan pada tema besar yang dibahas. Oleh karena itu, dalam membaca buku ini dengan benar dan untuk mendapatkan kesimpulan yang utuh maka disarankan untuk membacanya secara urut dari BAB I hingga BAB IV tanpa ada loncatan.

Pada BAB I buku ini berisi tentang pendahuluan, secara garis besar membahas latar belakang, alasan, dan pentingnya PAI harus ada pada PTU. Tujuan dari pembahasan bab ini adalah agar pembaca bisa menemukan gambaran ideal tentang pelaksanaan mata kuliah PAI di PTU, landasan pentingnya membahas pelaksanaan PAI pada PTU, dan latar belakang atau alasan teoritis dari sumber terpercaya maupun dari keadaan realitas di lapangan. Fungsi bab ini adalah menjadi dasar atau titik acuan bagi bab-bab selanjutnya, artinya pengembangan teori pada bab-bab selanjutnya didasarkan pada bab pertama ini.

BAB II berisi pembahasan tentang Sistem Pembelajaran PAI secara umum dan dibahas dengan detail beserta komponen-komponen yang mempengaruhinya. Secara garis besar pada bagian ini dikupas bagaimana ciri khusus sistem pembelajaran PAI secara umum termasuk faktor-faktor yang menjadi pengaruhnya. Serta perbedaan sistem pembelajaran PAI dengan sistem pembelajaran yang lainnya. Pembangunan teori “sistem pembelajaran PAI” dilakukan dengan cara runtut dari yang kecil-sederhana hingga yang besar-kompleks. Tujuan dibuatnya bab ini adalah supaya pembaca bisa memahami perbedaan antara “sistem pembelajaran PAI” dengan “pembelajaran PAI.”

BAB III adalah penggambaran tentang Pendidikan Agama Islam di PTU yang membahas secara detail tentang pengertian Perguruan Tinggi Umum. Serta perbedaan PTU dengan Perguruan Tinggi Agama (PTA) yang disertai contoh-contohnya dan perbedaan PAI di jenjang Pendidikan Dasar dan menengah dengan pembelajaran PAI pada PTU. Tujuan dibuatnya bab ini adalah diharapkan pembaca bisa memahami lebih mendalam bagaimana kedudukan, tantangan, dan hal-hal yang mempengaruhi sistem pembelajaran PAI di PTU baik langsung maupun tidak langsung.
Dan yang terakhir BAB IV berisi tentang Sistem Pembelajaran PAI pada PTU yang mendeskripsikan tentang empat komponen sistem pembelajaran PAI yaitu materi, tujuan, strategi, dan Evaluasi. Diharapkan pembaca bisa memahami implementasi secara teknis pembelajaran PAI di PTU yang disesuaikan dengan keadaan kampus, keadaan mahasiswa, dan keadaan masyarakat. Dengan kata lain bab ini mendeskripsikan bagaimana cara kesatuan dalam “sistem pembelajaran PAI” untuk melahirkan mahasiswa Islam yang produktif dalam penciptaan dan pengembangan IPTEK. Menjadi mahasiswa yang ramah pada realitas (kontekstual), hidup harmonis dalam perbedaan, punya keimanan yang kuat pada Allah SWT, berakhlak mulia, dan dalam pengambilan keputusan hidup lebih mengutamakan aspek afektifnya.

Oleh karena itu, agar hasil penelitian tersebut di atas tadi menjadi lebih bermanfaat maka perlu untuk ditulis ulang (dikonversikan) dalam bentuk buku. Dengan bentuk buku diharapkan bisa tersebar luas ke berbagai kalangan akademisi Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) maupun PTU melalui beberapa perpustakaannya. Penyebaran dalam bentuk buku akan lebih terpercaya dan mudah untuk dipertanggungjawabkan jika dibandingkan penyebaran referensi melalui internet. Apalagi sebuah buku yang diterbitkan oleh penenerbit berkompeten dan punya kredibilitas tinggi seperti Deepublish yang menerbitkan buku ini. Dengan demikian harapan diterbitkan buku ini adalah bisa menjadi referensi dan bahan pembanding bagi para dosen, mahasiswa, maupun para peneliti. Serta bagi siapapun yang suka membaca dan menyukai perkembangan ilmu pengetahuan yang sedang aktif dalam berbagai bentuk penulisan, pengerjaan Skripsi, pembuatan jurnal maupun artikel, dan kegiatan bermanfaat lainnya.

Dalam penyelesaian buku ini tidaklah semudah pembalikan telapak tangan. Mengingat buku ini adalah karya pertama dari penulis yang diterbitkan oleh penerbit yang memilik kelas dan diakui oleh banyak kalangan akademisi. Banyak ditemukan kendala dan kesulitan terutama yang bersifat teknis, misalnya penyusunan bahasa, format buku, dan keterbatasan pengalaman penulis dalam bidang penulisan buku. Selain itu dalam penyelesaiannya dibutuhkan kerja keras dan penuh kehatian-hatian karena ditargetkan bersih dari bentuk kejahatan ilmiah yaitu plagiarisme (mengutip tanpa disebutkan sumber hasil kutipannya). Namun semua kendala itu bisa menjadi mudah karena dibantu oleh tim dari penerbit Deepublish yang profesional sehingga semua kendala tersebut bisa diselesaikan dengan baik.

Sebagai penutup, apabila ada kesalahan itu hanya karena berasal dari penulis sendiri dan apabila ada kebenaran dan nilai manfaat dalam buku ini adalah semata-mata karena bantuan berbagai pihak serta tentunya atas sifat kasih-Nya Allah SWT. Pada akhirnya penulis ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada editor, petugas desain cover, petugas layout, dan kepada mas Rachmat Kozara beserta tim penerbit Deepublish lainnya yang telah bekerja keras dan berperan banyak untuk diterbitkannya buku ini secara layak. Sebuah keberuntungan bagi penulis telah mendapat bantuan orang-orang hebat seperti mereka sehingga buku ini bisa terwujud dan memadai untuk dibaca. Semoga Allah SWT membalas amal baik mereka dengan limpahan kesehatan, kesejahteraan, kebahagiaan, dan kematian yang khusnul khotimah. Aamiin.

Surabaya, 03 Februari 2013

A. Rifqi Amin


Contoh kata pengantar buku novel

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Berkat limpahan karunia-Nya, kami dapat menyelesaikan penulisan buku Antologi Cerpen Remaja. Dalam penyusunan Antologi Cerpen Remaja penulis telah berusaha semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan penulis. Namun sebagai manusia biasa, penulis tidak luput dari kesalahan dan kekhilafan baik dari segi tekhnik penulisan maupun tata bahasa.

Kami menyadari tanpa arahan dari guru pembimbing serta masukan – masukan dari berbagai pihak tidak mungkin kami bisa menyelesaikan tugas Antologi Cerpen Remaja ini. Antologi Cerpen Remaja ini dibuat sedemikian rupa semata-mata untuk membangkitkan kembali minat baca siswa/i dan sebagai motivasi dalam berkarya khususnya karya tulis. Untuk itu penulis hanya bisa menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, sehingga kami bisa menyelesaikan antologi cerpen remaja ini.

Demikian semoga karya tulis ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan para pembaca pada umumnya.

Ampah, 12 November 2011

Penyusun


Contoh kata pengantar buku biografi

KATA PENGANTAR

Penyusunan Makalah Biografi ini ditujukan sebagai salah satu syarat untuk memenuhi tugas bagi mahasiswa/mahasiswi Fakultas Psikologi, Universitas Gunadarma.

Puji serta syukur kami panjatkan Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan Karunia dan Rahmat-Nya, sehingga kami mampu menyelesaikan makalah ini dengan tepat pada waktunya. Makalah ini berhasil tersusun berkat kerjasama dalam kelompok yang sangat baik, dan berkat bantuan dari pihak-pihak lain yang senantiasa membantu kami. Makalah ini kami buat untuk memberikan wawasan tambahan kepada para pembaca tentang Psikologi Kepribadian serta teori-teori yang ada dalam ilmu Psikologi Kepribadian.

Tak lupa juga kami ucapkan terima kasih kepada dosen bidang studi yang telah memberikan arahan kepada kami sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan baik. Kami ucapkan pula terima kasih sebanyak-banyaknya kepada teman-teman yang sudah ikut berpartisipasi meluangkan waktunya untuk sekedar membantu kami. Dan ucapan terima kasih kami untuk semua yang tak bisa kami sebutkan satu per satu.

Penyusun menyadari bahwa masih terdapat kekurangan maupun mungkin kesalahan dalam penyusunan makalah ini sehingga penyusun mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk perbaikan di masa yang akan datang dari seluruh pembaca.

Akhir kata, penyusun berharap dengan adanya makalah ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan para mahasiswa/mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma umumnya. Penyusun mengucapkan terima kasih dan mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penyusunan laporan ini.

Depok, November 2011

Penyusun,


Contoh kata pengantar buku panduan

KATA PENGANTAR

Penulisan buku panduan penulisan seminar ini dimaksudkan untuk memberikan arahan bagi mahasiswa dan juga para pembimbing dalam membuat proposal dan laporan tugas dengan benar dan seragam. Buku ini juga diharapkan dapat memberikan petunjuk secara umum, sehingga pola pikir dalam melaksanakan rangkaian kegiatan penulisan skripsi dapat lebih terarah sehingga dapat diselesaikan tepat waktu sesuai dengan jadwal akademik yang telah ditetapkan.

Buku panduan skripsi ini secara berkala akan direvisi sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan kondisi perkembangan. Penyusunan buku panduan ini membutuhkan waktu dan pemikiran yang mendalam, oleh karena itu kritik dan saran dari berbagai pihak akan sangat bermanfaat guna penyempurnaan dimasa mendatang.

Apresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada berbagai pihak yang telah turut berpartisipasi dalam penyusunan dan penyempurnaan buku ini.

Semoga buku ini dapat memberikan manfaat.

Medan, Agustus 2016

Tim Penyusun


Contoh kata pengantar diktat

KATA PENGANTAR

Cikal bakal diktat ini dipakai di lingkungan Jurusan Teknik Informatika ITB sebagai penunjang Kuliah Pemrograman Non Prosedural (pada kurikulum 1993), dan kemudian menjadi kuliah Dasar Pemrograman (IF221 pada kurikulum 1998 dan 2003). Diktat Februari 2008 ini diterbitkan untuk menunjang kuliah Dasar Pemrograman bagi mahasiswa Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB.

Mahasiswa informatika harus mendapatkan pengetahuan teoritis dan praktek pemrograman dalam beberapa paradigma agar sudut pandang mahasiswa tidak sempit. Pemrograman fungsional merupakan salah satu paradigma yang wajib diberikan. Karena ada kaitannya dengan pengajaran pemrograman pada paradigma lain, diktat ini merupakan salah satu dari seri diktat pemrograman yang menunjang perkuliahan pemrograman program studi Informatika. Beberapa bagian yang dipandang terlalu sulit untuk dibahas karena kurangnya waktu, dapat dibahas pada pelajaran pemrograman dengan paradigma yang berikutnya diajarkan.

Pemrograman Fungsional merupakan paradigma pemrograman yang dipandang cocok untuk diberikan sebagai paradigma pertama, karena mahasiswa belajar abstraksi data dan proses komputasi tanpa perlu memusingkan implementasi fisik memori dan mekanisme eksekusi. Mahasiswa belajar memrogram melalui definisi dan spesifikasi, yang dapat diproses oleh interpreter sederhana. Di Program Studi Teknik Informatika, konsep abstraksi data yang diajarkan pada pemrograman fungsional ini akan diimplementasi lebih lanjut pada pemrograman prosedural maupun berorientasi objek.

Seperti pada paradigma lainnya, pengajaran pemrograman yang disampaikan lewat diktat ini adalah pengajaran konsep yang langsung dilengkapi dengan contoh tipikal berupa contoh program kecil yang utuh yang akan menjadi “pola program” dalam kehidupan nyata sebagai “programmer”. Contoh program tersebut mengandung penjelasanpenjelasan yang dituliskan dalam potongan programnya, dan dituliskan dalam notasi fungsional. Program kecil yang ada dan dimuat dalam versi ini merupakan contoh-contoh yang berhasil dikumpulkan, diseleksi, dikompilasi sejak tahun 1993 dari literatur.

Diktat ini dirancang bukan merupakan text book, melainkan sebagai buku kerja mahasiswa, yang digunakan untuk membantu mahasiswa dalam memahami dan berlatih merancang, mengkonstruksi, menulis dan membaca program dalam notasi fungsional. Beberapa contoh akan dibahas secara rinci di kelas, sisanya dipakai sebagai acuan dan bahan latihan membaca dan memahami program. Karena dirancang sebagai buku kerja mahasiswa, mungkin diktat ini sulit untuk dipakai sebagai pegangan bagi pengajar. Rencananya, diktat ini akan dilengkapi dengan buku pedagogi yang ditujukan khusus sebagai pedoman bagi pengajar.

Notasi yang dipakai adalah notasi fungsional. Karena notasi fungsional tidak mempunyai eksekutor, mahasiswa harus mempunyai alat eksekusi dalam bahasa riil dan disadari bahwa akan sulit mendapatkan teks yang bebas kesalahan.

Untuk latihan eksekusi, diktat ini dilengkapi dengan diktat lain yang berisi pedoman penerjemahan ke salah satu bahasa fungsional yang dipilih. Teks program pada diktat ini masih mungkin mengandung kesalahan, walaupun sudah diperbaiki sejak versi pertama tahun 1992, masih ada kesalahan karena ditambahkan program-program baru. Penulis mengharap agar kesalahan dapat disampaikan agar dapat diperbaiki pada versi berikutnya.


Demikianlah beberapa contoh kata pengantar buku. Semoga bermanfaat.

Keyword: contoh kata pengantar buku, contoh kata pengantar buku novel, contoh kata pengantar buku panduan, kata pengantar buku ajar, kata pengantar buku disebut, contoh kata pengantar novel cinta, kata pengantar diktat
kata pengantar buku cerita anak, contoh kata pengantar buku biografi

Review Pengunjung
  • Star
5

Summary

Penilaian tentang Contoh Kata Pengantar Buku | Novel, Biografi, Diktat, Panduan, Cerita yang di publish oleh www.makalah.id. Terima kasih sudah memberikan review yang baik.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.