Contoh Kata Pengantar Buku Cerita dan Komponen Penting yang Harus Ada

Makalah.id – Contoh kata pengantar buku cerita memang penting dan perlu sebagai inspirasi para penggiat buku. Patut diapresiasi anda semua yang menggeluti di dunia seni khususnya dalam hal penyusunan buku. Untuk menunjang kreatifitas anda dalam berkarya, maka penulis mempunyai keinginan untuk sharing ilmu yang penulis punya khususnya memberikan tips membuat Contoh Kata Pengantar buku cerita yang baik.

contoh kata pengantar buku cerita

contoh kata pengantar buku cerita

Contoh kata pengantar buku cerita terdapat perbedaan mendasar dengan kata pengantar karya lainnya seperti halnya contoh makalah, Contoh Proposal Penelitian Skripsi atau pun contoh karya ilmiah lainnya. Karena memang kata pengantar sendiri disesuaikan dengan jenis karya tulis pada umumnya. Jadi anda wajib memperhatikannya baik Рbaik agar tidak membuat kesalahan. Nah agar anda bisa lebih memahaminya, maka anda bisa menyimak komponen apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat kata pengantar buku cerita.

Poin Awal Pada Kata Pengantar Buku Cerita Adalah Ucapan Syukur

Dalam sebuah karya tulis terutama karya tulis buku cerita, kata pengantar sangatlah penting untuk mendeskripsikan sebuah buku cerita tersebut. Untuk mengawali kata pengantar sebaiknya diawali dengan poin ucapan syukur yang menandakan bahwa anda selalu bersyukur karena diberikan kelancaran dalam menyusun buku cerita tersebut sampai selesai dikerjakan. Ucapan syukur tersebut juga akan menambah daya tarik tersendiri untuk buku cerita yang sudah susah payah anda susun tersebut.

ucapan syukur

ucapan syukur

Ucapan syukur sendiri bisa disesuaikan dengan kepercayaan masing – masing pencipta buku cerita itu sendiri. Jadi sebagai umat manusia sudah sewajarnya selalu mengucap syukur dengan keberhasilan yang telah dicapai. Karena semua itu juga ada campur tangan Allah.

Latar Belakang Pembuatan Buku Cerita

Setelah anda membahas mengenai ucapan syukur kepada Allah SWT, selanjutnya anda bisa mengulas singkat mengenai latar belakang mengapa anda membuat buku cerita tersebut. Hal ini penting diulas untuk memberikan gambaran kepada pembaca sampai bisa terciptanya buku cerita sampai selesai.

Latar belakang sendiri mempunyai fungsi dan tujuan yang cukup penting dalam mewakili apa maksud dari penulis sebenarnya. Terkadang tanpa adanya penjelasan maksud dan tujuan dari penulis, bisa saja pembaca mempunyai pandangan atau pun imajinasi yang berbeda tentang buku cerita yang mereka baca. Untuk itu kedudukan latar belakang sendiri tidak boleh diabaikan.

Deskripsi Singkat Mengenai Buku Cerita yang Anda Buat

Jangan lupa, pembaca biasanya mencari informasi mengenai isi cerita secara garis besar melalui kata pengantar yang dicantumkan dalam buku cerita. Tanpa adanya deskripsi singkat mengenai isi cerita secara garis besar, bukan hal yang tidak mungkin pembaca menjadi malas untuk membeli buku cerita yang anda edarkan.

deskripsi singkat mengenai buku cerita

deskripsi singkat mengenai buku cerita

Selain itu keberadaan deskripsi singkat juga bisa digunakan untuk mewakili jati diri dan inti sari dari buku cerita secara keseluruhan. Jadi anda diwajibkan untuk membuat deskripsi singkat, namun sudah bisa menjelaskan secara gamblang tentang isi buku cerita secara menyeluruh. Inilah tugas yang tidak mudah, anda sebagai penulis dituntut untuk mendalami sekaligus memahami isi cerita yang anda buat tersebut. Meskipun sebagian orang menganggapnya gampang, karena seorang penulis yang menuangkan cerita sudah dianggap benar – benar memahami.

Pembahasan Pada Kata Pengantar Harus Sesuai dengan Garis Besar Pembahasan Isi Buku Cerita

Perlu digaris bawahi pada poin ini, dalam membuat latar belakang atau pun deskripsi singkat, anda harus memperhatikan kesesuaian antara isi buku cerita yang anda buat dengan penjelasan yang anda tuangkan pada kata pengantar. Hal ini bertujuan agar tidak membuat kecewa pembaca, yang semula tertarik dengan penjelasan di kata pengantar karena pembahasannya menarik, ternyata setelah dibuktikan dengan membaca isi buku cerita, ternyata tidak sama.

Inilah poin yang wajib anda perhatikan dan menjadi tanggung jawab besar bagi anda sebagai seorang penulis. Kualitas dan brand name anda dipertaruhkan dalam hal ini, jika anda serius dalam membangung branding sebagai seorang penulis, semua komponen penting termasuk kata pengantar tidak boleh disepelekan.

Sambung Dengan Kalimat Penutup yang Mengalir dan Tidak Berlebihan

Nah sekarang tiba saatnya pada bagian penutup kata pengantar. Buatlah penutup yang tidak pasaran dan menarik untuk dibaca. Usahakan kalimat penutup tidak terlalu panjang, singkat, padat, jelas, mengalir dan nyambung dengan pembahasan. Masukkan inti pembahasan pada bagian penutup. Misalnya seperti ini :

Dengan membaca cerita kali mengenai “…”, maka anda bisa mengambil nilai positif di dalamnya.

Nah kalimat seperti ini sangat membantu dalam meningkatkan kualitas kata pengantar atau pun buku cerita secara keseluruhan. Jadi rasa semangat bisa anda hadirkan kepada pembaca agar bisa membaca lebih dalam tentang apa yang diceritakan pada buku cerita yang anda buat.

Bisa diambil kesimpulan bahwasannya untuk membuat buku cerita tidaklah mudah. Namun jika anda bersungguh – sungguh dan mempunyai niat kuat, tidak ada hal yang tidak mungkin. Contohnya saja saat membuat kata pengantar untuk buku cerita. Jadi anda wajib memperhatikan poin – poin yang dibutuhkan dalam membuat kata pengantar buku cerita. Jika anda memperhatikannya dengan baik, maka kualitasnya pun akan mumpuni dan sesuai dengan isi buku cerita yang anda buat.

Nah itulah informasi yang bisa penulis berikan kepada anda semua mengenai contoh kata pengantar buku cerita. Banyak sedikitnya manfaat yang bisa didapatkan tergantung bagaimana anda memanfaatkannya. Penulis hanya bisa mengusahakan yang terbaik untuk memberikan informasi berkualitas untuk anda semua. Terima kasih sudah menyimak dan membaca artikel kali ini ya. Sampai jumpa dan salam hangat dari penulis.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.