Contoh Karya Tulis Ilmiah Tetang Kebidanan Terbaru

Berikut ini adalah salah satu Contoh Karya Tulis Ilmiah Terbaru tentang Gambaran Pengetahuan Bidan Tentang Kode Etik Profesi Kebidanan Di Kota Bengkulu yang dapat kamu download secara gratis. Ada preview nya sebelum kamu download.

Download Contoh Karya Tulis Ilmiah Tetang Kebidanan

contoh karya tulis ilmiah kebidanan

contoh karya tulis ilmiah kebidanan

Latar Belakang

Bidan merupakan jabatan profesional. Sebagai anggota profesi, bidan mempunyai ciri khas yang khusus. Bidan memiliki ciri tugas yang unik yaitu selalu mengedepankan fungsi ibu sebagai pendidik bagi anak-anaknya serta memiliki kode etik serangkaian pengetahuan ilmiah yang didapat melalui proses dan jenjang pendidikan tertentu. Setiap jabatan profesi memiliki kode etik tersendiri (Purwoastuti, 2014). Kode etik profesi adalah norma-norma yang harus diindahkan oleh setiap anggota profesi yang bersangkutan dalam melaksanakan tugas ptofesinya dan dalam hidup di masyarakat. Organisasi Bidan telah mengembangkan kode etik profesi sebagai pedoman. Salah satu contohnya adalah kode etik bidan internasional (The International Confederation of Midwives Code of Ethics) (Purwoastuti, 2014).

Pelanggaran kode etik di Indonesia masih sering terjadi. Kasus pelanggaran Bidan di Kediri yang memberikan suntikan perangsang untuk aborsi menyebabkan kliennya yang masih remaja meninggal dunia. Pelanggaran juga terjadi di Jember dimana klien mengalami luka robek pada organ wanitanya. Peristiwa ini diakibatkan bidan salah atau lalai dalam mengambil tindakan untuk menggunting dinding organ pada saat persalinan (Reza, 2012).

Dalam praktik kebidanan seringkali bidan dihadapkan pada beberapa permasalahan yang dilematis, artinya pengambilan keputusan yang sulit yang berkaitan dengan etik. Dilema muncul karena terbentur konflik moral, pertentangan batin atau pertentangan antara nilai-nilai yang diyakini bidan dengan kenyataan yang ada (Marimbi, 2009).

Rumusan Masalah

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Gambaran Pengetahuan Bidan Tentang Kode Etik Profesi Kebidanan di Kota Bengkulu Tahun 2015.

Tujuan Penelitian

Diketahuinya Gambaran Pengetahuan Bidan Tentang Kode Etik Profesi

Kebidanan di Kota Bengkulu Tahun 2015.

Manfaat Penelitian

a. Bagi tempat penelitian

Memberikan kontribusi informasi mengenai kode etik profesi bidan kepada bidan dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai profesional.
b. Bagi instansi pendidikan

Memberikan sumbangan bagi perkembangan pendidikan juga sebagai bahan kajian penelitian selanjutnya yang berhubungan dengan penelitian ini.

c. Bagi peneliti

Memperdalam pengetahuan penulis tentang kode etik profesi kebidanan dalam pemberian pelayanan kesehatan.

Ruang Lingkup Penelitian

Ruang lingkup dalam penelitian dengan judul gambaran pengetahuan bidan tentang kode etik profesi kebidanan Di Kota Bengkulu Tahun 2015 dibatasi pada wilayah kerja Puskesmas Jembatan Kecil, Anggut Atas dan Sawah Lebar. Selanjutnya penentuan populasi dan sampel hanya diambil pada tiga puskesmas tersebut.

Contoh Karya Tulis Ilmiah Tetang Kebidanan Terbaru

PREVIEW

Contoh Karya Tulis Ilmiah Tetang Kebidanan Terbaru

Download – Contoh Karya Tulis Ilmiah Tetang Kebidanan Terbaru

[Format File .doc/ .docx Microsoft Word]

Itulah Download Contoh Karya Tulis Ilmiah Tetang Kebidanan Terbaru dalam file doc/ docx. Anda bisa download melalui link di atas. Mudah-mudahan artikel kali ini dapat menjawab pencarian Anda guna untuk tambahan referensi kamu. Baca juga contoh karya tulis ilmiah lainnya yaitu:

Review Pengunjung
  • Star
5

Summary

Penilaian tentang Contoh Karya Tulis Ilmiah Tetang Kebidanan Terbaru yang di publish oleh www.makalah.id. Terima kasih sudah memberikan review yang baik.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.