Contoh Karya Tulis Ilmiah Kesehatan dan Farmasi Terbaru

Berikut ini adalah salah satu Contoh Karya Tulis Ilmiah Kesehatan dan Farmasi Terbaru tentang Teh daun kemangi menyembuhkan flu di musim pancaroba yang dapat kamu download secara gratis. Ada preview nya sebelum kamu download.

Download Contoh karya tulis ilmiah kesehatan dan farmasi

contoh karya tulis ilmiah kesehatan dan farmasi

contoh karya tulis ilmiah kesehatan dan farmasi

LATAR BELAKANG MASALAH

Musim pancaroba, musim yang terjadi pada saat peralihan musim kemarau ke musim penghujan atau sebaliknya ditandai dengan berubah-ubahnya cuaca. Cuaca yang berubah-ubah inilah yang  memacu perkembangbiakan bakteri dan virus menjadi lebih cepat, sehingga tubuh kita rentan terserang berbagai macam penyakit. Hal ini disebabkan pada saat memasuki musim penghujan, daya tahan tubuh cenderung menurun. Penyakit yang sering menyerang pada musim pancaroba adalah flu atau influenza. Mulai dari flu ringan hingga flu berat dapat menyerang mulai dari usia anak hingga usia dewasa.

Gejala khas flu biasa ditandai oleh demam, hidung berair, batuk, badan terasa lemas, persendian ngilu, dan sakit kepala. Penyakit yang disebabkan virus ini, sangat cepat menular melalui udara yang tercemar oleh bersin dan batuk dari penderita flu, apalagi jika kondisi daya tahan tubuh melemah. Pada saat penyakit flu menyerang dewasa ini sebagian masyarakat mengkonsumsi obat-obat yang dijual di toko-toko dan sebagian masyarakat yang lain memeriksakan ke dokter lalu menebus obat di apotek.

Sering kali masyarakat mengkonsumsi obat yang mereka dapatkan tidak sesuai dengan aturan pakai. Misalnya untuk obat antibiotik yang seharusnya diminum sampai habis, masyarakat tidak menaatinya. Padahal akibat yang akan ditimbulkan dari hal tersebut sangat berbahaya. Ini dikarenakan faktor masih rendahnya tingkat pendidikan dan ekonomi masyarakat di Indonesia.Faktor masih rendahnya pendidikan dan ekonomi masyarakat seperti tersebut di atas juga menyebabkan banyak masyarakat yang mencari obat tradisonal dengan harga terjangkau dan mudah didapatkan di sekitar mereka.

Selain dianggap memiliki harga yang terjangkau dan mudah didapatkan, obat tradisional juga dianggap aman untuk tubuh karena efek samping yang ditimbulkan tidak terlalu berbahaya seperti pada obat yang diolah secara kimiawi.Dari hal tersebut di atas, tanaman kemangi yang banyak digunakan untuk lalap adalah salah satu tanaman yang memenuhi kriteria obat tradisional yang dicari masyarakat karena tanaman kemangi mudah didapatkan disekitar kita dan memiliki harga yang terjangkau selain kedua hal tersebut, cara pengolahan tanaman kemangi untuk dijadikan obat flu sangat mudah dilakukan oleh masyarakat secara mandiri.

Pemanfaatan tanaman kemangi sebagai obat flu memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi karena tanaman kemangi banyak tumbuh di sekitar kita dan apabila harus membeli pun harganya sangat terjangkau dan sangat mudah didapatkan. Selain memiliki nilai ekonomis yang tinggi, tanaman kemangi juga memiliki nilai kegunaan yang tinggi karena tanaman kemangi dapat menyembuhkan berbagai macam masalah kesehatan yang salah satu diantaranya adalah untuk mengobati flu.

RUMUSAN MASALAH

  1. Apa penyebab penyakit flu?
  2. Bagian manakah dari tanaman kemangi yang paling cocok digunakan untuk mengobati penyakit flu?
  3. Zat apa saja yang terkandung dalam tanaman kemangi?
  4. Bagaimana cara membuat obat flu dari tanaman kemangi?

TUJUAN PENELITIAN

  1. Mengetahui penyebab penyakit flu.
  2. Mengetahui bagian dari tanaman kemangi yang dapat digunakan untuk penyakit flu.
  3. Mengetahui zat apa saja yang terkandung dalam tanaman kemangi.
  4. Mengetahui cara pembuatan obat flu dari tanaman kemangi.

MANFAAT PENELITIAN

Diharapkan karya tulis ini bermanfaat :

  1. Bagi dunia kefarmasianMenambah jenis dan jumlah tanaman obat yang dpat digunakan untuk mengobati penyakit flu serta memberikan sumber bagi sekolah untuk kegiatan pembelajaran yang dapat memperluas wawasan murid.
  2. Bagi masyarakatMemperluas wawasan dan menambah pengetahuan tentang tanaman obat dan obat tradisional yang mampu meyembuhkan flu dengan harga yang terjangkau, aman, mudah didapat, serta pengolahannya dapat dilakukan sendiri.
  3. Bagi Ilmu PengetahuanSebagai dasar untuk melakukan penelitian dalam rangka pengembangan tanaman obat yang berkhasiat menyembuhkan flu.

Contoh Karya Tulis Ilmiah Kesehatan dan Farmasi Terbaru

PREVIEW

Contoh Karya Tulis Ilmiah Kesehatan dan Farmasi Terbaru

Download – Contoh Karya Tulis Ilmiah Kesehatan dan Farmasi Terbaru

[Format File .doc/ .docx Microsoft Word]

Itulah Download Contoh Karya Tulis Ilmiah Kesehatan dan Farmasi Terbaru dalam file doc/ docx. Anda bisa download melalui link di atas. Mudah-mudahan artikel kali ini dapat menjawab pencarian Anda guna untuk tambahan referensi kamu. Baca juga contoh karya tulis ilmiah lainnya yaitu:

Leave a Reply