Contoh Karya Tulis Ilmiah Farmasi D3 : Formulasi Krim Ekstrak Etanol Rimpang Jeringau dan Uji Kestabilitas Fisiknya

Makalah.id – Contoh karya tulis ilmiah farmasi D3 memang untuk mencari referensi dan contohnya tidak sebanyak bidang  bidang ilmu lainnya. Melihat kondisi tersebut, terkadang banyak mahasiswa yang merasa kesulitan saat akan menyelesaikan tuganya. Karya tulis ilmiah farmasi sendiri tentu isinya harus sesuai dengan bidang yang digeluti yakni permasalahan dan fakta yang terjadi di dunia kesehatan khususnya masalah obat. Contoh Makalah Farmasi Analisis Mikrobiologi juga merupakan salah satu contoh lainnya penelitian di bidang farmasi.

contoh karya tulis ilmiah farmasi d3

contoh karya tulis ilmiah farmasi d3

Contoh karya tulis ilmiah farmasi D3 akan coba penulis bahas pada kesempatan kali ini agar anda bisa mempunyai tambahan referensi nantinya. Dengan mempunyai banyak referensi, maka karya tulis ilmiah farmasi yang anda buat akan menjadi semakin lengkap nantinya. Untuk itu anda bisa menyimak penjelasan Makalah Karya Tulis Ilmiah lengkapnya di bawah ini.

Latar Belakang Masalah

Staphylococcus aureus merupakan bakteri gram positif yang menimbulkan radang pada jerawatKomponen yang digunakan dalam mengobati jerawat yang meradang adalah antibiotik. Selain itu, jerawat yang telah meradang juga dapat diatasi dengan menggunakan tanaman tradisional jeringau (Acorus calamus L) karena aktivitas anti mikroba dari α dan β asaron serta flavonid dan saponin yang terkandung dalam rimpang jeringau (Acorus calamus L). Penelitian Anisah dkk (2014) bahwa ekstrak etanol rimpang jeringau sudah mampu menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus pada konsentrasi 25%dengan zona hambat 2.36cm

Metode Penelitian

Penelitian dilakukan pada bulan April-Juni. Jenis penelitianyang digunakan adalah penelitian eksperimen yang akan dilakukan dilaboratorium farmasetika, farmakognosi, dan fisika farmasi Poltekkes Kemenkes Palembang dengan membuat tiga jenis formula krim yang mengandung ekstraketanol rimpang jeringau (Acorus calamus L).

Hasil Penelitian

Ekstrak etanol rimpang jeringau (Acorus calamus L) menghasilkan rendemen sebesar 15,46% dengan ekstrak kental sebanyak 108,27 gram. Ditinjaudari uji kestabilan fisik yang meliputi viskositas, pH, homogenitas, pemisahan fase, bau, warna, dan iritasi, Formula II dan Formula III memiliki kestabilan fisikkrim yang baik. Sedangkan Formula I memiliki viskositas di luar rentang danterjadi pemisahan fase pada hari ke-28 jam kedua.

Kesimpulan

Dari pengujian kestabilan fisik yang dilakukan terhadap krim yang mengandung ekstrak etanol rimpang jeringau
(Acorus calamus L) selama 28 hari maka dapat disimpulkan bahwa ekstrak etanol rimpang jeringau (Acorus calamus L) dapat dijadikan sediaan krim yang stabil pada Formula II dan Formula III, sedangkan terjadi kenaikan diluar rentang dan pemisahan fase pada Formula I.

Komponen – Komponen Penting yang Wajib Diperhatikan

Dalam membuat makalah, memang 4 poin di atas perlu anda perhatikan agar pembaca mengerti maksud dan tujuan anda melakukan penelitian tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa simak penjelasan di bawah ini mengenai poin – poin tersebut.

Pentingnya Latar Belakang Pada Makalah Farmasi D3

pentingnya latar belakang masalah

pentingnya latar belakang masalah

Latar belakang masalah dalam sebuah penelitian bisa diibaratkan sebagai jantung. Mengapa demikian? anda tahu sendiri bukan organ penting di dalam tubuh bernama jantung. Keberadaannya sangat penting dalam menunjang kehidupan manusia. Seperti halnya latar belakang masalah, keberadaannya pun memang sangat penting sehingga karya tulis ilmiah bisa dilanjutkan proses penelitiannya.

Tanpa latar belakang masalah, lantas apa gunanya sebuah penelitian. Penelitian sendiri dilakukan karena adanya latar belakang masalah yang nantinya akan diteliti lebih lanjut guna mendapatkan solusi sehingga bisa ditemukan fakta – fakta selama proses penelitian berlangsung. Intinya dari latar belakang masalahlah, penelitian bisa dimulai.

Pentingnya Metode Penelitian Pada Makalah Farmasi D3

pentingnya metode penelitian

pentingnya metode penelitian

Selanjutnya setelah latar belakang masalah sudah ditentukan dan dijelaskan bagaimana detailnya, sekarang saatnya anda melanjutkannya dengan menentukan metode penelitian seperti apa yang akan digunakan. Banyak jenis metode penelitian yang sering digunakan pada sebuah penelitian. Dan metode penelitian tersebut ditentukan dengan mempertimbangkan masalah – masalah yang akan diteliti.

Dengan metode penelitian yang tepat pada setiap permasalahan yang ada, maka akan sangat menentukan seberapa besar kadar keberhasilan pada penelitian itu sendiri. Jadi anda harus yakin dan benar – benar sudah dipertimbangkan dalam hal menentukan penggunaan metode penelitian.

Pentingnya Hasil Penelitian Pada Makalah Farmasi D3

Setelah proses penelitian berlangsung dengan menggunakan metode penelitian yang tepat, tentunya anda harus membuat laporan hasil penelitian tersebut berdasarkan fakta – fakta yang ada dan tidak boleh mengada – ada atau pun mengarang bebas. Karena informasi yang akurat sangat penting dan harus bisa dipertanggungjawabkan.

Jika hasil penelitian tidak akurat dan menjerumuskan banyak orang yang mempelajarinya, tentu saja akan bisa berdampak buruk. Untuk itu perlunya pertanggungjawaban atas laporan hasil penelitian itu penting. Jadi saat anda melakukan sebuah penelitian khususnya di bidang farmasi, maka buatlah hasil laporan sesuai dengan fakta dan bisa dipertanggungjawabkan ya.

Pentingnya Kesimpulan Pada Makalah Farmasi D3

Poin terakhir adalah kesimpulan. Setelah anda menyusun hasil penelitian di bidang farmasi, buatlah kesimpulan untuk lebih menekankan mengenai hasil penelitian anda tersebut. Selain itu kesimpulan dalam penelitian juga akan membuat pembaca menjadi lebih tahu manfaat, keuntungan, kerugian dan fakta apa saja yang didapat dari penelitian tersebut.

Demikian yang bisa penulis sampaikan pada pembahasan kali ini mengenai contoh karya tulis ilmiah farmasi D3. Penulis berpesan kepada anda untuk memperhatikan penjelasan penulis di atas ya. Harapan besar dari penulis semoga anda bisa mendapatkan pemahaman, ide dan referensi – referensi baru guna menunjang proses penyusunan makalah yang sedang anda buat tersebut. Semoga membawa banyak manfaat ya dan terima kasih sudah menyempatkan waktunya untuk membaca tulisan kali ini. Salam hangat dari penulis.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.