Contoh Karya Tulis Ilmiah Agama – Pandangan Islam Terhadap Bayi Tabung

Berikut ini adalah salah satu Contoh Karya Tulis Ilmiah Agama tentang Pandangan Islam Terhadap Bayi Tabung yang dapat kamu download secara gratis. Ada preview nya sebelum kamu download.

Download Contoh Karya Tulis Ilmiah Agama

contoh karya tulis ilmiah agama

contoh karya tulis ilmiah agama

Latar Belakang

Segala yang telah diciptakan oleh sang pencipta (Allah) memiliki pasangannya masing-masing, begitupun juga dengan manusia. Manusia telah ditakdirkan untuk hidup saling berpasang-pasangan antara laki-laki dan perempuan yang disatukan dalam satu ikatan yang disebut dengan pernikahan. Dalam hubungan pernikahan keinginan terbesar oleh sepasang suami-istri adalah mempunyai keturunan (anak). Sebagai mana diketahui bahwa anak bagi orang tua merupakan harta yang sangat berharga. Karena anak dapat diibaratkan sebagai penenang, penyemangat, pelengkap hidup dan dapat mengantikan orang tuanya sebagai pencari nafka bagi keluarganya ketika dewasa kelak. Oleh karena itu bagi pasangan yang belum dikaruniahi anak akan berupaya untuk dapat mempunyai keturunan (anak).

Pasangan suami-istri yang sudah bertahun-tahun menikah tetapi belum dapat dikaruniai anak. Mereka pun gelisah. Usia sudah semakin tua, tetapi belum mempunyai anak. Ajaran syariat Islam mengajarkan kita untuk tidak boleh berputus asa dan menganjurkan untuk senantiasa berikhtiar (usaha) serta bertawakkal dalam menggapai karunia Allah SWT. Allah telah menjanjikan setiap kesulitan ada solusi. Termasuk kesulitan dalam mempunyai keturunan (anak).

Pada dasarnya pembuahan yang alami terjadi dalam rahim melalui cara yang alami pula (hubungan seksual), sesuai dengan fitrah yang telah ditetapkan Allah untuk manusia. Akan tetapi pembuahan alami ini terkadang sulit terwujud, misalnya karena rusaknya atau tertutupnya saluran indung telur (tuba Fallopii) yang membawa sel telur ke rahim, serta tidak dapat diatasi dengan cara membukanya atau mengobatinya. Atau karena sel sperma suami lemah atau tidak mampu menjangkau rahim isteri untuk bertemu dengan sel telur, serta tidak dapat diatasi dengan cara memperkuat sel sperma tersebut, atau mengupayakan sampainya sel sperma ke rahim isteri agar bertemu dengan sel telur di sana.

Semua ini akan meniadakan kelahiran dan menghambat suami isteri untuk mempunyai anak. Padahal Islam telah menganjurkan dan mendorong hal tersebut dan kaum muslimin pun telah disunnahkan melakukannya. Namun dengan teknologi Sekarang ini sudah muncul berbagai kecanggihan yang dapat di gunakan untuk mengatasi kendala-kendala kehidupan terkhusus pada kesulitan mempunyai anak dengan berbagai faktor penyebab, baik penyebab yang telah dipaparkan sebelumnya ataupun yang dipengaru oleh faktor usia ataupun faktor-faktor penyebab lainnya. Dengan kemajuan teknologi yang telah diciptakan oleh manusia itu sendiri pada bidang kedokteran dan ilmu biologi moderen yang telah berhasil menciptakan teknologi yang disebut bayi tabung/inseminasi buatan. Dengan cara inseminasi butan inilah pasangan yang telah menikah bertahun-tahun dapat menggunakan inseminasi sebagai solusi untuk mendapatkan keturunan (anak). Pada dasarnya orang-orang memuji pada bidang teknologi tersebut. Namum mereka belum tahu pasti apakah produk-produk teknologi yang dipergunakan tersebut dapat dibenarkan menurut pandangan islam. Oleh karena hal tersebut diatas, untuk mengetahui lebih banyak mengenai bayi tabung/inseminasi menurut pandangan islam. Maka akan disajikan pembahasan bayi tabung tersebut dalam bentuk karya tulis ilmiah (makalah) yang di beri judul Pandangan Islam terhadap Bayi Tabung.

Tujuan

1. Menjelaskan pengertian dari bayi tabung/inseminasi buatan.

2. Menjelaskan pandangan islam mengenai bayi tabung/inseminasi buatan.

3. Menjelaskan hukum bayi tabung menurut pandangan islam4. Menjelaskan status bayi hasil bayi tabung menurut Islam.

Manfaat

Penulisan karya ilmiah ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa, klinisi, dosen, dan masyarakat.

  1. Bagi mahasiswa, karya ilmiah ini dapat menjadi referensi ilmu dalam menyikapi kemajuan teknologi terutama di bidang kedokteran agar tetap berpegang teguh pada keimanan dan hukum-hukum islam.
  2. Bagi klinisi, adalah mereka dapat mengetahui pandangan islam terhadap kemajuan teknologi terutama di bidang kedokteran tentang bayi tabung.
  3. Bagi dosen, adalah menjadi referensi ilmu dalam meningkatkan kualitas pengajaran yang berbasis islam terutama di bidang kedokteran dengan segala norma dan kaidah-kaidah islam.
  4. Bagi masyarakat, adalah agar mengetahui pandangan islam terhadap kemajuan teknologi kedokteran yaitu bayi tabung/inseminasi buatan sehingga masyarakat mampu mempertimbangkan segala resikonya terkait norma dan kaidah islam dalam melakukan segala sesuatu yang berkaitan dengan rekayasa genetika.

Metodologi Penulisan

  1. Metode Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis, yaitu metode yang digunakan untuk mengetahui metode dan mendeskripsikan perspektif islam terhadap rekayasa genetika yang dijabarkan secara mendalam.
  2. Teknik Pengumpulan DataTeknik pengumpulan data pada karya tulis ini menggunakan sumber-sumber yang didapat dari internet, buku-buku, serta sumber-sumber tertulis lainnya yang membantu dalam penulisan karya tulis ini.
  3. Analisis DataAnalisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Analisis kualitatif dilihat dari pernyataan yang dipaparkan oleh sumber-sumber.

Contoh Karya Tulis Ilmiah Agama

PREVIEW

Contoh Karya Tulis Ilmiah Agama

Download –  Contoh Karya Tulis Ilmiah Agama

[Format File .doc/ .docx Microsoft Word]

Itulah Download Contoh Karya Tulis Ilmiah Agama Terbaru dalam file doc/ docx. Anda bisa download melalui link di atas. Mudah-mudahan artikel kali ini dapat menjawab pencarian Anda guna untuk tambahan referensi kamu. Baca juga contoh karya tulis ilmiah lainnya yaitu:

Review Pengunjung
  • Star
5

Summary

Penilaian tentang Contoh Karya Tulis Ilmiah Agama – Pandangan Islam Terhadap Bayi Tabung yang di publish oleh www.makalah.id. Terima kasih sudah memberikan review yang baik.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.