Contoh Karya Ilmiah Tentang Pendidikan Sederhana Beserta Komponen Pendukungnya

Makalah.id – Contoh karya ilmiah tentang pendidikan yang unik dan original memang cukup sulit untuk ditemukan dan dijadikan referensi dalam membuatnya secara mandiri. Namun dengan memperbanyak referensi lain, bukan hal yang tidak mungkin anda bisa membuat karya ilmiah tentang pendidikan yang unik dan original. Bukan hasil mengikuti ide orang lain dan hanya mengeditnya sesuai dengan bahan yang anda gunakan. Karya tulis sendiri secara umum mempunyai 2 jenis yakni karya tulis non ilmiah dan juga karya tulis ilmiah. Untuk pembahasan kali ini penulis hanya ingin fokus pada karya ilmiah saja. Deskripsi dari karya ilmiah perlu anda ketahui terlebih dahulu. Karya ilmiah merupakan hasil karya yang wajib melalui proses penelitian terlebih dahulu sehingga menghasilkan sebuah karya yang original.

Contoh Karya Ilmiah Tentang Pendidikan

Contoh Karya Ilmiah Tentang Pendidikan

Selanjutnya contoh karya ilmiah tentang pendidikan akan coba penulis berikan untuk anda agar bisa menambah referensi baru yang mungkin belum anda temukan di tempat lain. Sebelum masuk ke pembahasan lebih dalam mengenai bagaimana contohnya, sebaiknya anda menyimak ulasan mengenai komponen apa saja yang harus anda perhatikan agar karya ilmiah tentang pendidikan yang anda buat nantinya bisa mempunyai kualitas yang baik. Berikut adalah pembahasan lengkapnya, yuk simak!

Carilah Permasalahan yang Belum pernah Dibahas Sebelumnya

Studi masalah sebelum membuat karya ilmiah memang sangat diperlukan. Namun jika anda ingin mendapatkan hasil maksimal, original dan berkualitas pada karya ilmiah tentang pendidikan, maka anda bisa mengangkat permasalah yang belum pernah dibahas sebelumnya. Jadi peluang keoriginalan karya ilmiah sangatlah besar.

Selanjutnya anda hanya perlu menggali lebih dalam tentang permasalah yang anda ambil tersebut sebanyak – banyaknya.

Buatlah Rencana Penelitian yang Baik

Buatlah Rencana Penelitian yang Baik

Buatlah Rencana Penelitian yang Baik

Sebelum lanjut ke proses penelitian, sebaiknya anda membuat perencanaan yang matang terlebih dahulu agar nantinya setiap langkah yang anda lakukan bisa lebih terstruktur dan berurutan. Sebuah penelitian yang dilakukan tanpa ada rencana yang baik, tentu hasilnya tidak akan maksimal. Karena anda menjadi bingung akan memulainya dari mana dan tidak akan tahu setiap proses yang mungkin saja dilewatkan.

Sekarang bisa anda bayangkan sendiri betapa memudahkannya sebuah penelitian dilakukan dengan adanya rencana yang baik. Setiap proses yang telah selesai anda kerjakan sesuai dengan urutan yang dibuat, bisa langsung anda ceklis dan langsung lanjut ke proses berikutnya. Dengan begini informasi yang anda dapatkan dari sebuah penelitian menjadi lebih banyak dan lengkap. Alhasil proses penelitian pun lancar.

Maksimalkan Waktu Penelitian yang Sudah Anda Rencanakan dan Disiplin

Setelah anda membuat perencanaan yang matang, anda wajib memanfaatkan waktu penelitian dengan sebaik – baiknya dan yang paling penting adalah disiplin. Rencana tidak akan berjalan mulus jika anda bermalas – malasan dan seringkali menunda – nunda pekerjaan. Sehingga rencana yang anda buatpun menjadi sia – sia dan berantakan.

Jadi penulis menyarankan kepada anda, nikmati dan jalani proses penelitian dengan baik dan displin. Dengan begitu karya tulis tentang pendidikan yang anda upayakan akan mendapatkan hasil maksimal. Jangan lupa untuk memanfaatkan waktu dengan menggali berbagai informasi yang ada. Hal ini sangat penting untuk menunjang laporan karya tulis nantinya. Selain itu keoriginalan tetap wajib dijadikan sebagai tujuan utama ya.

Pembuatan Laporan Karya Ilmiah

Laporan hasil penelitian karya ilmiah wajib memperhatikan beberapa poin yakni BAB 1, BAB 2 dan BAB 3. Ketiga poin tersebut harus ada dan tidak boleh dilewatkan. BAB 1 membahas tentang pendahuluan yang di dalamnya terdapat sub bagian antara lain latar belakang masalah, rumusan masalah dan tujuan penelitan. BAB 2 adalah pembahasan yang di dalamnya membahas lebih rinci mengenai permasalahan yang ditemukan pada proses penelitian. Sedangkan BAB 3 adalah penutup. Jika anda memperhatikan ketiga poin tersebut dengan baik, penulis percaya bahwa karya ilmiah anda akan menarik dan hasilnya pun memuaskan.

Proses Pengecekan Akhir

Poin terakhir ini juga sangat penting untuk dilakukan. Demi memaksimalkan semua kinerja yang sudah anda perjuangkan sampai akhir, ada baiknya untuk dilakukan pengecekan akhir secara mendalam. Anda bisa membaca dengan seksama bagian demi bagian agar kesalahan dalam penulisan bisa diminimalisir dan kualitas penulisan bisa diketahui.


Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Pendidikan yang Sederhana

Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Pendidikan yang Sederhana

Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Pendidikan yang Sederhana

Tema : Dampak Negatif dari Adanya Internet Bagi Tumbuh Kembang Anak

BAB I
PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Perkembangan zaman yang begitu pesat menghadirkan teknologi yang semakin canggih tentunya. Contoh perkembangan teknologi yang paling mendominasi kehidupan manusia sekarang adalah adanya internet. Internet mampu menghadirkan berbagai kemudahan dalam aktivitas sehari – hari. Internet juga bisa diakses dengan sangat mudah oleh berbagai lapisan masyarakat dan segala usia. Bukan hal yang tidak mungkin jika anak – anak pun akan mengaksesnya. Namun jika melihat fakta mengenai kondisi emosi usia dini yang cenderung labil, pasti dampak internet akan sangat besar pagi perkembangan anak tersebut.

2. Rumusan Masalah

Bagaimana dampak negatif dari adanya internet bagi tumbuh kembang anak?

3. Tujuan Penelitian

Untuk menggali, mengetahui dan mendeskripsikan secara mendalam bagaimana dampak negatif dari adanya internet bagi tumbuh kembang anak.

BAB II
PEMBAHASAN

Dampak Negatif dari Adanya Internet Bagi Tumbuh Kembang Anak

Hadirnya internet di tengah – tengah anak bisa dikatakan sebagai kebutuhan pokok seperti halnya orang dewasa. Sayangnya keberadaan internet ini tidak sepenuhnya membawa dampak positif bagi anak – anak karena mereka belum paham betul cara memiliah – milahnya. Dengan fakta tersebut, bermunculanlah fakta mengenai hal negatif dari keberadaan internet bagi tumbuh kembang anak, antara lain sebagai berikut :

  • Merangsang anak untuk berperilaku keras dan kasar (bertindak kekerasan).
  • Banyak anak yang menjadi lupa waktu sehingga berdampak pada malas belajar.
  • Seringkali mendorong anak untuk bertindak bullying.
  • Internet membuat anak menjadi kecanduan.
  • Kegiatan bermain yang melatih motorik anak menjadi berkurang.
  • Anak kehilangan masa kecilnya.

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Ditemukannya internet memang membawa dampak besar bagi kehidupan masyarakat dunia pada umumnya. Bagi seorang anak pun internet bisa membantu menunjang pembelajaran sehari – hari. Meskipun begitu, ternyata fakta yang ditemukan banyak juga dampak negatif internet bagi anak – anak yang tidak bisa dianggap sebagai permasalahan sepele. Dalam hal ini, tentu sangan dibutuhkan peran dari orang tua untuk memberikan arahan, mendampingi dan memberikan penjelasa kepada anak agar bisa memaksimalkan dampak positif dari internet itu sendiri dan yang paling penting adalah meminimalisir dampak negatif dari internet.

Nah pembahasan singkat di atas mulai dari komponen sampai dengan contohnya, semoga bisa membawa banyak manfaat bagi anda semua dalam rangka menunjang proses pembuatan karya ilmiah tentang pendidikan yang akan anda buat. Dengan begitu referensi anda menjadi semakin bertambah. Sampai disini dulu pembahasan mengenai contoh karya ilmiah tentang pendidikan. Selamat mencoba dan semoga sukses ya.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.