Contoh Format Proposal Skripsi (Cover, Judul, Lembar Pengesahan, Pengantar dan Lainnya)

Makalah.id – Anda sudah tahu seperti apa format proposal skripsi? Siapa yang bilang bahwa semakin bertambah semester maka beban kuliah akan semakin berkurang? Justru tantangan sebenarnya yang dialami oleh para mahasiswa yakni ketika mereka sudah memasuki semester akhir dan salah satu tantangan yang mungkin saja menjadi tantangan paling “menakutkan” adalah membuat skripsi.

Skripsi merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi oleh para mahasiswa agar mereka bisa di wisuda, namun sebelum anda mengerjakan skripsi, maka anda harus memahami bahwa sebenarnya anda harus mengumpulkan proposal skripsi yang tentu saja anda harus memahami terlebih dahulu seperti apa format proposal skripsi. Pengumpulan proposal skripsi bertujuan agar supaya dosen anda bisa mengira dan menentukan apakah anda benar-benar sudah layak untuk mengerjakan skripsi atau tidak.

Format Proposal Skripsi

Format Proposal Skripsi

Format Proposal Skripsi

Mencari sebuah ide skripsi yang akan kita gunakan untuk bahan penelitian memang tidak bisa dianggap mudah karena saat ini sudah banyak judul skripsi yang telah diteliti oleh banyak mahasiswa sebelum anda. Meskipun begitu, sebenarnya anda masih bisa melakukan cara lain yakni dengan memodifikasi judul tersebut dengan menggunakan metode yang berbeda atau dengan memanfaatkan beberapa judul yang lainnya seperti Referensi Judul Skripsi Manajemen Pemasaran Paling Terbaik 2017 dan juga Kumpulan Judul Skripsi Manajemen Keuangan Terbaru 2017.

Namun sebenarnya yang terpenting adalah anda memiliki kemampuan untuk meyakinkan dosen anda bahwasanya skripsi anda memang layak untuk diteliti dan akan memberikan manfaat di era serba modern ini.

Dan seperti yang telah kami jelaskan anda harus mengajukan proposal skripsi terlebih dahulu sebelum nantinya anda benar-benar mengerjakan skripsi. Maka dari itu, simak baik-baik penjelasan dari kami tentang seperti apa format proposal skripsi yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi.

1. Cover

Mungkin anda sudah tahu bahwa bagian awal yang harus ada yakni cover yang tentu saja cover inilah yang akan menentukan apakah dosen anda tertarik dengan judul yang anda bawakan atau tidak. Di dalam cover ini biasanya akan diisi dengan judul, logo universitas, nama peneliti atau penulis, NIM atau Nomor Induk Mahasiswa, nama jurusan dan program studi, dan juga tahun pembuatan skripsi tersebut.

2. Lembar Judul

Perlu anda tahu bahwa untuk lembar judul itu sendiri tergantung dari format proposal skripsi yang ada pada masing-masing kampus. Terkadang ada beberapa kampus yang mengharuskan mahasiswanya mencantumkan lembar judul, namun tidak sedikit juga kampus yang tidak mensyarakatkan mahasiswa untuk mencantumkan bagian tersebut.

3. Lembar Pengesahan

Lembar pengesahan berisi informasi bahwasanya judul atau skripsi adna sudah mendapatkan pengesahan. Biasanya lembar pengesahan ini hanya ditulis tanpa adanya tanda tangan dari dosen pembimbing anda, namun biasanya memang pengesahan yang dilakukan oleh dosen hanya pada halaman cover.

4. Kata Pengantar

Berdasarkan penjelasan mengenai Contoh Kata Pengantar Proposal Skripsi, Kegiatan, Penelitian & Usaha dan juga 10+ Contoh Kata Pengantar Skripsi Terbaik Lengkap 2017 kami yakin anda sudah tahu tentang isi dan juga kegunaan dari sebuah kata pengantar.

Secara umum, kata pengantar merupakan bagian yang berisi informasi mengenai maksud dan tujuan dari pengerjakan atau penulisan skripsi anda. Di dalam kata pengantar juga berisikan informasi mengenai ucapan syukur dan terima kasih baik kepada Tuhan, orang tua, maupun juga kepada pihak-pihak yang telah mendukung dan membantu di dalam proses pengerjaan skripsi tersebut.

5. Daftar Isi

Untuk daftar isi sendiri berisikan informasi mengenai nomor halaman yang dilengkapi dengan materi atau judul dari halaman tersebut. Tujuan dari pembuatan daftar isi adalah untuk memudahkan para pembaca jika mereka ingin mengetahui beberapa informasi yang dibutuhkan sehingga mereka hanya perlu melihat melalui daftar isi yang telah disediakan tersebut.

6. Daftar Tabel

Daftar tabel memiliki kegunaan yang tidak jauh berbeda dengan daftar isi. Di dalam daftar tabel, anda harus menyebutkan mengenai nomor tabel dan juga judul atau materi yang ada pada tabel tersebut. Jika daftar isi merupakan sebuah bagian yang wajib ada pada setiap karya ilmiah, namun untuk daftar tabel tidak wajib atau tidak harus ada di dalam setiap skripsi atau karya ilmiah.

Meskipun begitu, hampir semua skripsi, disertai, maupun karya ilmiah lainnya memerlukan daftar tabel karena memang pada karya ilmiah yang mereka buat terdapat tabel.

7. Daftar Gambar

Daftar gambar berisi informasi mengenai gambar apa yang ada pada skripsi atau karya ilmiah anda lengkap dengan nomornya. Namun yang harus anda perhatikan bahwa jika skripsi anda tidak memiliki gambar, maka anda tidak perlu mencantumkan daftar gambar.

8. Daftar Lampiran

Bagian ini berisi penjelasan mengenai apa saja yang dilampirkan di dalam skripsi anda. Lampiran-lampiran tersebut antara lain seperti lampiran berkas, surat penelitian, kuisioner, maupun lampiran-lampiran lainnya yang memang diperlukan di dalam penelitian yang anda lakukan.

9. BAB I (Pendahuluan)

Seperti yang anda tahu bahwa BAB I yang juga dibawahnya akan ditulis dengan pendahuluan merupakan bagian awal dari skripsi yang berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan lain sebagainya.

Pada BAB I kebanyakan hanya memuat beberapa hal umum saja yang berkaitan dengan skripsi yang akan anda kerjakan. Untuk lebih jelasnya simak baik-baik bagian-bagian yang ada pada BAB I seperti yang ada di bawah ini:

  • Latar Belakang Masalah
  • Rumusan Masalah
  • Tujuan Penelitian
  • Manfaat Penelitian
  • Kerangka Teori
  • Kerangka Konsep
  • Metode Penelitian
  • Teknik Pengumpulan Data
Format Proposal Skripsi 1

Format Proposal Skripsi 1

Format Proposal Skripsi 2

Format Proposal Skripsi 2

Demikian informasi dari kami mengenai format proposal skripsi. Dan sebenarnya proposal skripsi ditulis sampai dengan BAB III meskipun juga ada yang cukup sampai BAB II. Semoga bermanfaat bagi anda semuanya.

 

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.