Cara Mencari Jurnal Internasional Anti Ribet dan Cepat

Makalah.id – Cara mencari jurnal internasional tidak sesulit yang anda bayangkan sobat. Yang paling penting anda harus mencari keyword yang tepat dengan bahasa pengantar bahasa inggris. Anda tidak perlu khawatir untuk mendapatkan jurnal yang anda inginkan. Sangat banyak jurnal yang bisa diakses secara gratis kok sobat. Yang paling penting anda harus tau kata paling menentukan untuk bisa digunakan sebagai dasar pencarian.

Jurnal Internasional Berkualitas

Jurnal Internasional Berkualitas

Bagi sebagian orang yang akan membuat sebuah jurnal dengan kualitas baik, maka cara mencari jurnal internasional pun sangat membantu mereka dalam mendapatkan referensi. Untuk mendapatkan jurnal dengan kualitas baik, maka anda bisa mengikuti cara – cara di bawah ini ya sobat, antara lain sebagai berikut :

Siapkan Browser yang Akan Digunakan Dalam Proses Pencarian E-Jurnal

Berbagai Pilihan Browser

Berbagai Pilihan Browser

Browser disini sangat menentukan kualitas pencarian jurnal internasional yang anda inginkan. Pastikan browser yang anda gunakan nyaman terlebih dahulu untuk anda sobat. Bagaimana bisa mendapatkan jurnal internasional berkualitas, jika anda saja tidak nyaman dengan browser yang anda gunakan tersebut. Berikut browser yang bisa anda gunakan untuk melakukan pencarian jurnal internasional :

  • Google Chrome
  • Mozilla Firefox
  • Internet Explorer
  • Opera Mini
  • UC Browser
  • dan lain sebagainya

Penulis lebih suka menggunakan browser Google Chrome karena tampilannya user friendly sehingga akan menambah semangat penulis dalam melakukan pencarian jurnal internasional yang pada dasarnya adalah sumber mata pencaharian tambahan bagi penulis.

Tentukan Tema yang Akan Dicari

Dalam proses pencarian sebuah jurnal internasional yang mempunyai kualitas baik, disarankan bagi anda untuk menentukan tema apa yang akan digunakan. Dengan demikian anda bisa mendapatkan berbagai pilihan jurnal sesuai dengan tema. Tapi dengan tema saja tidak cukup sobat, anda wajib mencari judul yang lebih spesifik. Jadi jurnal yang muncul sesuai dengan judul spesifik tersebut saja.

Tentukan Judul yang Lebih Spesifik dalam Proses Pencarian

Judul memang sangat berpengaruh dalam hal proses pencarian jurnal sobat. Anda harus sudah yakin terhadap judul yang akan dicari, jika anda masih bimbang dan bahkan bingung, nantinya jurnal yang muncul pun tidak sesuai dengan keinginan.

Cantumkan Format Dokumen di Bagian Belakang Judul yang Sudah Disediakan

Format Dokumen PDF

Format Dokumen PDF

Inilah yang menjadi penentu agar pencarian anda menjadi semakin maksimal. Pasalnya pencarian yang disertai format dokumen di bagian belakang judul dengan pencarian yang tidak disertai format dokumen di bagian belakang judul, akan menunjukkan perbedaan cukup drastis.

Contohnya bisa anda lihat di gambar berikut ini sobat :

  • Pencarian Jurnal Internasional yang Disertai dengan Format Dokumen 

Jika anda menggunakan format dokumen di belakang judul jurnal yang anda pilih, maka mesin pencarian (browser) seperti google hanya akan menfilter jurnal internasional dengan format PDF saja. Cara ini akan mempermudah anda memilih jurnal mana yang sesuai dengan tema yang sudah anda ambil. Namun jika tidak disertai dengan format dokumen dalam proses pencarian, maka hasil pencarian akan mencakup semua jenis yang ada tapi tetap sesuai dengan judul.

Pencarian Jurnal Internasional yang Disertai dengan Format Dokumen 

Pencarian Jurnal Internasional yang Disertai dengan Format Dokumen

  • Pencarian Jurnal Internasional Tanpa Disertai dengan Format Dokumen 

Bagi penulis yang memang mempunyai pengalaman mengerjakan proyek translasi jurnal internasional dan mencari jurnalnya sendiri, perbedaan seperti ini bisa diperoleh dari intensitas kerja. Penulis pernah merasa kesulitan saat melakukan pencarian jurnal internasional dan berpikir bahwasannya pada dasarnya jurnal tersebut sulit untuk dicari. Namun dengan kondisi tersebut penulis tidak mudah menyerah, akhirnya terpikirlah untuk mencantumkan format di belakang judul jurnal dan hasilnya ternyata cukup memuaskan. Banyak jurnal internasional yang bisa didapatkan. Bisa diambil kesimpulan bahwa penggunaan format dokumen di belakang judul jurnal akan jauh lebih efektif.

Pencarian Tanpa Disertai Format Dokumen di Belakang Judul

Pencarian Tanpa Disertai Format Dokumen di Belakang Judul

Buka Satu Persatu Jurnal yang Muncul

Nah jika pencarian melalui browser sudah muncul, anda bisa langsung melakukan pengecekan mulai dari deretan teratas terlebih dahulu. Karena deretan teratas tersebut biasanya paling banyak pengunjungnya. Tidak menutup kemungkinan jika pengunjungnya banyak berarti jurnalnya pun berkualitas baik.

Lanjutkan ke deretan bawahnya dan jangan lupa untuk membacanya ya sobat. Kualitas baik buruknya sebuah jurnal tidak bisa ditentukan dengan melihat sekilas saja lo. Perlu pendalaman terhadap susunan dan juga isi materi yang dijelaskan didalamnya.

Bisa diambil kesimpulan dari pembahasan di atas bahwasannya cara mencari jurnal internasional tersebut berdasarkan pengalaman yang sudah pernah penulis alami sehingga diharapkan akan bisa lebih mudah membantu anda jika memang terdapat kesulitan. Penulis juga yakin dengan cara alternatif yang dibuat sendiri pastinya akan lebih mudah juga untuk dipahami. Berbeda halnya dengan orang yang belum pernah mengalaminya, tapi membagikan tips cara pencarian jurnal internasional, dijamin bahasanya lebih sulit dimengerti karena memang kurang begitu paham.

Inilah ulasan yang hanya bisa penulis berikan pada kesempatan kali ini mengenai cara mencari jurnal internasional. Harapan penulis, sedikit informasi yang penulis bagikan tersebut kepada anda semua akan membawa banyak manfaat. Terima kasih sudah sudi kiranya mampir dan berkunjung untuk membaca. Jangan lewatkan artikel terbaru selanjutnya yang tidak kalah okenya sobat. Sampai jumpa dan salam hangat dari penulis.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.