Cara Mencari Judul Berkualitas, Sumber Referensi dan Contoh Skripsi Pendidikan

Makalah.id – Contoh skripsi pendidikan yang baik tentu saja mempunyai komponen – komponen yang baik juga ya sobat. Untuk itu anda juga harus memperhatikan karya tulis skripsi yang sedang anda buat. Karena kualitas skripsi khususnya dalam bidang pendidikan yang anda buat juga bisa dijadikan sebagai acuan untuk memberikan penilaian seberapa baik kemampuan anda.

Contoh Skripsi Pendidikan

Contoh Skripsi Pendidikan

Contoh skripsi pendidikan sebagai tambahan sumber referensi sebenarnya bisa anda dapatkan dengan sangat mudah saat ini jika memang anda niat dan bersungguh – sungguh. Banyak sekali sumber seperti buku, internet atau pun jurnal. Terlebih lagi sekarang ini sudah banyak juga fasilitas pendukung berkat berkembangnya teknologi informasi. Seharusnya dengan kondisi tersebut anda bisa lebih baik hasil penelitiannya lo sobat.

Untuk menentukan judul skripsi pendidikan yang baik anda bisa mengandalkan banyak referensi dari berbagai contoh skripsi pendidikan. Dengan begitu anda menjadi lebih tahu, judul apa saja yang pasaran digunakan dan tidak. Selain itu dengan banyak referensi maka anda akan menjadi lebih matang pemikirannya. Seringkali juga banyak ide bisa didapatkan berkat banyak referensi yang sudah dipelajari dari contoh skripsi pendidikan.

1. Dilarang Keras Menggunakan Judul Skripsi yang Pasaran

Untuk mendapatkan hasil skripsi pendidikan dengan kualitas baik, maka anda dilarang untuk keras menggunakan judul yang pasaran sobat. Namun jika anda mengumpulkan contoh skripsinya saja boleh sebagai tambahan referensi agar bisa membedakan antara satu dengan yang lainnya.

hindari penggunaan judul pasaran

hindari penggunaan judul pasaran

Penggunaan judul yang pasaran tidak akan mampu meningkatkan kualitas diri anda sobat. Karena pastinya presentase untuk plagiat akan lebih tinggi. Mengutip sedikit ataupun banyak karya skripsi orang lain sudah bisa dikatakan sebagai plagiat. Anda tentu tidak ingin bukan, sudah kuliah mahal – mahal menghabiskan biaya dan waktu hasilnya, namun kualitas diri anda tidak berkembang.

2. Hindari Penggunaan Judul Skripsi Plagiat

Tidak hanya judul pasaran saja yang dilarang digunakan sobat, namun judul plagiat justru wajib dihindari. Rasa – rasanya sayang sekali jika anda nekat menggunakannya. Percuma saja jika anda lulus, tapi hasil skripsinya tidak mumpuni dan jauh dari kata berkualitas. Yakinlah pada diri anda bahwasannya anda mampu membuat penelitian yang original, unik dan berkualitas.

Hindari Penggunaan Judul Plagiat

Hindari Penggunaan Judul Plagiat

Satu hal yang perlu anda ingat bahwasannya judul skripsi plagiat tidak akan ada manfaatnya bagi diri anda sendiri, apalagi buat orang lain. Itulah kalimat yang tepat untuk penulis utarakan agar anda waspada betul – betul terhadap plagiarism.

3. Buatlah Judul Skripsi Dari Permasalahan Pelik di Sekitar Anda

Permasalahan pendidikan sampai sekarang memang masih banyak yang ditemukan namun tidak kunjung ada solusi untuk menindaklanjutinya. Misalnya saja kualitas bangunan sekolah yang tidak jarang kurang layak, namun jika dana sudah digelontorkan, ternyata ada ognum – ognum dalam yang memangkas biaya pembangunan sehingga menghasilkan kualitas bangunan yang buruk. Bahaya pun sudah ada didepan mata dan siap datang kapan saja. Pasalnya sudah banyak contoh terjadi.

Nah sebenarnya penelitian itu bisa dijadikan kesempatan bagi anda untuk membuat perubahan pada lingkungan tempat anda tinggal sobat. Jangan sia – siakan kesempatan jika anda bisa bermanfaat bagi orang banyak. Semuanya akan ada jalan jika anda bersungguh – sungguh melakukannya dengan ikhlas.

Dengan penelitian yang anda lakukan terhadap masalah – masalah yang ada pada dunia pendidikan, maka diharapkan anda bisa memberikan solusi terbaik dan bisa langsung diterapkan. Tidak hanya isapan jempol semata tanpa andanya tindakan sedikit pun.

4. Jangan Membuat Judul Skripsi Asal – Asalan

Masih saja banyak mahasiswa yang mmbuat judul skripsi asal – asalan sobat. Alasan utamanya adalah karena sudah kebingungan dan jatuh tempo (deadline). Untuk itu disarankan saat diberikan waktu longgar, sebaiknya anda tidak menyia – nyiakannya atau pun menunda – nunda pekerjaan. Karena waktu yang diberikan dalam pencarian judul sendiri biasanya sudah lebih dari cukup. Jika anda mampu memanfaatkan waktu tersebut dengan baik, penulis yakin judul yang unik dan berkualitas pun bisa anda dapatkan dengan mudah.

5. Buatlah Beberapa Judul Skripsi Alternatif Sebagai Pendukung 

Tidak hanya judul skripsi utama saja yang wajib anda buat sobat. Untuk mendapatkan judul terbaik dan berkualitas, anda juga wajib membuat judul skripsi alternatif sebagai pendukung sobat. Tujuannya adalah jika judul utama anda tidak disetujui oleh dosen pembimbing, maka anda sudah mempunyai beberapa judul skripsi alternatif lain yang bisa diajukan kembali, tanpa membuang – buang waktu lagi untuk mulai menentukan judul dari awal.

Judul skripsi alternatif juga bisa anda jadikan sebagai bahan penunjang penelitian berkelanjutan. Jika masih memiliki hubungan antara judul satu dengan judul alternatif lainnya, maka anda bisa memasukkannya pada penelitian yang anda buat sehingga bisa dibahas lebih lanjut. Jadi penelitian anda menjadi lengkap lagi sobat.

Bisa diambil kesimpulan dari pembahasan di atas bahwasannya dalam menentukan judul pun meskipun mudah, tapi tidak bisa semudah membalikkan telapak tangan lo sobat. Diperlukan niat dan kemauan yang keras untuk mendapatkannya. Jadi intinya anda wajib kerja keras untuk membuat judul skripsi pendidikan berkualitas dengan menjadikan contoh skripsi pendidikan sebagai salah satu sumber informasi dan referensi.

Demikian sedikit informasi kali ini yang bisa kami bagikan kepada anda semua sobat mengenai contoh skripsi pendidikan. Skripsi pendidikan yang anda buat mewakili pemikiran dan kemampuan anda sebagai calon pendidik masa depan, jadi jangan sampai kualitas skripsi anda kurang baik ya sobat. Pembahasan kali ini penulis harapkan bisa banyak membantu dan membawa banyak manfaat bagi anda semua. Terima kasih dan salam hangat dari penulis.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.