Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Pabrik dan Tulis Tangan Agar Diterima

Cara membuat surat lamaran kerja sebenarnya tidaklah sulit. Membahas mengenai lamaran kerja, jadi teringat begitu antusiasnya banyak orang untuk bisa bekerja di perusahaan ternama yang merupakan impian banyak orang tersebut. Namun sayang tidak banyak orang yang beruntung, mengingat pesaing luar biasa banyaknya. Sebagai awal dari perjuangan mencari kerja, anda diwajibkan untuk mempunyai lamaran kerja terlebih dahulu.

Kualitas tulisan tangan para pencari kerja merupakan kunci yang bisa menarik pihak perusahaan agar memilih anda. Cara membuat surat lamaran kerja dengan memperhatikan kualitas tulisan tangan ini, bisa anda jadikan sebagai senjata yang cukup ampuh untuk memenangkan persaingan.

cara membuat surat lamaran kerja di pabrik

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Pabrik

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Pabrik

Bekerja di industri pabrik saat ini memang banyak peminatnya. Mengingat sulitnya mencari lapangan pekerjaan, jadi tidak jarang yang menjadikan pabrik adalah tempat yang tepat untuk bekerja atau pun hanya sekedar dijadikan sebagai batu loncatan agar pengalaman semakin bertambah. Berikut ini hal – hal yang harus anda perhatikan dan bisa dijadikan sebagai cara membuat surat lamaran kerja di pabrik.

1. Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Wajib Memperhatikan EYD yang Anda Gunakan 

Poin yang satu ini cukup penting untuk anda perhatikan ya sobat. Dalam membuat surat resmi seperti ini, anda wajib memperhatikan susunan kalimat yang baik, mudah dimengerti dan tidak bertele – tele. Sehingga pihak perusahaan bisa merasa nyaman dengan tulisan anda. Karena tulisan yang anda buat bisa mewakili kepribadian anda sendiri.

2. Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Menghindari Penggunaan Alat Penghapus 

Menggunakan alat penghapus pada surat lamaran kerja anda, faktanya akan mengurangi nilai kerapihan surat yang anda buat tersebut. Untuk itu hindari penggunaan alat penghapus saat membuat surat lamaran kerja. Anda bisa membuat rancangannya terlebih dahulu dengan menggunakan pensil. Jika semuanya sudah oke, anda bisa langsung menyalinnya. Dijamin cara ini akan jauh lebih baik digunakan untuk meminimalisir penggunaan alat penghapus (tipe-x).

cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Pembuatan surat lamaran kerja, sejatinya memang lebih baik menggunakan tulisan tangan. Karena tulisan tangan tersebut bisa mewakili kepribadian anda. Jadi anda wajib membuatnya sebaik mungkin. Berikut ini cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan :

1. Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Memperhatikan Tata Letak 

Tata letak memang mempunyai peranan yang penting dalam menentukan seberapa baik kualitas surat lamaran kerja itu sendiri. Seperti halnya tempat pembuatan, tanggal pembuatan, tujuan surat lamaran, data diri pelamar, sampai dengan tanda tangan pelamar. Semuanya harus di tempatkan sesuai dengan

2. Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Memperhatikan Margin 

Margin yang anda gunakan sangat menentukan kerapihan surat lamaran kerja yang anda buat sobat. Margin disini masih berhubungan dengan poin pertama yakni tata letak. Perhatikan jarak penulisan dari sisi kiri lembar kerja (kertas). Usahakan dari baris paling atas sampai baris paling bawah terlihat segaris. Jangan sampai terlihat berlenggak lenggok. Karena hal tersebut akan menciptakan ketidaknyamanan saat pihak perusahaan mempelajarinya.

Anda bisa ikuti tips mengatur margin yang tepat untuk diaplikasikan ke dalam surat lamaran kerja di bawah ini :

  • Buatlah sketsa terlebih dahulu menggunakan pensil, tipis – tipis saja agar nanti setelah penulisan selesai bisa langsung dihapus tanpa meninggalkan jejak.
  • Pastikan rata kanan dan rata kiri seimbang. Anda bisa menentukannya terlebih dahulu, dengan mengambil ukuran dari tepi kanan atau pun tepi kiri. Tandai dengan menggunakan tanda titik untuk memudahkan proses pembuatan sketsa.
  • Jika sketsa semuanya selesai, anda sudah bisa mulai untuk menulis surat lamaran kerja.
cara membuat surat lamaran kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Komponen Pembuatan Surat Lamaran Kerja yang Wajib Diperhatikan

Berikut ini adalah komponen yang dibutuhkan dalam membuat surat lamaran kerja. Selanjutnya anda juga wajib memperhatikan urutan dari komponen yang dibutuhkan. Yuk simak penjelasan lengkapnya :

  • Tempat dan tanggal (dimana dan kapan anda membuat surat lamaran kerja).
  • Tujuan surat lamaran kerja (nama, gelar, jabatan, nama perusahaan, alamat lengkap).
  • Ucapan salam (salam hormat).
  • Kata pengantar.
  • Isi (berisi data pribadi).
  • Referensi (berisi pengalaman kerja dan kemampuan yang anda miliki).
  • Kalimat penutup.
  • Lampiran (dokumen persyaratan yang dibutuhkan).
  • Salam hormat (berisi tanda tangan dan nama lengkap anda).

Tips Lamaran Kerja Berpeluang Besar Untuk Diterima

Sebagai pelamar kerja, tentu saja mempunyai keinginan yang sangat besar agar bisa diterima bekerja di perusahaan yang diinginkan. Untuk mewujudkan keinginan anda tersebut, anda bisa memperhatikan tips di bawah ini, antara lain :

  • Perhatikan dengan baik persyaratan apa saja yang dibutuhkan.
  • Penulisan menggunakan EYD yang baik dan benar (disarankan untuk menggunakan tulisan tangan).
  • Susunan kalimat mudah dimengerti (to the point).
  • Perhatikan tujuan surat lamaran anda (nama, gelar, jabatan, nama perusahan, alamat lengkap perusahaan)
  • Pastikan surat lamaran anda bersih (tidak lecek atau pun terdapat noda).
  • Lakukan pengecekan akhir dengan membacanya secara teliti.

Cukup sekian pembahasan kali ini mengenai cara membuat surat lamaran kerja. Semoga sedikit pembahasan di atas bisa membantu anda dan membawa manfaat. Sampai jumpa di artikel – artikel selanjutnya, Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk mampir. Salam hangat selalu dari penulis.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.