Cara Membuat Surat Kuasa Pengambilan BPKB dan Contohnya

Makalah.id – Surat kuasa pengambilan BPKB memang sangat penting keberadaannya. Apalagi jika anda minta bantuan orang lain untuk mengurusnya. Pasti akan membutuhkan yang namanya surat kuasa pengambilan BPKP. Kesibukan dalam bekerja memang menjadi salah satu faktor mengapa banyak orang berhalangan hadir saat akan mengambil BPKB yang digadaikan atau proses pelunasan kredit kendaraan. Contoh Surat Kontrak Kerja bisa juga dijadikan sebagai informasi tambahan.

surat kuasa pengambilan bpkb

surat kuasa pengambilan bpkb

Surat kuasa pengambilan BPKB harus disertai dengan materai yang cukup sebagai bukti bahwa si pemberi kuasa memang benar – benar memberikan mandat kepada seseorang untuk membantu menguruskan BPKP kendaraannya. Penting untuk diperhatikan bahwasannya surat kuasa berbeda dengan Contoh Surat Gugatan. Dalam membuat surat kuasa pun tidak boleh sembarangan, anda wajib memperhatikan berbagai poin penting pendukungnya, antara lain sebagai berikut :

Perhatikan Gaya Penulisan Dalam Pembuatan Surat Kuasa Pengambilan BPKP

Dalam penulisan surat kuasa pengambilan BPKP, gaya penulisan wajib diperhatikan penggunaannya. Penggunaan gaya bahasa formal memang paling tepat untuk digunakan dalam kondisi ini. Jadi anda tidak boleh asal – asalan dalam penggunaan bahasa ya.

Perhatikan Gaya Penulisan Dalam Pembuatan Surat Kuasa Pengambilan BPKP

Perhatikan Gaya Penulisan Dalam Pembuatan Surat Kuasa Pengambilan BPKP

Gaya bahasa formal identik dengan kalimat yang sopan dan resmi. Untuk mewujudkannya, tentu diperlukan pemahaman yang baik dalam penyusunan kata demi katanya agar tercipta kalimat yang nyaman, enak dibaca dan mudah dimengerti.

Gunakan EYD yang Baik dan Benar dalam Membuat Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Selanjutnya anda juga harus memperhatikan bagaimana menggunakan EYD yang baik dan benar. Setelah memperhatikan gaya bahasa formal yang digunakan, EYD bisa dijadikan sebagai pelengkap agar kalimat yang disusun menjadi lebih sempurna.

Sebagai masyarakat Indonesia yang baik, pasti anda sudah tidak ada kesulitan ya dalam menggunakan EYD. Penulis anggap pada poin ini dirasa tidak ada kesulitan yang berarti dalam proses pengaplikasiannya saat sedang membuat surat kuasa pengambilan BPKB.

Perhatikan Tata Letak dan Format dalam Pembuatan Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Perhatikan Tata Letak dan Format dalam Pembuatan Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Perhatikan Tata Letak dan Format dalam Pembuatan Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Dalam membuat surat kuasa pengambilan BPKB, tentunya harus memperhatikan tata letak dan format yang benar. Kedua komponen tersebut sangat mendukung dan menentukan seberapa berkualitasnya surat kuasa pengambilan BPKB yang dibuat.

Tata letak memang tidak boleh sembarangan layaknya membuat tulisan paragraf. Jadi memang harus benar – benar diperhatikan. Kemudian untuk formatnya anda bisa pertimbangkan mulai dari pengaturan margin, pemilihan font type, pemilihan font size, atau pun pengaturan penunjang lainnya.

Minimalisasi Keberadaan Typografi

Bayangkan saja anda sebagai pembaca saat ini. Jika anda menemukan kesalahan dalam pengetikan, pasti akan merasa tidak nyaman saat membaca. Bahkan parahnya lagi anda tidak paham dengan kalimat yang ada pada surat kuasa pengambilan BPKP. Apalagi jika kesalahan penulisan pada bagian nama, pasti akan sangat fatal.

Intinya dalam proses penulisan, penulis sangat menyarankan agar anda lebih berhati – hati agar tidak ada lagi kesalahan dalam penulisan. Kesalahan penulisan sendiri biasanya disebabkan oleh cara kerja yang terburu – buru karena tidak melakukan persiapan dengan baik. Inilah yang perlu anda perhatikan untuk meminimalisasi kesalahan dalam penulisan.

Jangan Lupa Tuliskan Nama Terang yang Memberikan Kuasa Lengkap dengan Tanda Tangan Bermaterai Cukup

Bagian yang dianggap remeh dan tidak terlalu diperhatikan ini ternyata sangat berpengaruh. Nama terang sang pemberi kuasa wajib dituliskan secara lengkap dan jelas. Pastikan penulisannya benar dan tanpa adanya kesalahan dalam pengetikan.

Jangan lupa untuk menempelkan sebuah materai 6000 sebagai landasan hukum bahwasannya anda memang benar – benar memberikan kuasa kepada seseorang yang anda mintai bantuan. Perhatikan dalam pembuatan tanda tangan, usahakan sesuai dengan tanda tangan yang ada pada KTP anda. Jika tidak maka surat kuasa tersebut bisa saja dianggap tidak sah atau tidak valid. Karena pemalsuanpun sudah banyak ditemukan kasusnya.

Tips Tambahan yang Bisa Anda Perhatikan

Sudah selayaknya surat kuasa seperti surat kuasa untuk pengambilan BPKB digunakan semestinya sesuai dengan fungsi. Namun tidak sedikit orang yang menyalahgunakannya untuk kepentingan pribadi dan membuat orang lain rugi. Hal seperti ini tentu sangat tidak disarankan untuk ditiru. Jadi bagi anda yang sedang mengurus BPKB dan mempercayakannya kepada orang lain, penulis sarankan untuk lebih berhati – hati.

Terutama jika surat kuasa tersebut sudah dibuatkan dan anda tinggal tanda tangan. Pastikan betul – betul bahwa anda sudah membacanya dengan seksama dan teliti. Jika sudah benar – benar yakin, anda bisa menandatanganinya disertai dengan dokumentasi berupa foto sebagai bukti bahwa surat kuasa yang anda berikan sesuai. Dan dokumentasi tersebut untuk jaga – jaga saja jika hal buruk terjadi pada anda. Penulis sangat menyarankan agar anda membuat surat kuasa tersebut sendiri dan meminta bantuan kepada orang yang anda percayai seperti teman dekat atau pun keluarga dan kerabat. Cara tersebut pastinya jauh lebih aman.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Berikut ini penulis berikan contohnya langsung bagaimana pembuatan surat kuasa yang baik dan benar, yuk simak!

Surat Kuasa

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Suharyanto Arby
Pekerjaan : Pengusaha
Alamat : Jalan Raya Jepon Blora KM 7 Kelurahan Jepon Kecamatan Jepon Kabupaten Blora

dengan ini memberikan kuasa secara penuh kepada saudara :

Nama : Intan Baiduri
Pekerjaan : Pengusaha
Alamat : Jalan Raya Semarang Kudus KM 30 Kudus
Keperluan : untuk pengambilan surat BPKB mobil

Pembuatan surat ini dilakukan mengingat posisi saya sedang berada di luar kota karena pekerjaan dan tidak bisa melakukan pengambilan surat BPKB tersebut.

Demikian surat kuasa ini saya buat dengan tujuan yang baik dan bisa dipakai sesuai dengan fungsinya.

Bisa diambil kesimpulan bahwasannya, setiap orang pasti tidak akan tahu jika suatu saat membutuhkan bantuan orang lain untuk mengurus dokumen – dokumen penting seperti contohnya BPKB. Untuk itu tidak ada salahnya anda mempelajari bagaimana membuat surat kuasa yang baik, sehingga nanti kemudian hari jika anda membutuhkannya, maka anda sudah tidak asing lagi.

Blora, 07 Maret 2019

yang menerima kuasa,                       yang memberi kuasa,

{tanda tangan}                                    {tanda tangan + materai 6000}

Intan Baiduri                                        Suharyanto Arby

Demikian surat kuasa pengambilan BPKB yang bisa penulis ulas pada kesempatan kali ini. Penulis mempunyai harapan besar agar pembahasan di atas bisa membawa banyak manfaat bagi anda semua. Semakin banyak informasi dan referensi, maka akan menambah wawasan baru bagi anda. Jadi jangan malas untuk mencari informasi sebanyak – banyaknya ya.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.