Cara Membuat Proposal Skripsi Dengan Benar (BAB I sampai III)

Makalah.id – Bagimana cara membuat proposal skripsi yang benar? Untuk menjawab hal tersebut, maka anda harus menyimak baik-baik paparan yang akan kami berikan di bawah ini, namun sebelum itu kami sarankan agar anda mengetahui bahwasanya ada banyak Contoh Kata Pengantar Proposal Skripsi, Kegiatan, Penelitian & Usaha dan juga Contoh Daftar Pustaka Skripsi, Proposal dan Karya Ilmiah yang harus anda pahami sebelum anda menulis sebuah skripsi, disertai, atau sebelum anda menulis sebuah karya ilmiah.

Seperti yang kita tahu bahwasanya setiap mahasiswa yang sudah memasuki semester akhir akan diwajibkan untuk mengambil atau mengerjakan skripsi. Skripsi tersebut tentu merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil karena menjadi salah satu persyaratan kelulusan dari mahasiswa yang bersangkutan.  Namun sebelum mahasiswa tersebut membuat atau mengerjakan skripsi, ia harus terlebih dahulu menyerahkan proposal skripsinya untuk di acc. Dan karena itulah kami akan menjelaskan mengenai bagaimana cara membuat proposal skripsi yang benar.

Cara Membuat Proposal Skripsi

Cara Membuat Proposal Skripsi

Cara Membuat Proposal Skripsi

Proposal skripsi diperlukan agar supaya dosen atau pihak yang berwenang melihat proposal skripsi anda untuk melihat apakah anda benar-benar layak untuk melakukan sebuah penelitian atau tidak. Selain itu, dari proposal skripsi anda juga bisa dilihat apakah judul yang akan anda gunakan tersebut benar-benar sesuai dan akan memberikan manfaat untuk era atau zaman sekarang atau tidak.

Di bawah ini kami akan memberikan penjelasan kepada anda mengenai bagaimana cara membuat proposal skripsi yang baik dan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada. Kami harap agar anda bisa memahami beberapa bagian penting yang harus ada pada proposal skripsi anda.

1. BAB I Pada Proposal Skripsi

BAB I Pada Proposal Skripsi

BAB I Pada Proposal Skripsi

Mungkin anda sudah tahu bahwasanya semua penelitian akan dimulai dari BAB I yang juga dibawahnya akan diberi keterangan bahwasanya BAB I ini juga termasuk pendahuluan. Di dalam Bab ini anda akan melihat beberapa bagian lainnya seperti misalnya latar belakang, rumusan masalah, maupun juga latar belakang.

Dan yang tidak kalah penting adalah anda harus menjelaskan manfaat dari penelitian yang anda lakukan baik dari segi akademis maupun manfaat praktis. Di bawah ini beberapa bagian yang harus ada pada BAB I.

  • Latar Belakang: Latar belakang berisi informasi mengenai topik atau tema yang anda pilih dan anda gunakna di dalam penelitian atau skripsi anda. Anda juga harus memberikan beberapa data pendukung yang valid dan terpercaya pada bagian latar belakang. Dan yang tidak kalah penting bahwa anda juga harus mencantumkan alasan penelitian.
  • Rumusan Masalah: Anda harus menjelaskan mengenai masalah-masalah yang akan diselesaikan berdasarkan pada topik, tema, atau permasalahan yang akan diangkat. Yang harus anda lakukan adalah anda harus membatasi pertanyaan anda dan harus benar-benar sesuai dengan judul yang akan anda angkat. Yang harus anda tuliskan yakni pertanyaan yang langsung menuju pada poin dan bukan berbelit-belit.
  • Tujuan dan Manfaat: Pada bagian ini anda juga harus menjelaskan apakah manfaat penelitan anda baik bagi dunia akademis maupun juga baik bagi peneliti selanjutnya yang mungkin saja akan melakukan penelitian dengan tema atau topik yang sama, namun denga metode yang berbeda.

2. BAB II Pada Proposal Skripsi

Perlu anda tahu bahwasanya BAB II berisikan informasi mengendai kajian pustaka yang sesuai dengan bidang atau isu yang anda angkat. Ruang lingkup atau Scope juga terdapat pada BAB II yang digunakan untuk membatasi kajian teori yang sesuai dengan masalah atau isu-isu yang ada pada skripsi anda. Selain itu, BAB II juga harus mencantumkan rumusan hipotesis meskipun memang untuk bagian yang satu ini tergantung kepada jenis atau model penelitian yang anda gunakan.

Kajian teori pada BAB II ini bisa anda lakukan dengan beberapa tahapan yang akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Anda harus mengumpulkan opini dan juga asumsi yang berkaitan dengan pokok atau topik yang akan anda diskusikan.
  • Kemudian anda harus membandingkan dan lalu memilih teori yang kira-kira anda cocok untuk digunakan sebagai solusi atau tindakan pemecahan masalah pada skripsi anda.
  • Anda juga harus memberikan ulasan mengenai apa saja kelebihan atau kekurangan teori-teori yang sebelumnya sudah anda pilih tersebut.
  • Tahap akhir yakni anda harus menentukan teori mana yang akan anda pilih untuk anda gunakan sebagai data pendukung di dalam skripsi anda.

Ketika anda sudah memasukkan keempat tahapan tersebut, barulah anda bisa memasukkan asumsi atau hipotesis anda agar supaya penelitian yang anda lakukan bisa semakin kuat. Hipotesis yang harus anda masukkan yakni dugaan sementara untuk digunakan menjawab pertanyaan yang ada pada skripsi anda.

3. BAB III Pada Proposal Skripsi

BAB III Pada Proposal Skripsi

BAB III Pada Proposal Skripsi

Mungkin anda sudah tahu bahwasanya metode penelitian yang akan anda gunakan harus dituangkan pada BAB III yang juga merupakan bagian terpenting yang ada di skripsi anda. Pada bab ini anda harus menjelaskan secara lengkap mengenai alur penelitian yang anda lakukan.

Sekedar informasi bahwa jika anda ingin proposal anda segera diterima, maka anda harus memberikan penjelasan mengenai metode penelitian secara rinci, jelas, dan bisa dipertanggungjawabkan keilmiahannya.

Beberapa komponen atau bagian yang harus ada pada BAB III antara lain seperti:

  • Jenis penelitian
  • Tempat dan waktu penelitian
  • Bahan penelitian
  • Desain penelitian
  • Data dan sumber data
  • Analisis data

Demikian informasi yang bisa kami berikan kepada anda mengenai bagaimana cara membuat proposal skripsi. Kami juga menyarankan anda menyimak informasi lainnya yakni Referensi Judul Skripsi Ekonomi Syariah Terbaru 2017.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.