Apa Itu Surat Paklaring Dan Bagaimana Contohnya ?

Makalah.id – Apa itu surat paklaring setelah sebelumnya kita sudah banyak membahas berbagai macam surat seperti Surat Peminjaman Tempat Untuk Berbagai Acara dan 3 Contohnya nah pada kesempatan kali ni kita akan membahas apa sih itu surat Paklraing ? yang ternyata juga masih banyak yang belum tau. Karna surat paklraing sangat penting bagi orang – orang yang sudah kerja , akan tetapi malah bahkan banyak orang – orang yang sudah kerja baru dengar apa itu yang namanya surat paklaring.

Ketika anda awam atau merasa belum pernah dengar yang namanya surat paklaring pasti anda familiar dengan surat pengalaman kerja ?, nah surat paklaring juga biasa di sebut dengan surat pengalaman kerja, surat rekomendasi kerja dan juga surat refrensi kerja. Ketika di artikan secara umum surat paklaring merupakan sebuah surat keterangan dari sebuah perusahaan ataupun lembaga lainya yang menuliskan bahwa seseorang pernah bekerja di perusahaan tersebut dengan jangka waktu dan kualitas kerja. Jangan lupa baca 2 Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja Kontraktor Dengan Pemilik Rumah karna sangat penting bagi anda yang ingin membangun atau bergelut di bidang kontraktor.

Bagaimana contoh surat paklaring ?

Bagaimana contoh surat paklaring

Bagaimana contoh surat paklaring

Nah untuk contoh nya mungkin anda sudah ada gambaran setelah membaca pengertian diatas. Jadi kita dapat menyimpulkan bahwa seorang mantan karyawan yang mempunyai kinerja yang baik bisa memperoleh surat paklaring, akan tetapi untuk mantak karyawan yang mempunyai kinerja buruk atau malah di pecat dari perusahaan tidak akan mau memberikan surat paklaring. Berikut di bawah ini kumpulan contoh surat paklaring :

1. Surat paklaring perusahaan

Di Indonesia ada banyak sekali perusahaan – perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan jasa ataupun yang linya yang mempunyai tenaga kerja / karyawan yang sangat banyak sekali dan seiring berganti nya hari karyawan juga akan sering berganti. Nah perlu di perhatikan ketika anda ingin keluar dari sebuah perusahaan anda dapat meminta surat paklaring dari perusahaan, dengan catatan anda tidak mempunyai catatan buruk di perusahaan tersebut. Berikut contohnya.

Cipto Kusumo

Ruko Anggrek Mawar Blok AB232 NO.12

Jl.Brima Raya No.22 Yogyakarta 5523

Telp.022231231 Fax.2323231 Mobile.0812312322

Website: www.ciptokus.com email: [email protected]

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama  : Bima sanjaya

Jabatan : Direktur PT.Cipto Kusumo

Memberikan keterangan dengan sesungguhnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini :

Nama : Prahara

Alamat : Jl.Raya gebang No.121 Yogyakarta

Telah bekerja di perusahaan kami PT. Cipto Kusumo, mulai sejak tanggal 12 – January -2012 hingga sampai 20 – Maret – 2014 dengan jabatan terakhir sebagai UI Designer. Selama bekerja di perusahaan kami saudara Prahara telah memeberikan dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan dan tidak pernah melakukan hal – hal yang dapat merugikan perusahaan. Untuk hal ini yang bersangkutan mengundurkan diri berdasarkan kemauanya sendiri.

Perusahaan mengucapkan banyak terimasih atas yang bersangkutan, semoga dapat lebih suskses di kemudian hari.

Demikian surat paklaring ini di buat dengan sebenar-benarnya

Yogyakarta 28 – Maret – 2014

Direktur,

 

 

Bima sanjaya

2. Surat paklaring Pabrik

Indonesia merupakan mempunyai banyak sekali perusahaan industry. Kalau di kotanya yang sudah banyak industry pasti sudah tidak asing lagi dengan kata – kata pabrik. Pabrik ataupun peerusahaan yang memproduksi suatu produk nya pasti mempunyai karyawan yang sangatlah banyak bahkan hingga ribuan karyawan. Bila anda hendak berhenti bekerja di pabrik anda dapat menggunakan surat paklaring berikut contohnya.

PT.MAJU TAHU

Ruko permai Blok Z23 No.5

Jl.Yansa Pansa No.23 Yogyakarta 23727

Telp.022-2322123 Fax.022-2321231 Mobile.02192301

Website: majutahu.com Email: [email protected]

SURAT PAKLARING

No. : 02/HRD/X/2017

Yang bertanda tangan di bawah ini, menerangkan bahwa :

Nama : Fisca Andita

Jabatan : Marketing

Telah bekerja pada perusahaan kami dan terhitung mulai sejak tanggal 10 – Febuary – 2015 hingga sampai dengan 10 – Febuary – 2017. Dengan jabatan terakhir yang di pegang adalah sebagai marketing. Selama bekerja di perusahaan kami yang bersangkutan saudari FIsca menunjukan kinerja yang baik dan loyalitas yang baik terhadap serta tidak pernah melakukan kesalahan yang membuat perusahaan di rugikan. Dalam hal ini yang bersangkutan mengundurkan diri atas kemauanya sendiri. Perusahaan mengucapkan banyak terimakasih terhadap yang bersangkutan, semoga di kemudian hari mendapatkan pekerjaan yang di inginkanya.

Demikian surat ini di buat agar di gunakan semestinya sebagai keterangan.

Yogyakarta 11 – Febuary – 2017

 

Direktur Utama PT. Maju Tahu.

3. Contoh surat paklaring Guru

Menjadi serorang guru di sekolahan swasta memang tidak sesulit jalan menjadi guru di sekolahan negri. Akan tetapi baik guru swasta ataupun negri mempunyai kelbihanya masing – masing dan kekuranganya masing – masing. Nah ketika anda ingin mengundurkan diri anda dapat menggunakan surat paklaring ini baik swasta atau negri, berikut contohnya.

contoh surat paklaring guru

contoh surat paklaring guru

Kesimpulan tentang surat paklaring

Mencari pekerjaan itu memang semakin tahun semakin susah apalagi ketika hanya mengandalkan pendidikan yang rendah dan juga pengalaman kerja yang minim. Maka dari itu tidak heran jika setiap orang akan lebih memilih untung mempertahankan pekerjaan yang sudah di punyai inya. Ketika orang terpakasa harus mengudurkan diri atau keluar, biasanya ada factor tertentu seperti lingkungan kerja yang kurang cocok, ataupun alaasan yang lainya. Nah setelah anda keluar dari tempat kerja anda tentunya anda harus berjuang lagi mencari pekerjaan yang di sukai / diinginkan karna kita tau sendiri mencari pekerjaan itu sangatlah susah.

Nah diatas merupakan artikel dari Apa Itu Surat Paklaring Dan Bagaimana Contohnya ? semoga bermanfaat dan menambah wawasan pembaca dalam dunia surat menyurat. Kami juga menyarankan pembaca untuk membaca 4 Surat Perjanjian Kontrak Rumah dan Sewa Yang Paling Baru dan juga 5 Contoh MOU Kerjasama Perusahaan (Perjanjian Kerja) karna 2 surat tersebut sangat penting sekali dalam kehidupan sehari – hari.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.