5 Pon Penting Penyusunan Tesis Manajemen Pendidikan

Makalah.id – Tesis manajemen pendidikan saat ini sudah banyak contoh yang bisa anda ambil. Namun jangan sampai anda menyusun tesis hanya hasil plagiat saja ya sobat. Jika anda melakukannya, maka proses pembelajaran yang anda jalani akan terasa sia – sia karena tidak mendapatkan pengalaman berharga. Penelitian adalah tolok ukur kemampuan anda seberapa baik. Karena dengan melakukan penelitian kreatifitas, ide, dan pemikiran anda akan tertuang disana.

Tesis Manajemen Pendidikan

Tesis Manajemen Pendidikan

Untuk mendapatkan sumber, referensi dan tempat observasi dalam proses penyusunan tesis manajeman pendidikan dirasa tidak terlalu sulit sobat. Karena saat ini lembaga atau pun instansi yang berhubungan dengan pendidikan sangat mudah ditemukan di lingkungan masyarakat pada umumnya. Sehingga kewajiban anda sebagai generasi pembelajar untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di daerah anda.

Ide yang Anda Tuangkan Dalam Penelitian

Ide merupakan salah satu hal penting yang wajib dipertimbangkan dalam proses penyusunan tesis manajemen pendidikan. Antara individu satu dengan individu lainnya pasti tidak akan sama ide yang dipikirkan. Tidak heran jika pernyataan “ide itu mahal harganya”.

Ide dalam Tesis Manajemen Pendidikan

Ide dalam Tesis Manajemen Pendidikan

Banyak ide – ide yang semula dianggap tidak masuk akal dan gila, ternyata membawa banyak perubahan bagi kehidupan umat manusia. Contohnya saja ide – ide yang dicetuskan oleh Einstein, dahulunya banyak orang yang mencemoohnya dan dianggap gila. Namun kenyataannya ide yang ia kembangkan bermanfaat dari masa ke masa dan sampai sekarangpun masih dipelajari.

Ide akan sangat menentukan bagaimana kualitas dari tesis manajemen pendidikan yang anda buat sobat. Pembuatan tesis yang hampir sama antara satu individu dengan individu lain, rasa – rasanya tidak mungkin terjadi. Misalnya ditemukan sekalipun kemungkinannya sangat kecil. Karena hal tersebut jika terjadi sudah dianggap sebagai plagiat. Mana mungkin pembuatan tesis bisa hampir sama ya sobat. Perhatian khusus wajib anda berikan pada kondisi semacam itu.

Masalah yang Anda Ambil Sebagai Bahan Penelitian

Potret Permasalahan Pendidikan Sebagai Bahan Penelitian

Potret Permasalahan Pendidikan Sebagai Bahan Penelitian

Dalam kehidupan sehari – hari tidak ada satupun yang terlepas dari masalah, termasuk dunia pendidikan yang ada di sekitar kita. Sebenarnya banyak sekali masalah yang perlu ditangani, namun sayangnya masih banyak yang tidak peduli dan acuh tak acuh.

Jika anda peka dengan lingkungan pendidikan yang ada di sekitar anda, pasti sangat mudah untuk menemukan masalah – masalah yang sudah kronis istilahnya. Contohnya saja pengaruh tempat belajar mengajar terhadap produktivitas siswa dalam belajar. Jika anda mampu mengadoptasi masalah semacam itu menjadi judul yang unik dan menarik, pasti akan banyak penasaran dengan hasil penelitian anda tersebut.

Tidak perlu jauh – jauh dalam menentukan tempat penelitian, carilah saja di lingkungan sekitar anda, pasti terdapat banyak kekurangan yang belum tertangani dengan baik, atau memang sudah tidak dihiraukan lagi. Dengan begitu mungkin saja anda bisa membantu mengatasi masalah yang terjadi dan tidak hanya sekedar jadi karya penelitian sebagai syarat kelulusan semata.

Pemahaman Pada Tema Penelitian yang Anda Ambil

Sudah sewajarnya jika anda melakukan studi dan penelitian terhadap suatu masalah, seharusnya anda sudah paham betul terhadap hal – hal yang berhubungan dengan masalah tersebut. Materi sebagai bahan penunjang pun wajib anda pahami. Tidak boleh asal – asalan dalam mengumpulkan materi yang dibutuhkan, karena dengan adanya materi yang cukup, maka penelitian anda bisa dipertanggung jawabkan dengan penjelasan – penjelasan yang ada sebelumnya.

Pasalnya jika anda tidak paham sama sekali dengan masalah yang akan anda teliti, pasti akan banyak menemui hambatan dan kesulitan pada saat penelitian berlangsung. Hal tersebut tentu saja akan menurunkan semangat yang ada dalam diri anda. Hasilnya pun tidak akan maksimal karena jauh dari kata produktif sobat. Jangan anggap remeh tentang pemahaman pada tema penelitian.

Solusi yang Bisa Anda Pecahkan Sehingga Bisa Terealisasi

Temukan Solusi Saat Penelitian

Temukan Solusi Saat Penelitian

Penelitian yang baik hendaknya tidak hanya isapan jempol semata sobat. Sebaiknya berbagai masalah yang anda temukan saat proses penelitian, alangkah baiknya bisa mendapatkan solusi dan penanganan yang tepat. Sehingga penelitian yang anda lakukan bisa bermanfaat bagi dunia pendidikan di sekitar anda sobat.

Tujuan dari penelitian sendiri memang tidak hanya sebagai syarat kelulusan semata, melainkan mempunyai pesan tersirat sehingga bisa membuat anda semua menjadi pribadi yang bermanfaat bagi lingkungan masyarakat luas. Karena pada dasarnya di setiap penelitian seharusnya ada hasil yang bisa dinikmati. Sangat disayangkan jika penelitian hanya tertulis di atas kertas dan tidak membawa manfaat sobat.

Hasil Akhir Sesuai dengan Perencanaan Awal

Sukses atau tidaknya sebuah penelitian tidak hanya ditentukan pada prosesnya saja sobat. Namun hasil akhir yang anda susun akan sangat menentukan kualitas dari penelitian yang anda buat sobat. Jangan lupa untuk melakukan koreksi mulai dari awal sampai akhir untuk memastikan bahwasannya hasil penulisan anda sudah tidak ada kesalahan sehingga kualitasnya pun bisa anda jaga.

Bisa diambil kesimpulan bahwasannya untuk menghasilkan karya penelitian yang baik seperti halnya tesis manajemen pendidikan, maka anda wajib memperhatikan berbagai aspek yang mendukungnya. Dengan begitu keinginan anda untuk membuat tesis berkualitas akan bisa terwujud dan bermanfaat bagi kehidupan banyak orang.

Sampai disini pembahasan pada kesempatan kali ini mengenai tesis manajemen pendidikan. Sedikit informasi yang bisa penulis sampaikan di atas semoga bisa membawa banyak manfaat bagi anda semua ya sobat. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan sedikit waktunya untuk membaca semua penjelasan kali ini. Salam hangt selalu dari penulis.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.