5 Contoh Surat Kontrak Kerjasama Perusahaan Dan Perseorangan

Makalah.id – Apakah anda sudah tahu mengenai apa saja surat yang tergolong contoh surat kontrak kerjasama? Namun sebelum membahas mengenai contohnya, kami ingin memberikan penjelasan mengenai definisi atau pengertian dari surat tersebut yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja Yang Baik dan Format Penulisan yang Benar dan juga Contoh Surat Perjanjian Kerjasama dan Syarat Membuatnya.

Surat kontrak kerjasama adalah sebuah surat resmi yang dibuat baik oleh perseorangan maupun juga perusahaan yang mana di dalam surat ini berisi tentang pernyataan bahwa dua orang maupun lebih telah sepakat untuk melakukan kerjasama dalam waktu tertentu mengenai hal-hal tertentu, baik berupa kerjasama yang berhubungan dengan barang atau jasa. Membuat contoh surat kontrak kerjasama bukanlah merupakan hal yang sulit asalkan anda benar-benar paham mengenai apa saja yang harus anda tuangkan di dalam surat tersebut.

Contoh Surat Kontrak Kerjasama

Contoh Surat Kontrak Kerjasama

Surat Kontrak Kerjasama

Sebenarnya format atau bentuk dari surat ini tidak jauh berbeda dengan surat resmi pada umumnya dimana harus ada kop surat, nomor, perihal, dan pihak-pihak yang telah sepakat untuk melakukan kerjasama dalam jangka waktu tertentu.

Biasanya, pembuatan surat kontrak kerjasama ini akan dilakukan secara berkala. Artinya, jika kerjasama yang telah dijalin memberikan banyak keuntungan dari kedua belah pihak, maka surat ini kemungkinan besar akan diperbarui lagi di masa yang akan datang dengan jangka waktu yang mungkin bisa lebih lama.

Di dalam surat kontrak kerjasama, harus tercantum secara jelas mengenai pihak-pihak yang melakukan kerjasama yang nantinya akan disebut sebagai pihak pertama dan juga pihak kedua. Selain itu, surat kontrak kerjasama ini juga harus memberikan penjelasan secara jelas bahwa kedua belah pihak telah sepakat dan setuju untuk melakukan kerjasama dalam jangka waktu yang telah ditentukan sesuai dengan yang tertuang di dalam surat tersebut.

Dan juga biasanya surat ini akan berisi tentang apa saja hak dan kewajiban serta konsekuensi yang harus dihadapi oleh kedua belah pihak yang telah bersepakat mengenai kontrak kerjasama tersebut.

1. Contoh Surat kontrak kerjasama perusahaan

Contoh surat kontrak kerjasama perusahaan

Contoh surat kontrak kerjasama perusahaan

contoh surat kontrak kerjasama perusahaan

PT. KENCANA AYU TIRTA SARI

Jalan Kenangan Indah Bersamamu, No. 111, Jakarta

Telp. (021) 098765. Fax. (021) 098765

Website: kencanaayutirtasari.com. Emai: [email protected]

 

SURAT KONTRAK KERJASAMA

No. 15.12./skk/12/2018

Pada tanggal 28 Desember 2018, kami yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Mukhammad Andika Babang Tamvan

Jabatan: HRD

Alamat: Jl. Gondangwaru, No. 21, Kecamatan Suka Maju, Kabupaten Suka Mundur

Selanjutnya akan mewakili PT. Kencana Ayu Tirta Sari dan akan disebut sebagai Pihak Pertama.

Nama: Mukhammad Babang Andika Kangen Band

Pekerjaan: Karyawan

Alamat: Jalan. Kau, Aku, dan Dia. No 15. Jakarta

Kedua belah pihak telah menyatakan bahwa sepakat untuk melakukan kontrak kerjasama seperti dengan ketentuan-ketentuan yang akan dijelaskan pada poin-poin berikut:

PASAL I

HAK DAN KEWAJIBAN YANG HARUS DIPENUHI

  • Pihak Pertama berhak mendapatkan kontribusi yang harus diberikan oleh Pihak Kedua yakni berupa tenaganya untuk mengerjakan sesuai dengan jabatan yang diemban atau yang diberikan.
  • Pihak Pertama juga berhak menerapkan aturan dan ketentuan kepada Pihak Kedua demi memajukan dan meningkatkan kinerja para karyawan yang bekerja di PT. Kencana Ayu Tirta Sari.
  • Pihak Pihak memiliki hak penuh untuk mengikutkan Pihak Kedua ketika ada kesempatan untuk mengikuti pelatihan demi meningkatkan kinerja karyawan asalkan tidak bertentangan dengan waktu Pihak Kedua bersama keluarga.
  • Pihak Pertama wajib memenuhi kewajiban yakni memberikan gaji kepada Pihak Kedua sesuai dengan ketentuan perusahaan mengenai gaji untuk karyawan.
  • Pihak Pertama berkewajiban untuk memberikan bonus kepada Pihak Kedua jika dikemudian hari ia menjadi karyawan yang berprestasi yang dapat memajukan dan meningkatkan pendapatan dari perusahaan.
  • Pihak Pertama juga berkewajiban untuk membayar segala biaya kompensasi ketika sewaktu-waktu Pihak Kedua mengalami kecelakan pada saat menjalankan tugasnya yang berhubungan dengan perusahaan.

PASAL II

KONSEKSUENSI KONTRAK KERJASAMA

Kedua belah pihak telah bersepakat bahwa jika dikemudian hari tidak menjalankan hak dan kewajiban sesuai dengan tercantum pada pasal I, maka pihak yang secara jelas dirugikan berhak menuntut ganti rugi kepada pihak yang merugikan, baik berupa materi maupun kontribusi yang lebih.

Demikian surat kontrak kerjasama ini dibuat agar supaya bisa digunakan sebagaimana mestinya.

2. Contoh surat kontrak kerjasama singkat

Contoh surat kontrak kerjasama singkat

Contoh surat kontrak kerjasama singkat

contoh surat kontrak kerjasama singkat

SURAT KONTRAK KERJASAMA

Pada tanggal 28 Desember 2018, kami yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Mukhammad Andika Babang Tamvan

Jabatan: Pengusaha

Alamat: Jl. Gondangwaru, No. 21, Kecamatan Suka Maju, Kabupaten Suka Mundur

Selanjutnya akan mewakili PT. Kencana Ayu Tirta Sari dan akan disebut sebagai Pihak Pertama.

Nama: Mukhammad Babang Andika Kangen Band

Pekerjaan: Pengusaha

Alamat: Jalan. Kau, Aku, dan Dia. No 15. Jakarta

Kedua belah pihak telah bersepakat untuk melakukan produksi bersama berupa pupuk urea dan kompos dalam jangka waktu 6 bulan. Jika selama jangka waktu tersebut, ternyata usahanya mendapatkan banyak keuntungan, maka kerjasama yang dilakukan bisa diperpanjang minimal sampai 6 bulan lagi.

Kedua belah pihak juga telah sepakat bahwa pembagian laba dari kerjasama yang dilakukan yakni sebesar 60% untuk Pihak Pertama dan 40% untuk Pihak Kedua.

Demikian surat kontrak kerjasama ini dibuat dan telah ditandatangani oleh kedua belah pihak dengan sadar dan tanpa ada paksaan.

Pihak Pertama                                                                                            Pihak Kedua

 

Mukhammad Andika Babang Tamvan                                                 Mukhammad Babang Andika Kangen Band

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai contoh surat kontrak kerjasama. Kami juga menyarankan agar anda mempelajari informasi lainnya yang sudah kami siapkan yakni Contoh MOU Kerja Perusahaan dan Sponsorship (Berikut Contoh Surat). Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.