5 Contoh Surat Kesepakatan Bersama Hak Asuh Anak, Penyerahan, Pembagian Hadiah

Makalah.id – Apakah anda pernah mendapat tugas untuk membuat sebuah contoh surat kesepakatan bersama? Pada dasarnya surat kesepakatan bersama merupakan sebuah surat yang dibuat oleh individu ataupun kelompok dimana surat ini digunakan sebagai solusi dalam menyelesaikan sebuah permasalahan atau perselisihan yang terjadi di antara dua kelompok.

Untuk itulah contoh surat kesepakatan bersama perlu dibuat karena nantinya akan dijadikan sebagai bukti dan solusi ketika timbul kembali suatu permasalahan atu perselisihan tersebut. Mengapa kita perlu membuat surat ini? Alasannya sangat sederhana kerena jika kita hanya bermodal menyelesaikan masalah melalui lisan, besar kemungkinan masalah tersebut akan terulang dikemudian hari yang hanya akan menyita waktu serta merugikan salah satu pihak atau bahkan kedua belah pihak tersebut.

Contoh Surat Kesepakatan Bersama

Contoh Surat Kesepakatan Bersama

Tujuan dari pembuatan surat kesepakatan bersama ini adalah sebagai bukti yang bersifat mengikat antara kedua belah pihak agar supaya diantara pihak yang berjanji tadi tidak akan ada yang berusaha untuk mengingkari janji atau kesepatakan yang telah dibuat karena sebelumnya semua hal tersebut sudah tertuang di dalam surat kesepakatan bersama yang dibuat.

Perlu anda tahu bahwa di dalam membuat surat kesepakatan bersama anda tidak bisa sembarangan menentukan seperti apa bahasa yang akan anda gunakan. Anda tidak boleh dan sangat dilarang untuk membuat bahasa yang bersifat informal atau menggunakan kata seperti “Gue” atau “Lu”, melainkan anda harus patuh terhadap kaidah – kaidah yang harus anda perhatikan di dalam membuat surat resmi.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada anda semuanya mengenai seperti apa contoh surat kesepakatan bersama yang harus anda ketahui agar supaya informasi ini kedepannya bisa anda jadikan sebagai referensi untuk membuat sebuah surat kesepakatan bersama versi anda sendiri.

Contoh Surat Kesepatakan Bersama

Di bawah ini merupakan beberapa contoh surat kesepakatan bersama yang bisa anda pelajari dan kemudian anda bisa jadikan sebagai rujukan anda untuk bisa membuat surat kesepakatan bersama yang lebih baik dengan versi anda sendiri.

1. Contoh Surat Kesepakatan Bersama Dalam Hak Asuh Anak

contoh surat kesepatakan bersama dalam hak asuh anak

SURAT KESEPAKATAN BERSAMA

Yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama                                    : Rina Rosdiana Ratu Ular
Tempat, Tanggal Lahir    : Jakarta Utara, 30 Januari 1977
Alamat                                  : Jl. Kucing Garong No. 20 Jakarta Utara
Pekerjaan                           : PNS (Pegawai Negeri Sipil)
Nomor Telepon                  : 09882020111
Untuk selanjutnya disebut dan berperan sebagai Pihak Pertama.

Nama                                    : Muhamamad Sodron Cilok
Tempat, Tanggal Lahir    : Jakarta Utara, 30 Desember 1969
Alamat                                  : Jl. Kucing Garong No. 20 Jakarta Utara
Pekerjaan                            : PNS (Pegawai Negeri Sipil)
Nomor Telepon                  : 09882020222
Untuk selanjutnya disebut dan berperan sebagai Pihak Kedua.

Dengan dibuatnya surat ini maka menandakan bahwa kami telah setuju dan juga telah saling sepakat untuk mengikatkan diri di dalam Surat Kesepakatan Bersama tersebut  yang terlebih akan memberikan penjelasan seperti sebagai berikut.

  1. Pihak Pertama maupun juga Pihak Kedua telah secara resmi bercerai pada hari Sabtu, tanggal 10 Mei 2017. Dan dari hasil pernikahan telah dikaruniai seorang anak yangbernama Andra Damian Fahlevi yang lahir pada hari Jumat, 12 Oktober 2012.
  2. Surat ini juga menjelaskan bahwa pihak Kedua terlalu sibuk bekerja, sering keluar kota dan juga jarang pulang ke rumah.
  3. Mengingat point ke dua diatas, maka dari itu kedua belah pihak telah sepakat dan satu suara untuk menyerahkan hak asuh anak kepada Pihak Pertama, dengan menimbang usia anak yang memang masih balita dan juga memang masih sangat membutuhkan kasih sayang dari ibunya.
  4. Kedua belah pihak juga telah satu suara dan sepakat bahwa Pihak Kedua masih tetap akan memberikan nafkah serta tetap membiayai sekolah serta beberapa keperluan lainnya untuk anak tersebut sampai pada waktu anak tersebut memiliki pekerjaan yang layak dengan memberikan uang sebesar Rp. 10.000.000 (sepuluh juta rupiah) setiap bulannnya.

Demikian surat pernyataan kesepakatan bersama dibua dan dalam keadaan sadar tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

 

Bandung, 28 Mei 2017

Pihak Kedua                                                                                                               Pihak Pertama

 

Muhamamad Sodron Cilok                                                                                      Rina Rosdiana Ratu Ular

 

Saksi – Saksi

1. Muhamamd Sugianto Tahu Krispi (…………………………………)

2. Roy Suryo Penjual Kaki Lima (………………………………….)

Contoh Surat Kesepakatan Bersama Dalam Hak Asuh Anak

Contoh Surat Kesepakatan Bersama Dalam Hak Asuh Anak

2. Contoh Surat Kesepakatan Bersama Dalam Pembagian Hadiah

contoh surat kesepakatan bersama dalam pembagian hadiah

SURAT KESEPAKATAN BERSAMA

Pada hari ini, Jumat tanggal 28 Mei 2017, telah terjadi kesepatakan yang dilakukan kedua belah pihak yang bertanda tangan atas nama:
Nama                                     : Roy Martin Si Cilok Bakar
No KTP                                 : 309978645001
Tempat, Tanggal Lahir     : Semarang, 30 Oktober 1970
Alamat                                  : Jalan Kucing Garong No. 89 Semarang
Selanjutnya disebut dan berperan sebagai Pihak Pertama serta menjadi perwakilan dari RW 3.

Nama                                    : Muhamamad Sodron Cilok
Tempat, Tanggal Lahir    : Jakarta Utara, 30 Desember 1969
Alamat                                  : Jl. Kucing Garong No. 25 Jakarta Utara
Pekerjaan                            : PNS (Pegawai Negeri Sipil)
Nomor Telepon                  : 09882020222
Untuk selanjutnya disebut dan berperan sebagai Pihak Kedua yang juga mewakilil RT 5.

Dengan dibuatnya surat kesepatakan ini, maka kedua belah pihak telah bersepakat dan satu suara bahwa hadiah menteri sebesar Rp. 10.000.000 (Sepuluh Juta Rupiah) yang telah diberikan dalam rangka memenangkan lomba cerdas cermat yang diselenggarakan pada tanggal 15 Mei 2017 yang mana lomba tersebut diikuti oleh tim merah yang merupakan kolaborasi RW 3 dan RW 5 Kelurahan Moro Sayang Jakarta Utara, akan dibagi dua sama rata, yakni masing – masing RW akan mendapatkan sebesar Rp. 5.000.000 yang kemudian nanti akan dimasukkan ke dalam kas RW guna kepentingan masyarakat bersama.

Demikian surat pernyataan kesepakatan bersama dibua dan dalam keadaan sadar tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

 

Bandung, 28 Mei 2016

Pihak Pertama                                                                                                       Pihak Kedua

 

Roy Martin Si Cilok Bakar                                                                                 Muhamamad Sodron Cilok

 

Saksi – Saksi

Saksi I                                                   Saksi II                                                 Saksi III

 

Teuku Tengku                                Meisya Malang Nasibmu                      Faris Ramadan

Contoh Surat Kesepakatan Bersama Dalam Pembagian Hadiah

Contoh Surat Kesepakatan Bersama Dalam Pembagian Hadiah

Demikian informasi dari kami tentang contoh surat kesepakatan bersama. Kami juga menganjurkan anda untuk membaca perihal informasi lainnya yakni contoh surat permintaan penawaran dan format penulisan berita acara yang benar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.