5 Cara Menulis Kutipan Dari Buku Dan Jurnal

Makalah.id – Tahukah anda bagaimana cara menulis kutipan yang benar sesuai dengan kaidah penulisan yang berlaku saat ini? Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai hal tersebut, terlebih dahulu kami akan memberikan penjelasan anda mengenai Kumpulan Judul Skripsi Manajemen Keuangan Terbaru 2017 dan juga 150++ Contoh Judul Skripsi Akuntansi Perpajakan S1 Terbaru.

Sebuah karya tulis yang menggunakan metode ilmiah seperti misalnya skripsi atau juga thesis tentu memerlukan berbagai macam data yang nantinya akan digunakan sebagai penguat penelitian atau isu yang kita angkat. Data yang nantinya akan anda gunakan bisa berasal dari teori yang dikemukana para ahli, penelitian sebelumnya, maupun juga berdasarkan fakta atau fenomena yang ada. Oleh sebab itu, anda perlu mempelajari mengenai bagaimana cara menulis kutipan yang benar yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Cara Menulis Kutipan

Cara Menulis Kutipan

Cara Menulis Kutipan

Sebenarnya terdapat dua cara pengutipan yang saat ini sudah diakui baik oleh nasional maupun juga internasional. Yang pertama adalah mengutip dengan menggunakan gaya APA atau American Psychological Style, dan juga menggunakan gaya MLA atau Modern Language Association.

Kedua gaya kutipan tersebut sudah digunakan oleh hampir semua skripsi, thesis, disertai, maupun karya tulis ilmiah lainnya. Maka dari itu di bawah ini kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara mengutip yang benar dengan menggunakan gaya APA dan MLA yang bisa anda gunakan ketika anda mengutip dari buku maupun juga jurnal.

1. Cara menulis kutipan dengan memasukkan nama penulis di dalam kurung

Cara pertama yang bisa anda lakukan ketika anda ingin mengutip suatu pendapat yang berasal dari buku maupun yang berasal dari jurnal adalah dengan memasukkan nama penulis tersebut ke dalam kurung. Yang harus anda perhatikan adalah anda harus memisahkan nama penulis dan juga tahun publikasi dengan menggunakan tanda koma.

Selain itu, anda juga bisa menambahkannya dengan menggunakan huruf p atau juga pp yang akan berguna untuk membantu dalam memperjelas kutipan yang ada pada buku, paraphrase, maupun juga ringkasan. Salah satu contoh yang bisa anda perhatikan adalah seperti Fotosintesis adalah proses yang terjadi pada daun untuk menghasilkan makanan hasil dari proses kimiawi yang terjadi di dalamnya (Nugraha, 1995, p. 17).

2. Cara menulis kutipan dengan memasukkan nama penulis di dalam pembahasan

Cara menulis kutipan dengan memasukkan nama penulis di dalam pembahasan

Cara menulis kutipan dengan memasukkan nama penulis di dalam pembahasan

Cara kedua yang juga bisa anda lakukan ketika anda ingin mengutip suatu pendapat adalah dengan memasukkan nama penulis yang bersangkutan di dalam pembahasan itu sendiri. Namun anda juga jangan sampai lupa bahwa anda harus menambahkan tahun yang nantinya anda tuliskan di dalam tanda kurung setelah anda menuliskan nama penulis.

Dan juga di dalam beberapa thesis atau skripsi atau karya ilmiah lainnya juga biasanya disarankan untuk sekaligus menambahkan nomor halaman yang akan anda tuliskan pada bagian belakang. Ada dua contoh cara penulisan kutipan yang mencantumkan nama penulis di dalam pembahasan seperti Menurut Nugraha (1995), Fotosintesis adalah proses kimiawi yang terjadi di dalam daun untuk menghasilkan makanan (p. 17) dan juga Menurut Ichwan (1989), Skimming adalah teknik membaca cepat dengan hanya melihat sekilas saja untuk mendapatkan informasi dalam waktu yang cepat.

3. Cara menulis kutipan dengan dua penulis yang berbeda

Ada pertanyaan yang muncul mengenai bagaimana jika kita ingin mengutip dua penulis yang berbeda? Sebenarnya untuk menjawab hal tersebut mudah dimana nantinya anda harus mencantumkan nama pengarang ke dalam kutipan tersebut dan kemudian anda harus memisahkannya dengan menggunakan tanda ampersand atau yang ditulis dengan simbol (&).

Namun sebaliknya, jika misalnya anda ingin memasukkan kedua penulis tersebut kedalam suatu pembahasan, maka yang harus anda lakukan adalah dengan memisahkannya menggunakan kata penghubung dan. Di bawah ini merupakan contoh yang bisa anda pahami untuk nantinya membantu anda jika harus mengutip dua penulis yang berbeda.

  1. Fakta telah membuktikan bahwa pria yang sudah menikah memiliki penghasilan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pria yang belum menikah (Nat & Lee, 2011).
  2. Menurut Natasya dan Andika (2001), Penghasilan yang didapat akan mempengaruhi orang tersebut di dalam menentukan pasangan hidup.

4. Cara menulis kutipan dengan 3 penulis atau lebih

Mungkin anda sering menemukan sebuah kutipan yang di dalamnya berisi tiga atau bahkan lebih penulis sehingga akan membuat anda bingung untuk menulis kutipan secara benar. Namun anda jangan khawatir karena kami akan memberikan penjelasan kepada anda mengenai bagaimana cara menulis kutipan yang di dalamnya terdapat 3 penuis maupun lebih.

Yang harus anda lakukan adalah dengan menulis semua penulis atau pengarang tersebut sesuai abjad dan kemudian anda harus memisahkannya dengan menggunakan tanda koma. Selain itu, anda juga bisa menggunakan tanda et al yang mana artinya adalah yang lainnya atau lainnya.

Di bawah ini kami akan berikan dua contoh mengenai bagaimana cara mengutip dengan 3 penulis atau juga lebih:

  1. Andi, Munandar, Nyoman, dan Rizaldi (2000) berpendapat bahwa kesusksesan seseorang ditentukan oleh kemauan kuat yang berasal dari dirinya sendiri.
  2. Menurut Andi et al. (2000), kesusksesan seseorang ditentukan oleh kemauan kuat yang berasal dari dirinya sendiri.

5. Cara mengutip dengan 6 penulis atau lebih

Cara mengutip yang harus anda lakukan adalah anda hanya perlu menuliskan nama penulis pertama dan kemudian anda tambahkan tanda et al.

Cara mengutip dengan 6 penulis atau lebih

Cara mengutip dengan 6 penulis atau lebih

Adapun contohnya adalah seperti di bawah ini:

  1. Anastasya et al. (2010) “Pendidikan karakter untuk anak usia dini akan membantu anak tersebut  untuk memiliki karakter di masa remaja.”
  2. “Pendidikan karakter untuk anak usia dini akan membantu anak tersebut  untuk memiliki karakter di masa remaja.” (Anastasya et al, 2010).

Demikian informasi mengenai cara menulis kutipan. Kami juga menyarankan anda mendapatkan informasi lainnya yaitu Contoh Kata Pengantar Buku | Novel, Biografi, Diktat, Panduan, Cerita.

 

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.