4 Surat Perjanjian Kontrak Rumah dan Sewa Yang Paling Baru

Makalah.id – Membuat surat perjanjian kontrak rumah memang sangat diperlukan bagi anda yang ingin sedang berbisnis kontarakan rumah atau anda yang ingin mengontrak sebuah rumah tentu membutuhkan sebuah perjanjian bukan hanya berupa lisan, namun juga berupa tulisan karena nanti akan dijadikan sebagai bukti.

Surat ini nantinya akan dijadikan sebagai bagian dari kesepakatan atau perjanjian yang telah dilakukan oleh kedua belah pihak dimana nanti ada yang berperan sebagai pihak pertama yakni pemilik rumah dan pihak kedua yang berperan sebagai seseorang yang menyewa atau mengontrak rumah. Mungkin anda bertanya mengapa kita perlu membuat surat perjanjian kontrak rumah? Jawabannya sangat sederhana karena surat ini nanti akan menjelaskan mulai dan sampai kapan anda menempati rumah tersebut.

Surat Perjanjian Kontrak Rumah

Surat Perjanjian Kontrak Rumah

Selain itu, dengan membuat surat perjanjian kontrak rumah ini nanti baik penyewa ataupun orang yang memiliki rumah akan memiliki kekuatan yang sama di mata hukum untuk memenuhi kewajiban serta hak – hak masing – masing sesuai dengan ketentuan atau aturan – aturan yang berlaku di dalam surat tersebut.

Jadi ketika salah satu pihak merasa dirugikan, maka ia bisa menempuh jalur hukum untuk menyelesaikan masalah atau perselisihan yang terjadi meksipun memang kejadian ini diketahui sangat jarang terjadi dimana kebanyakan kedua belah pihak telah paham dan telah sepakat untuk mematuhi ketentuan atau aturan – aturan yang berlaku di dalam surat perjanjian kontrak rumah yang telah dibuat.

Bagi anda yang ingin mengetahui seperti apa surat perjanjian kontrak rumah, maka di bawah ini akan kami berikan beberapa contoh yang nanti bisa anda jadikan sebagai bahan referensi untuk membuat surat perjanjian kontrak rumah yang lebih baik.

Surat Perjanjian Kontrak Rumah

Surat Perjanjian Kontrak Rumah

Surat Perjanjian Kontrak Rumah

Di bawah ini merupakan contoh dari surat perjanjian kontrak rumah yang bisa anda jadikan sebagai referensi:

surat perjanjian kontra rumah

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah Sederhana

Surat perjanjian ini menyatakan bahwa yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama               : Muhammad Andika Kangen Band
Nomer KTP     : 24582985892
Alamat             : Jl. Menuju Ridha Ilahi, Gang Surga Rt 03/05 No. 12, 12441. Semarang
Pekerjaan         : Karyawan Swasta
Telepon            : 087476459654

Selanjutnya akan disebut dan atas nama sebagai pihak perrtama atau pemilik rumah.

Nama               : Merry Munawarah Imut
Nomer KTP     : 57485957322
Alamat             : Jl. Gajah Duduk Rt 02/01, 57683. Jakarta Utara
Pekerjaan         : Mahasiswa
Telepon            : 087766064333

Selanjutnya akan disebut dan atas nama sebagai pihak kedua atau penyewa rumah.

Surat perjanjian sewa rumah ini telah dibuat dengan berdasarkan pada ketentuan – ketentuan yang telah diatur dalam 10 (sepuluh) pasal sebagai berikut:

Pasal 1

1. Rumah dengan alamat  di Jalan Menuju Ridha Ilalhi ini secara sah merupakan rumah milik Pihak pertama yang akan dikontrakkan kepada pihak kedua terhitung sejak tanggal 8 April 2018 sampai dengan 8 April 2019.

2. Pihak kedua telah melakukan pembayaran sebesar 70% kepada pihak pertama sebesar : Rp. 5.000.000 ( Tiga JutaRupiah ) untuk masa kontrak 3 ( Tiga Tahun).

Pasal 2

Menyatakan bahwa Pihak kedua memiliki kewajiban untuk memelihara serta menjaga bangunan sebaik-baiknya. Jika terdapat segala kerusakan yang timbul selama perjanjian yang telah dibuat, maka hal ini sudah menjadi kewajiban dari pihak kedua untuk melakukan perbaikan dan perbaikan dengan biaya sepenuhnya ditanggung oleh pihak kedua.

Pasal 3

Apabila segala bentuk kewajiban seperti yang telah disebutkan pada pasal 3 terbukti dan secara jelas telah dilalaikan oleh pihak kedua, maka pihak pertama berhak memberikan sanksi dengan cara mengurangi fasilitas yang ada. Dan pihak kedua wajib menyelesaikan sampai kondisi benda atau bagian yang rusak tersebut pulih seperti keadaan semula sebelum dikontrakan paling lambat berlaku selama 30 hari sebelum kontrak berakhir.

Pasal 4

Menyatakan bahwa jika kerusakan yang ditimbulkan bukan merupakan kesalahan atau perbuatan dari pihak kedua, maka segala bentuk perbaikan serta biaya yang dikeluarkan merupakan tanggung jawab secara penuh yang wajib diselesaikan oleh pihak pertama.

Pasal 5

Menyatakan bahwa segela bentuk tanggungan listrik serta air PDAM, secara penuh merupakan tanggung jawab dari pihak kedua dan harus menyerahkan bukti pembayaran listrik dan PDAM kepada pihak pertama sebagai bukti bahwa pihak kedua telah membayar biaya listrik dan PDAM.

Pasal 6

Menyatakan bahwa pihak kedua telah bersedia untuk mematuhi segala peraturan yang berlaku di daerah dimana ia menyewa rumah dimana ia tidak boleh melakukan segala perbuatan yang melanggar ketentuan atau peraturan yang sudah berlaku di daerah tersebut secara khusus dan berlaku di negara Indonesia secara umum.

Pasal 7

Menyatakan bahwa pihak kedua wajib mengembalikan rumah seperti kondisi sebelum disewakan yaitu dengan cara mengosongkan segala barang – barang yang sebelumnya tidak ada di rumah tersebut, kecuali jika mendapatkan izin dari pihak pertama.

Pasal 8

Menyatakan bahwa pihak kedua wajib melapor kepada pihak pertama jika ingin melakukan pembaharuan sewa rumah tersebut.

Pasal 9

Menyatakan bahwa pihak kedua bersedia untuk mendapatkan sanksi yang berlaku di negara Indonesia jika ia terbukti melakukan perbuatan yang melanggar peraturan daerah atau peraturan perundang – undangan yang berlaku di Indonesia.

Demikianlah surat perjanjian ini dibuat dan ditandatangani tanpa adanya intervensi dari pihak manapun.

Dibuat di : Bandung
Tanggal   : 15 April 2016

Pihak Pertama                                                                           Pihak Kedua

( Muhammad Andika Kangen Band)                                 ( Merry Munawarah Imut)

Saksi

( Antonia Zahra )

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah Sederhana

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah Sederhana

Itulah yang bisa kami sampaikan tentang surat perjanjian kontrak rumah, semoga bisa menjadi bahan referensi untuk anda. Masih berhubungan dengan surat, kami menyarankan anda untuk membaca contoh surat pernyataan keaslian skripsi dan contoh mou kerja perusahaan dan sponsorhip.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semuanya. Terimakasih.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.