4 Komponen Penting dalam Membuat Tesis Manajemen Sumber Daya Manusia

Makalah.id РTesis manajemen sumber daya manusia banyak ditemukan di internet dengan sangat mudah sobat. Namun untuk kualitasnya sendiri tidak bisa diandalkan sobat, karena tesis sendiri akan jauh lebih baik jika dikerjakan oleh tangan dan pemikiran sendiri. Untuk menyusun tesis manajemen sumber daya manusia berbeda dengan skripsi manajemen sumber daya manusia sobat. Karena pembahasan tentu saja akan lebih detail.

Tesis Manajemen Sumber Daya Manusia

Tesis Manajemen Sumber Daya Manusia

Proses penyusunan tesis manajemen sumber daya manusia agar mendapatkan hasil yang baik tentu saja harus memperhatikan beberapa faktor yang mendukungnya sobat. Komponen yang mendukung ini biasanya banyak dikesampingkan. Mahasiswa cenderung fokus pada penelitian dan isi tesis tersebut. Nah untuk lebih jelasnya mengetahui komponen yang harus diperhatikan, anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini dengan seksama :

Buatlah Judul yang Tidak Pasaran dan Unik

Pemilihan Judul Sangat Penting

Pemilihan Judul Sangat Penting

Penentuan judul pada setiap tesis akan sangat menentukan kualitas dari isi yang anda buat sobat. Jika anda mengambil judul yang pasaran, penelitian anda menjadi kurang menarik sobat. Kualitasnya dari isinya pun sudah bisa ditebak. Judul yang pasaran sebagian besar juga akan ditolak oleh pembimbing anda. Jadi daripada anda membuang – buang waktu untuk hal yang tidak perlu, lebih baik anda mencoba tantangan baru dengan membuat judul unik yang belum pernah ada. Pasti akan banyak ketertarikan dari berbagai kalangan termasuk dosen pembimbing dan dosen penguji nantinya. Kreatifitas anda juga menjadi semakin terasah dan terbiasa dengan tantangan – tantangan baru. Hal ini akan memberikan pengaruh besar saat anda terjun di masyarakat secara langsung.

Pastikan Tesis Anda Lolos Copyscape atau Plagiarism

Wajib Lolos Plagiat

Wajib Lolos Plagiat

Tulisan dengan status plagiat tidak akan dilirik sama sekali oleh pembaca sobat. Saat diupload ke internet, maka pencarian yang dilakukan oleh orang lain tidak akan muncul karena karya tulis anda merupakan hasil copy paste karya orang lain. Anda juga jangan main – main dengan tesis yang anda buat. Karena sekarang ini sudah ada aplikasi khusus yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan apakah karya anda plagiat atau tidaknya. Jika hal tersebut sampai ketauan dosen pembimbing atau pun dosen penguji, maka kekecewaan pun akan membuat dosen pembimbing dan dosen penguji kurang respon terhadap anda. Anda sudah pasti dicap sebagai plagiat. Kemungkinan terburuknya anda diminta untuk menyusun tesis di tahun depannya.

Hindari Penulisan Typo Pada Tesis Anda

Hindari Penulisan yang Typo

Hindari Penulisan yang Typo\

Penulisan typo memang sulit untuk dihindari, apalagi saat penulisan dilakukan dalam kondisi kepepet seperti dikejar deadline. Nah untuk menghindari hal tersebut terjadi pada anda, ada baiknya anda mencoba menghilangkan kebiasaan menunda – nunda pekerjaan sobat. Kebiasaan ini nantinya akan membuat anda sering terjebak pada kondisi yang sulit. Contohnya saja saat pengerjaan tesis manajeman sumber daya manusia ini. Saat deadline semakin dekat dan anda santai – santai saja, sisa waktu yang sedikit akan membuat anda menjadi terburu – buru mengerjakan pengetikannya. Ujung – ujungnya tidak sempat untuk melakukan pengecakan ulang.

Berbeda cerita jika anda selalu disiplin dan memanfaatkan waktu dengan sebaik – baiknya. Anda mengerjakan tesis bisa santai karena waktu yang ada anda manfaatkan dengan baik. Saat proses pengetikan pun anda bisa tenang dan tidak terburu – buru. Kata demi kata yang anda tulisan bisa diperhatikan dengan baik, sehingga hasil yang didapatkan pun bisa minim typo. Belum lagi anda masih punya waktu buat mengecek kembali semua tulisan anda tersebut. Membaca halaman demi halaman secara teliti, akan membantu menurunkan resiko typo.

Pastikan Penelitan Anda Tidak Manipulatif

Tahukah anda penelitian manipulatif yang anda buat tidak ada manfaatnya bagi diri anda sendiri ataupun orang lain. Pembuatan tesis bertujuan untuk menggali kemampuan dan memberikan anda pengalaman sehingga menemukan ilmu – ilmu baru yang bisa diterapkan di kehidupan nyata. Apa gunanya penelitian jika tidak membawa manfaat bagi orang lain?

Penelitian yang manipulatif akan mudah diketahui saat penguji menggali semua informasi kepada anda sobat. Gesture tubuh dan raut muka anda juga akan terlihat jelas menyembunyikan sesuatu. Selain itu anda sama saja tidak menghargai dan merendahkan diri sendiri. Sebenarnya anda mampu tapi tidak malas untuk memaksimalkan kemampuan anda tersebut. Jika perbuatan manipulatif anda tidak diketahui dan lolos, di masa yang akan datang juga tidak membawa keberkahan untuk anda sendiri sobat. Anda akan merugi telah menyia – nyiakan waktu belajar anda yang sebenarnya bisa digunakan untuk hal – hal yang bermanfaat. Pendidikan yang anda tempuh pun akan terasa sia – sia belaka.

Bisa diambil kesimpulan pada pembahasan kali ini ialah untuk membuat tesis yang mempunyai kualitas baik, tentu saja tidak lepas dari berbagai komponen yang mendukungnya. Jadi anda harus memperhatikan segala aspek yang mendukung sobat.

Sampai disini dulu ya sobat ulasan yang bisa penulis bagikan untuk anda semua mengenai tesis manajemen sumber daya manusia. Penulis mempunyai harapan besar agar apa yang sudah penulis jelaskan di atas bisa membawa banyak manfaat bagi anda semua. Terima kasih sudah berkunjung dan salam hangat dari penulis.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.