4 Contoh Surat Perjanjian Kerja Perusahaan / Kantor

Makalah.id – Apakah anda tahu tentang seperti apa contoh surat perjanjian kerja? Sebenarnya surat ini tidak memiliki perbedaan yang terlalu jauh dengan Contoh Surat Kontrak Sesuai, Format dan Pengertian Yang Terbaru dan juga Contoh Surat Kontrak Kerja dan Cara Membuat Surat Kontrak karena di dalamnya berisi pernyataan yang dibuat oleh kedua belah pihak yang berhubungan dengan hubungan kerja dalam jangka waktu tertentu.

Membuat contoh surat perjanjian kerja sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan anda paham betul hal-hal yang harus anda cantumkan di dalam surat tersebut, khususnya mengenai jangka waktu dari perjanjian kerja yang dilakukan kedua pihak.

Untuk anda yang penasaran ingin mengetahui seperti apa contohnya, maka kami sarankan agar anda simak baik-baik penjelasan yang akan kami berikan di bawah ini.

Contoh Surat Perjanjian Kerja

Contoh Surat Perjanjian Kerja

Pengertian Surat Perjanjian Kerja

Pengertian Surat Perjanjian Kerja

Pengertian Surat Perjanjian Kerja

Surat perjanjian kerja adalah surat yang dibuat oleh seseorang atau perusahaan yang berkaitan dengan apa saja hak dan juga kewajiban yang harus dipenuhi oleh kedua belah pihak sesuai dengan ketentuan yang tercantum di dalam surat tersebut dan juga sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan.

Berdasarkan keterangan tersebut kita bisa tahu bahwa surat perjanjian kerja bukan hanya berisi tentang pernyataan semata, melainkan menjelaskan bahwa pada surat tersebut terdapat dua pihak yang nantinya akan disebut sebagai pihak pertama dan pihak kedua yang melakukan perjanjian dan sama-sama terikat terhadap perjanjian kerja. Dengan kata lain, salah satu ciri khas darisurat perjanjian kerja adalah adanya kedua pihak yang melakukan sebuah perjanjian kerja.

Namun, ada juga beberapa surat perjanjian kerja yang bukan hanya terdapat dua pihak yang melakukan perjanjian, namun juga ada pihak lain yang akan disebut sebagai pihak ketiga dan biasanya pihak ketiga ini hanya akan berperan sebagai mediator atau wasit yang akan menjadi orang yang dipercaya untuk menyelesaikan permasalahan yang dikhawatirkan terjadi diantara pihak pertama dan juga pihak kedua.

Membuat surat perjanjian di zaman sekarang memang sangat diperlukan karena sebagai tindakan antisipasi untuk mencegah perselisihan yang bisa saja terjadi di masa yang akan datang yang tentu saja bisa berpotensi merugikan salah satu pihak.

Contoh Surat Perjanjian Kerja Perusahaan

Di bawah ini kami akan menjelaskan kepada anda mengenai seperti apa contoh dari surat perjanjian kerja yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi untuk membuat surat perjanjian kerja versi anda sendiri.

Contoh Surat Perjanjian Kerja Perusahaan

Contoh Surat Perjanjian Kerja Perusahaan

contoh surat perjanjian kerja perusahaan

PERJANJIAN KERJA

Nomor: 25/SPK/IX/2018

Dengan surat ini pada hari Minggu tanggal 23 Desember 2019 kedua pihak telah sepakat untuk melakukan kontrak kerja. Adapun nama dari pihak tersebut yaitu:

Nama : Mukhammad Andika Kangen Band
Nama perusahaan : CV. Agung Jaya Kusuma
Alamat : Jl. Raya Agamis No. 55 Raja Gombal, Surabaya

Untuk selanjutnya berperan atas nama CV. Agung Jaya Kusuma dan akan disebut sebagai Pihak Pertama.

Nama     : Mukhammad Andika Rizaldi
No. KTP                : 898768u
Tempat & tanggal lahir : Semarang, 20 Juli 1985
Alamat                  : Jl. Kenari nomor 15 Surabaya
Jabatan                 : HRD
Pendidikan terakhir    : S1 Sumber Daya Manusia

Untuk selanjutnya berperan atas nama dirinya sendiri di dalam perjanjian kontrak kerja dan akan disebut dengan Pihak Kedua.

Kedua pihak telah menyatakan untuk sepakat mengenai surat perjanjian kontrak kerja dengan waktu tertentu berdasarkan ketentuan seperti berikut:

PASAL 1

PERNYATAAN UMUM

  1. Perusahaan CV. Agung Jaya Kusuma  sebagai Pihak Pertama yang berhak untuk menetapkan kebijakan dan juga peraturan dalam perusahaan. Pihak Pertama juga yang memiliki hak untuk menentukan pemutusan kerja ataupun melanjutkan kontrak kerja ini dengan Pihak Kedua yaitu Mukhammad Rizaldi Yusuf Setiawan.
  2. Pihak Pertama telah menerima Pihak Kedua sebagai karyawan dalam waktu tertentu di CV. Agung Jaya Kusuma yang berlokasi di Jl. Raya Agamis No. 55 Raja Gombal, Surabaya
  3. Pihak Kedua menyatakan bersedia menjadi karyawan penuh dalam posisinya sebagai HRD yang cakupan pekerjaannya akan dijelaskan pada pasal selanjutnya.
  4. Semua Pihak sepakat mematuhi semua isi perjanjian yang ada.

PASAL 2

WAKTU BERLAKUNYA SURAT KONTRAK KERJA

Surat perjanjian ini mulai berlaku tanggal 24 Desember 2019 dan secara otomatis Pihak Kedua telah menjadi karyawan tetap yang bekerja di CV. Agung Jaya Kusuma hingga 24 Desember 2024.

PASAL 3

HAK SERTA KEWAJIBAN 

Hak-hak yang diperoleh oleh Pihak Pertama seperti di bawah ini:

  1. Memperoleh pelayanan pekerjaan Pihak Kedua yaitu hasil pekerjaan sesuai dengan posisi yang dijabat oleh Pihak Kedua.
  2. Menetapkan peraturan dan ketetapan berkitan dengan CV. Agung Jaya Kusuma dan wajib dipatuhi oleh Pihak Kedua.
  3. Pihak Pertama berhak untuk menaikkan, menurunkan, maupun memindahkan posisi dari Pihak Kedua.
  4. Pihak Pertama berhak meningkatkan atau juga memotong bonus kerja dari Pihak Kedua jika terbukti lalai dalam melaksanakan tugasnya.

Sementara KEWAJIBAN yang harus dipenuhi oleh Pihak Pertama antara lain:

  1. Wajib memberikan hak-haknya kepada Pihak Kedua.
  2. Wajib memberikan bonus berupa materi jika Pihak Kedua secara terbukti telah berprestasi dan mengharumkan nama perusahaan.

Demikian perjanjian kontrak kerja yang dibuat dan ditandatangani secara sadar tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun.

Surabaya, 24 Desember 2018

PIHAK PERTAMA                                                                                                            PIHAK KEDUA

( .Mukhammad Andika Kangen Band )                                                                          (Mukhammad Andika Rizaldi)

Itulah penjelasan dari kami mengenai contoh surat perjanjian kerja. Semoga informasi ini dapat membantu anda di dalam membuat sebuah surat yang berkaitan dengan perjanjian kerja. Kami juga menawarkan agar anda juga membaca informasi yang sudah kami siapkan sebelumnya yaitu Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan Lengkap dengan Format Penulisan.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.