4 Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Motor Untuk Penjual Dan Pembeli

Makalah.id – Dalam melakukan sebuah pembelian sebuah barang yang memiliki harga yang mahal seperti halnya motor tentu kita membutuhkan sebuah contoh surat perjanjian jual beli motor yang nanti akan digunakan sebagai bukti bahwa pada waktu itu kita telah melakukan transasksi jual beli motor. Hal ini berguna untuk menghindari terjadinya perselisihan di kemudian hari.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada anda semuanya tentang pengertian dan seperti apa contoh surat perjanjian jual beli motor yang bisa anda jadikan sebagai bahan rujukan untuk nanti anda bisa membuat surat perjanjian anda sendiri.

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Motor

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Motor

Pengertian Surat Perjanjian Jual Beli Motor

Surat perjanjian jual beli motor merupakan sebuah surat yang dibuat untuk memberitahukan bahwa kedua belah pihak, yakni pihak penjual dan pembeli telah sepakat untuk melakukan transaksi jual beli motor di hari tertentu dengan harga yang harus disebutkan di dalam surat tersebut.

Di dalam pembuatan surat ini, anda harus memperhatikan beberapa hal seperti ketika anda membuat sebuah surat resmi karena memang surat perjanjian jual beli motor termasuk ke dalam surat resmi yang pastinya ada beberapa aturan atau ketentuan yang harus anda pahami dan ikuti di dalam membuat surat perjanjian jual beli motor.

Perlu anda tahu bahwa surat perjanjian jual beli motor kebanyakan digunakan dalam transaksi jual beli motor bekas karena kondisi motor yang akan kita beli bisa dikatakan 50:50, maka dari itu surat ini nantinya juga bisa berfungsi sebagai sebuah surat pernyataan yang harus ditandatangani oleh penjual yang menyatakan bahwa motor yang akan dijual tersebut benar – benar dalam kondisi yang baik.

Adapun mengenai syarat – syarat dan hal – hal yang harus dicantumkan dengan jelas di dalam surat tersebut adalah seperti di bawah ini:

  • Harus menyebutkan secara jelas nama dari pihak pertama atau dalam hal ini disebut dengan penjual.
  • Harus mencamtumkan secara jelas nama dari pihak kedua atau dalam surat perjanjian ini disebut sebagai pembeli.
  • Menyebutkan secara jelas mengenai objek motor yang dijual belikan beserta harga secara jelas.
  • Dan juga harus dicantumkan secara jelas mengenai transasksi pembayaran apakah dilakukan secara kontan atau menyicil atau pembayaran tersebut dilakukan melalui bank berupa transfer.
Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Motor

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Motor

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Motor

Di bawah ini akan kami berikan contoh surat perjanjian jual beli motor yang baik dan sesuai dengan ketentuan – ketentuan di dalam penulisan surat resmi:

SURAT PERJANJIAN JUAL BELI MOTOR

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

1. Nama: Muhammad Andika Kangen Band

Tempat tanggal lahir : Surabaya, 21 Agustus 1989

Alamat : Jalan menuju surgamu, No. 15 Keluarahan Jayabaya, Kota Surabaya

Pekerjaan : Wirausaha

Yang selanjutnya dalam surat perjanjian jual beli motor ini akan disebut dan berperan sebagai penjual.

 

2. Nama : Muhammad Andika Babang Tamvan

Tempat tanggal lahir : Surabaya, 15 Januari 1988

Alamat : Jalan menuju ridhamu agar selamat selalu, No. 28, Kelurahan Jeruk Nipis, Kota Surabaya

Pekerjaan : Wirausaha

Yang selanjutnya dalam surat perjanjian jual beli motor ini disebut dan berperan sebagai pembeli.

Dengan dibuatnya surat perjanjian ini, maka kedua belah pihak telah sepakat dan satu suara untuk melakukan transaksi jual beli motor, dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan seperti bawah ini:

PASAL 1

Menyatakan bahwa pihak penjual telah menjamin bahwa satu (1) unit motor yang dijual tersebut adalah benar – benar dan secara sah milik pihak penjual dan motor tersebut tidak sedang dalam jaminan dari pihak ketiga.

PASAL 2

Menyatakan bahwa motor yang dijual di dalam perjanjian ini adalah:

Merek : Yamaha Nmax 150

Jenis : Matic

Tahun pembuatan : 2017

Warna : Hitamm

Nomor polisi : L 5412 FR

Nomor BPKB : 345678907654356

PASAL 3

Menyatakan bahwa pihak telah melakukan penjualan sebanyak satu (1) buah unit motor matic kepada pihak pembeli dengan harga sebesar Rp 19.000.0000 ( Sembilan Belas Juta Rupiah ), secara tunai dan pembayaran yang dilakukan tanpa melalui perantara.

PASAL 4

Menyatakan bahwa pihak penjual telah benar – benar secara sah untuk menyerahkan kepemilikan atas satu (1) unit motor lengkap beserta surat – suratnya tersebut kepada pihak pembeli pada saat motor tersebut benar – benar telah dibayar lunas, yaitu pada tanggal 15 Juni 2018.

PASAL 5

Menyatakan bahwa berkaitan dengan biaya pembalikan nama, maka sepenuhnya akan ditanggung oleh pihak pembeli.

PASAL 6

Menyatakan bahwa jika suatu hari ditemukan terjadi perselisihan atas surat perjanjian ini, maka kedua belah pihak telah sepakat dan satu suara untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku di Indonesia serta kedua belah pihak telah memutuskan untuk memilih tempat tinggal untuk menyelesaikan masalah tersebut di Kantor panitera Pengadilan Negeri Surabaya.

Demikian surat perjanjian jual beli motor ini dibuat dan telah mendapatkan persetujuan serta mendapat kesepakatan dari kedua belah pihak dan ditandatangani secara sadar tanpa adanya paksaaan dari pihak manapun.

 

 

Surabaya, 16 Juni 2018

 

 

Pihak Penjual                                                                        Pihak Pembeli

 

( Muhammad Andika Kangen Band )                             ( Muhammad Andika Babang Tamvan )

 

Saksi 1                                                                                   Saksi 2

 

( Muhammad Ubaidillah Ka’ab )                                 ( Muhammad Zainudin M. Ali )

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Motor

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Motor

Itulah contoh surat perjanjian jual beli motor yang bisa kami sampaikan. Di bawah ini ada beberapa informasi lain yang juga kami sarankan untuk anda ketahui agar semakin menambah wawasan anda:

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semuanya. Terimakasih.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.