4 Contoh Surat Peringatan Atau Teguran dan Definisinya Lengkap

Makalah.id – Pernahkan anda membuat atau melihat contoh surat peringatan? Kita semua tentu pernah mengalami dan merasakan seperti apa mendapat teguran, baik dari orang tua, guru, maupun dari atasan jika kita bekerja di suatu perusahaan maupun instansi tertentu. Teguran tersebut diberikan karena tentu saja dikarenakan bahwa anda telah melakukan sebuah kesalahan.

Jika kita berbicara mengenai teguran di dalam dunia kerja, seperti misalnya di suatu perusahaan maka biasanya atasan atau pimpinan kita akan memberikan teguran melalui sebuah surat yang disebut dengan surat peringatan. Selain itu, bagi anda yang saat ini bekerja di bagian pembuat surat teguran maupun surat lainnya, maka anda harus memperhatikan mengenai seperti apa contoh surat peringatan agar supaya anda bisa membuat surat peringatan yang baik.

Surat Peringatan Atau Teguran

Surat peringatan atau surat teguran memiliki fungsi yakni sebagai peringatan yang ditujukan kepada anda bahwasanya pada waktu dan jam tertentu anda telah melakukan kesalahan atau kelalaian. Kelalaian di sini bisa bersifat ringan, sedang, atau bahkan sampai berat yang malah merugikan perusahaan yang bersangkutan.

Di dalam pembuatan surat peringatan, anda harus memperhatikan pemilihan kata atau diksi karena surat ini memang termasuk ke dalam salah satu surat resmi sehingga anda tidak bisa sembarangan menulis surat tersebut. Dan juga jangan lupa untuk mencantumkan kop, nomor surat, perihal, dan lampiran untuk semakin menegaskan bahwa surat ini bersifat resmi dan terbukti keasliannya.

Di bawah ini kami akan memberikan beberapa hal yang harus anda perhatikan jika anda termasuk orang yang diberi amanat untuk membuat sebuah surat peringatan atau surat teguran:

  • Anda harus memastikan bahwasanya surat teguran atau peringatan yang anda buat sudah tetap sasaran
  • Anda juga harus memberikan penjelasan mengenai apa saja pelanggaran yang telah dilakukan oleh orang yang bersangkutan
  • Dan yang tidak kalah penting adalah anda harus mencantumkan sanksi apa yang akan diberikan oleh orang tersebut pada waktu itu juga atau pada masa dimana orang tersebut kemungkinan akan melanggar lagi

Sebelum kami memberikan anda beberapa contoh mengenai surat peringatan, kami sarankan agar anda memperoleh informasi lainnya terlebih dahulu untuk semakin menambah wawasan anda 3 Contoh Surat Referensi Bank Untuk Visa (Bank BCA, MANDIRI, CIMB NIAGA).

1. Contoh Surat Peringatan Kedua

Contoh surat peringatan yang akan kami berikan di bawah ini merupakan sebuah surat yang dikeluarkan karena orang yang bersangkutan telah melakukan pelanggaran untuk yang kedua kalinya. Mungkin anda sudah tahu bahwa di dalam istilah instansi atau perusahaan ada yang namanya SP1, SP2, dan juga SP3.

Surat-surat tersebut dikeluarkan karena yang bersangkutan sebelumnya telah melakukan pelanggaran sehingga dikeluarkan surat peringatan pertama, dan kemudian ia melakukan pelanggaran lagi sehingga pihak perusahaan dalam hal ini yaitu PT. Rocket Manajemen telah mengeluarkan surat peringatan kedua.

Jika anda perhatikan, di dalam surat ini terdapat informasi mengenai apa sanksi yang harus didapatkan oleh orang tersebut atas pelanggaran yang telah ia lakukan.

Contoh Surat Peringatan Kedua

Contoh Surat Peringatan Kedua

2. Surat Teguran PNS Tidak Masuk Kerja

Contoh yang kedua adalah mengenai surat teguran yang dilayangkan kepada PNS atau Pegawai Negeri Sipil yang tidak masuk kerja. Surat ini berisikan informasi mengenai nama yang bersangkutan yang telah melakukan pelanggaran dan juga dijelaskan mengenai pasal-pasal yang berkaitan dengnan aturan untuk PNS.

Selain itu, anda juga akan melihat bahwasanya surat teguran tersebut berlaku dalam jangka waktu tertentu yakni selama 3 bulan. Dengan mengeluarkan surat teguran, diharapkan PNS yang bersangkutan atau yang melakukan pelanggaran tersebut jerah atau merasa bahwasanya dia berbuat salah sehingga ia tidak akan melakukan kesalahannya kembali.

Surat Teguran PNS Tidak Masuk Kerja

Surat Teguran PNS Tidak Masuk Kerja

3. Surat PeringatanTertulis

Di bawah ini kami akan memberikan anda sebuah format surat peringatan tertulis yang biasanya dibuat oleh perushaan atau instansi terkait. Di dalam surat peringatan yang akan kami berikan ini anda akan melihat bahwasanya terdapat nomor surat yang menjelaskan bahwasanya surat ini memang asli dikeluarkan oleh perusahaan terkati.

Selain itu, dengan mencantumkan nomor surat maka mengindikasikan bahwa surat tersebut nantinya akan masuk ke dalam arsip sehingga ketika dibutuhkan sewaktu-waktu bisa dengan mudah dicari.

Surat PeringatanTertulis

Surat PeringatanTertulis

4. Surat Peringatan Atau Teguran Dinas

Contoh surat selanjutnya yang bisa anda jadikan sebagai referensi adalah sebuah surat peringatan atau teguran yang dikeluarkan oleh dinas. Sama halnya dengan contoh surat sebelumnya dimana surat yang dikeluarkan oleh dinas ini mencantumkan nomor surat.

Selain itu, anda juga akan melihat adanya kop surat, lampiran, dan hal yang mana bagian-bagian tersebut mengindikasikan bahwasanya memang surat ini termasuk ke dalam surat resmi. Dengan kata lain, bahasa yang anda gunakan pun juga harus bersifat formal dan bukan menggunakan bahasa sehari-hari anda.

Dan yang tidak kalah penting adalah biasanya surat peringatan yang dikeluarkan oleh instansi pemerintahan juga akan mencantumkan tembusan dimana di dalam surat ini tembusan diarahkan kepada perwakilan para pemilik maupun penghuni serusun dan juga sekretaris Dinas.

Surat Peringatan atau Teguran Dinas

Surat Peringatan atau Teguran Dinas

Demikian informasi yang bisa kami berikan kepada anda mengenai pengertian dan juga apa saja contoh surat peringatan yang beredar di perusahaan maupun instansi terkati. Seperti yang anda tahu bahwa tujuan dari mengeluarkan surat ini adalah untuk menjelaskan kesalahan, sanksi, serta juga memberikan efek jera kepada yang bersangkutan.

Kami juga menyarankan anda memperoleh informasi lainnya yaitu dengan membaca Contoh Surat Peringatan 1, 2 dan 3 Paling Lengkap dengan Formatnya dan juga Contoh Surat Rekomendasi Sekolah untuk Beasiswa dan Melanjutkan Sekolah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.