4 Contoh Surat Kontrak Perusahaan Dalam Bentuk Perjanjian

Makalah.id – Apakah anda sudah tahu mengenai seperti apa contoh surat kontrak? Pada dasarnya surat ini tidak jauh berbeda dengan Contoh Surat Perjanjian Kerjasama dan Syarat Membuatnya dan juga Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja Yang Baik dan Format Penulisan yang Benar karena keduanya sama-sama merupakan sebuah surat perjanjian yang dilakukan oleh kedua orang dalam jangka waktu tertentu.

Memahami seperti apa contoh surat kontrak tentu merupakan sebuah kewajiban karena anda harus benar-benar paham sebenarnya perjanjian atau kontrak seperti apa yang anda lakukan dengan perusahaan maupun orang lain dan juga mengenai sampai kapan batas waktu kontrak kerja yang anda lakukan dengan perusahaan maupun orang tersebut.

Yang harus anda perhatikan bahwa ketika anda membuat atau disodorkan surat ini, anda harus mencermati setiap kata dari isi yang ada di dalam surat ini agar supaya tidak sampai ada salah ketik atau typo maupun juga tidak sampai menimbulkan informasi yang ambigu atau tidak jelas karena hal ini nantinya dikhawatirkan malah bisa merugikan salah satu atau kedua pihak.

Karena itulah, dibutuhkan kecermatan dan kehati-hatian di dalam menulis, membuat, maupun juga membaca surat ini agar tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Contoh Surat Kontrak

Contoh Surat Kontrak

Mengenal Lebih Jauh Tentang Surat Kontrak Perusahaan

Perlu anda ketahui bahwa di dalam penulisan surat kontrak perusahaan, harus benar-benar dijelaskan mengenai kedua pihak yang telah sepakat untuk melakukan kontrak perusahaan tersebut dan juga menjelaskan mengenai sampai kapan batas dari kontrak yang dilakukan.

Selain itu, surat ini harus menjelaskan secara detail mengenai pernyataan bahwa kedua pihak telah sepakat dan sanggup untuk nantinya saling memenuhi hak dan kewajiban masing-masing demi tercapainya sebuah keuntungan bersama.

Contoh Surat Kontrak 2

Contoh Surat Kontrak 2

Dan juga jangan lupa bahwa surat ini biasanya juga akan menjelaskan mengenai resiko atau konsekuensi apa yang akan diterima oleh salah satu pihak jika hak maupun kewajibannya tidak dilaksanakan dengan baik. Sama halnya dengan surat perjanjian pada umumnya, surat ini juga termasuk kedalam surat resmi sehingga anda jangan sampai lupa untuk menggunakan bahasa yang formal serta mencantumkan tanda tangan yang mengindikasikan bahwa memang surat kontrak yang dibuat adalah resmi dan memiliki kekuatan hukum.

Bagi anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai seperti apa contoh dari surat kontrak perusahaan, maka kami sarankan agar anda simak baik-baik penjelasan yang kami berikan di bawah ini:

Contoh surat kontrak perusahaan

Contoh surat kontrak perusahaan

Contoh surat kontrak perusahaan

contoh surat kontrak perusahaan

SURAT KONTRAK PERUSAHAAN

Nomor: 15/SKK/XII/2018

Surat kontrak perusahaan ini dibuat pada hari Selasa tanggal 25 Desember 2018 sudah dibuat dan disetujui oleh kedua  pihak mengenai kontrak kerja. Adapun pihak yang bersepakat tersebut adalah:

Nama lengkap : Mukhammad Andika Kangen Band
Perusahaan : PT. Agung Jaya Kusuma
Alamat : Jalan Menuju Kasih No. 55 Raja Gombal Amoh, Jakarta

Selanjutnya bertindak sebagai PT. Agung Jaya Kusuma yang kemudia disebut dan berperan menjadi PIHAK PERTAMA.

Nama pegawai     : Mukhammad Babang Tamvan
TTL                        : Semarang, 20 Juli 1985
Alamat                  : Jl. Agung dan Aging nomor 5 Bandung
Jabatan                 : HRD
Pendidikan terakhir    : S1 Managemen Sumber Daya Manusia

Selanjutnya bertindak untuk dirinya sendiri di dalam menjalankan kontrak perusahaan dan selanjutnya sebagai PIHAK KEDUA.

Surat ini menyatakan bahwa kedua pihak telah setuju untuk melakukan sebuah kontrak perusahaan sesuai dengan ketentuan yang tercantum di dalam surat ini.

PASAL 1

PERNYATAAN UMUM

  1. Perusahaan PT. Agung Jaya Kusuma  sebagai PIHAK PERTAMA mempunyai kuasa secara penuh untuk menetapkan kebijakan yang diterapkan di dalam perusahaan. PIHAK PERTAMA berhak menentukan pemutusan kontrak ataupun melanjutkannya dengan PIHAK KEDUA yakni Mukhammad Rizaldi Yusuf Setiawan.
  2. PIHAK PERTAMA telah menyatakan bahwa menerima PIHAK KEDUA untuk bekerja sebagai karyawan  di PT. Agung Jaya Kusuma yang berada di Jl. Menuju Kasih No. 55 Raja Gombal, Jakarta dalam waktu tertentu.
  3. PIHAK KEDUA menyatakan bersedia menjabat sebagai HRD yang cakupan pekerjaannya akan dijabarkan di pasal selanjutnya.
  4. SEMUA PIHAK wajib mengikuti semua isi yang ada di dalam surat kontrak perusahaan ini.

PASAL 2

MASA BERLAKUNYA KONTRAK


Perjanjian kontrak perusahaan ini berlaku mulaitanggal 24 Desember 2019 dan PIHAK KEDUA akan menjadi karyawan di PT. Agung Jaya Kusuma hingga 24 Desember 2024.

PASAL 3

 KEWAJIBAN DAN HAK YANG HARUS DIPENUHI

Adapun KEWAJIBAN dan HAK harus dipenuhi oleh Kedua Pihak sebagai berikut:

  1. PIHAK PERTAMA mmeberikan kontribusi kepada PIHAK PERTAMA berupa hasil dari pekerjaan yang dijabat oleh PIHAK KEDUA yang telah dijabarkan di pasal 1.
  2. Membuat peraturan, ketetapan, serta kebijakan dari PT. Agung Jaya Kusuma.
  3.  Memiliki hak untuk memberhentikan PIHAK KEDUA jika terbukti melakukan pelanggaran berat yang dapat merugikan perusahaan.
  4. PIHAK PERTAMA berhak menaikkan, menurunkan, atau memindahkan posisi yang djabat PIHAK KEDUA.
  5. PIHAK PERTAMA berhak memotong atau meningkatkan pemberian bonus kerja yang didapatkan PIHAK KEDUA.
  6. PIHAK PERTAMA berkewajiban untuk memberikan hak-haknya pada PIHAK KEDUA.
  7. Memberikan arahan dan juga putusan berdasarkan lingkup pekerjaan PIHAK KEDUA.
  8. PIHAK PERTAMA berkewajiban menjaga nama baik perusahaan PT. Agung Jaya Kusuma.

Demikian surat kontrak perusahaan ini dibuat dan ditandatangani secara sadar tanpa ada paksaan atau tekanan dari pihak manapun, dan agar digunakan sebagaimana mestinya.

PIHAK PERTAMA                                                                                                            PIHAK KEDUA

( Mukhammad Andika Kangen Band )                                                                        (Mukhammad Babang Tamvan)

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai contoh surat kontrak perusahaan. Kami juga menyarankan agar anda juga mempelajari informasi lain yang masih berhubungan dengan surat kontrak kerja, yakni 5 Contoh MOU Kerjasama Perusahaan (Perjanjian Kerja). Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.