3 Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah, Materai dan Siswa

Makalah.id – Pada postingan kali ini anda harus menyimak penjelasan kami mengenai seperti apa sih contoh surat perjanjian yang biasanya dibuat oleh perusahaan atau instansi-instansi? Informasi ini tentu saja di dalamnya berisi mengenai perjanjian yang harus dipenuhi oleh kedua belah pihak.

Surat perjanjian ini bisa dilakukan antara kedua perusahaan maupun juga bisa dilakukan oleh perusahaan dengan karyawan yang mana nantinya akan ada yang bertindak sebagai pihak pertama dan juga akan ada yang bertindak sebagai pihak kedua. Informasi tentang contoh surat perjanjian tentu merupakan informasi yang sangat bermanfaat karena siapa tahu sewaktu-waktu anda akan dihadapkan oleh surat ini sehingga anda bisa memahami secara langsung tentang maksud dan isi dari surat tersebut yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan 4 Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Motor Untuk Penjual Dan Pembeli

Informasi Lebih Lengkap Tentang Surat Perjanjian

Surat perjanjian sangat diperlukan ketika kedua belah pihak melakukan sebuah kesepakatan kerja karena surat tersebut nantinya selain berperan sebagai bukti, surat ini akan berperan sebagai pengingat jika salah satu pihak atau kedua belah pihak lupa tentang apa saja isi perjanjian yang telah disepakati bersama pada waktu dan di tempat tertentu.

Selain itu, surat perjanjian juga masuk ke dalam salah satu surat resmi sehingga ketika anda membuatnya, anda harus menggunakan bahasa formal atau bahasa baku dan bukan menggunakan bahasa sehari-hari. Dan yang tidak kalah penting adalah anda harus mencamtukan informasi secara jelas dan detail tentang apa saja isi perjanjian yang telah disepakati oleh kedua belah pihak agar supaya tidak sampai menimbulkan salah persepsi.

Di bawah ini akan kami berikan informasi mengenai apa saja hal-hal yang harus anda perhatikan di dalam membuat surat perjanjian.

  • Kepala surat: Kepala surat atau kop surat merupakan bagian awal yang harus anda cantumkan di dalam surat perjanjian yang anda buat. Kop surat ini berguna untuk memberikan sebuah tanda bahwa surat yang dibuat ini merupakan sebuah surat perjanjian.
  • Identitas pihak-pihak terkait: Di dalam surat perjanjian juga harus mencantumkan secara jelas mengenai apa saja identitas-identitas dari pihak yang terkait di dalam pembuatan surat tersebut. Selain itu, anda juga harus ingat bahwa anda harus mencantumkan identitas secara lengkap, termasuk juga menuliskan nama harus jelas dan sesuai.
  • Pasal-pasal perjanjian: Pasal-pasal perjanjian harus juga ditulis secara jelas dan detail agar supaya tidak menimbulkan multi tafsir yang malah dikhawatirkan bisa menimbulkan perselisihan dikemudian hari.
  • Tanda tangan dan materai: Tanda tangan dan juga materai juga harus dipersiapkan dan dilakukan untuk menegaskan bahwa memang surat perjanjian yang dibuat sah dan memiliki kekuatan di mata hukum dan juga telah dibuat dan disetujui oleh keuda belah pihak.
  • Saksi-saksi: Di dalam surat perjanjian harus dicantumkan dan dijelaskan mengenai nama-nama orang yang berperan sebagai saksi di dalam pembuatan dan persetujuan surat perjanjian tersebut.

1. Contoh surat perjanjian kontrak rumah

Di dalam surat perjanjian ini tentu anda sudah bisa mengira bahwa isinya mengenai sebuah perjanjian yang dilakukan dan telah disepakati oleh kedua belah pihak yang berhubungan dengan penyewaan atau pengontrakan rumah. Di dalam surat tersebut nantinya anda akan melihat bahwa disebutkan secara jelas mengenai nominal biaya kontrak rumah yang harus dibayarkan setiap tahunnya jika memang mengontraknya lebih dari satu tahun.

Namun jika hanya mengontrak selama 1 tahun, maka hanya perlu disebutkan nominal yang harus dibayarkan untuk satu tahun. Surat tersebut juga menjelaskan mengenai apakah biaya tersebut bisa dicicil dan atau telah dibayarkan secara kontan oleh pihak yang menyewa rumah.

Untuk lebih jelasnya, kami sarankan agar supaya anda melihat sendiri contoh surat perjanjian seperti yang ada di bawah ini:

Contoh surat perjanjian kontrak rumah

Contoh surat perjanjian kontrak rumah

2. Contoh surat perjanjian di atas materai

Untuk contoh surat perjanjian kali ini tidak jauh berbeda dengan surat perjanjian pada umumnya, hanya saja memang untuk contoh yang kedua ini kami lebih menekankan pada penggunaan meterai. Anda harus tahu bahwa tujuan dari pemberian materai ini adalah untuk membuat surat yang dibuat tersebut memiliki kekuatan di mata hukum.

Tidak sedikit surat perjanjian yang tidak memiliki hukum yang kuat karena hanya berisi tentang tanda tangan saja tanpa mencantumkan materai. Dan anda harus ingat bahwasanya materai yang digunakan adalah materai 6000 agar semakin memiliki kekuatan hukum yang lebih kuat.

Contoh surat perjanjian di atas materai

Contoh surat perjanjian di atas materai

3. Contoh surat perjanjian siswa

Sementara contoh surat perjanjian yang ketiga ini merupakan sebuah surat yang bisa juga dibuat oleh siswa meskipun tidak sedikit yang dibuat oleh pihak sekolah untuk kemudian diserahkan kepada siswa yang bermasalah agar supaya ia mau menandatanganinya.

Adapun tujuan dari pembuatan surat perjanjian ini tentu disebabkan karena kemungkinan besar siswa tersebut sudah sering menimbulkan masalah di sekolah sehingga pihak sekolah tidak ada pilihan lain selain bersikap tegas, salah satunya adalah menuntutnya menandatangani surat perjanjian.

Dan juga surat perjanjian ini juga berisi tentang resiko yang akan diterima oleh siswa yang bersangkutan jika sampai ia tidak bisa memenuhi janji yang telah tertuang di dalam surat tersebut. Selain itu, surat perjanjian siswa ini bukan hanya ditandatangani oleh Kepala Sekolah maupun siswa, surat ini juga wajib ditandatangani oleh orang tua/wali murid yang juga bisa bertindak sebagai saksi.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda simak baik-baik contoh surat perjanjian yang ada di bawah ini:

 Contoh surat perjanjian siswa

Contoh surat perjanjian siswa

Itulah informasi dari kami tentang contoh surat perjanjian. Kami juga menyarankan anda untuk mendapatkan informasi lainnya yakni Surat Perjanjian Jual Beli Mobil yang Benar untuk Penjual dan Pembeli dan Contoh Surat Perjanjian Kerjasama dan Syarat Membuatnya. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.