3 Contoh Surat Penawaran Barang, Pengertian dan Cara Membuatnya

Makalah.id – Apakah anda sudah tahu pengertian dan contoh surat penawaran barang? Surat penawaran merupakan salah satu dari jenis surat yanng sering dibuat oleh para pengusaha di dalam melakukan aktivitas bisnis karena tujuan dari pembuatan surat ini adalah untuk melakukan penawaran barang atau produk kepada produsen maupun juga kepada pebisnis lainnya. Surat ini bukan hanya digunakan di dalam melakukan aktivitas bisnis, namun juga biasanya digunakan oleh perusahaan dalam urusan menjalin kerjasama dengan perusahaan lain guna meningkatkan mutu atau kualitas dari perusahaan tersebut.

Surat penawaran barang juga termasuk ke dalam surat resmi sehingga ketika anda menulis surat ini maka anda harus menggunakan bahasa baku alias bahasa yang formal. Jika anda menggunakan bahasa yang tidak formal meskipun sebenarnya anda memiliki penawaran yang layak dipertimbangkan, namun produsen atau orang lain kemungkinan besar akan menolak surat yang anda kirimkan dikarenakan bahasa anda yang tidak sesuai dengan ketentuan di dalam membuat surat resmi.

Surat Penawaran Barang

Surat ini memang tidak jauh berbeda jika anda bandingkan dengan 4 Contoh Surat Penawaran Kesehatan, Alat Kantor, Elektronik dan Makanan atau juga Contoh Surat Penawaran Harga Barang, Kerjasama dan Jasa Paling Lengkap karena di dalamnya berisi informasi mengenai barang yang ditawarkan kepada orang lain. Dan sebelum anda menulis surat ini, ada beberapa hal yang wajib anda perhatikan agar supaya surat penawaran yang anda buat sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku.

  • Surat penawaran ditulis oleh penjual atau orang yang menawarkan dan kemudian diberikan kepada calon pembeli. Di dalam surat ini harus mencantumkan informasi secara jelas mengenai profil perusahaan dan juga barang yang diproduksi oleh perusahaan tersebut.
  • Tujuan dari pembuatan surat penawaran barang adalah agar supaya konsumen atau calon pembeli yakin dan percaya mengenai produk yang ditawarkan melalui surat tersebut sehingga ia bersedia membeli atau bekerja sama.
  • Surat yang anda buat tersebut harus terdiri dari tiga bagian yang tidak boleh anda lewatkan. Yang pertama yaitu bagian pembuka, yang kedua isi, dan yang ketiga yakni bagian penutup. Selain itu, anda juga jangan sampai lupa menggunakan bahasa yang baik sesuai dengan EYD di dalam pembuatan surat ini.

Cara Menulis Surat Penawaran Yang Baik

Di bawah ini kami akan memberikan penjelasan kepada anda mengenai bagaimana cara menulis surat penawaran yang baik sesuai dengan aturan-aturan yang ada.

  • Paragraf pertama: Paragraf pertama berisikan informasi mengenai hasil produksi atau juga produk-produk yang diproduksi oleh perusahaan yang bersangkutan. Selain itu, paragraf ini juga menjelaskan iklan dan kelanjutan dari kegiatan yang akan dilanjutkan di dalam pembicaraan, dan lain sebagainya.
  • Isi surat: Menjelaskan informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan kepada pihak yang dituju. Anda harus ingat bahwasanya anda harus mencantumkan informasi secara jelas mengenai produk atau jasa yang ditawarkan tersebut agar tidak sampai menimbulkan kebingungan dan juga agar supaya konsumen atau pihak yang anda tuju percaya dengan barang atau jasa yang ditawarkan.
  • Paragraf penutup: Pada bagian ini, surat penawaran barang memberikan penjelasan tentang ajakan atau himbauan agar supaya pihak yang anda tuju mau membeli atau mau melakukan kerjasama dengan anda yang tentu saja merupakan kerjasama yang saling menguntungkan.

1. Surat Penawaran Barang Elektronik

Di bawah ini kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai seperti apa surat penawaran barang elektronik yang bisa anda jadikan sebagai referensi. Seperti yang anda lihat bahwa surat penawaran ini dikeluarkan oleh perusahaan yang bernama PT. Istiqomah Tahajjud yang menawarkan barang berupa meja belajar dan juga lampu belajar.

Seperti yang anda lihat bahwasanya di dalam surat tersebut berisikan informasi mengenai kerjasama yang ingin dilakukan oleh seseorang yang mengirim surat. Dan juga anda perhatikan kembali bahwasanya di dalam surat ini memberikan informasi tentang batas akhir dari barang yang ditawarkan yakni paling lambat tanggal 31 Agustus 2015.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, kami berikan contoh surat penawaran barang elektronik secara lebih lengkap.

Surat Penawaran Barang Elektronik

Surat Penawaran Barang Elektronik

2. Surat Penawaran Harga

Contoh yang kedua adalah surat penawaran harga yang mana dalam hal ini surat tersebut dikeluarkan oleh CV. Kemtamin Persada. Perlu anda tahu bahwasanya surat penawaran harga juga biasanya disebut sebagai alat pemasaran yang digunakan di dalam suatu produk maupun jasa.

Surat ini biasanya akan dikeluarkan oleh perusahaan sebagai respon terhadap surat penawaran yang sebelumnya telah diterima agar supaya kedua belah pihak bisa menentukan harga atau nominal yang tepat mengenai barang maupun juga produk yang ditawarkan.

Tujuan dari dibuatnya surat penawaran ini juga agar supaya kedua belah pihak bisa melakukan kerjasama yang saling menguntungkan dengan adanya penentuan harga yang tepat dan yang telah disepakati nantinya oleh kedua belah pihak.

 

Surat Penawaran Harga

Surat Penawaran Harga

3. Surat Penawaran Barang Dalam Bahasa Inggris

Bukan hanya surat penawaran barang menggunakan bahasa Indonesia yang kami tawarkan untuk anda, melainkan kami juga ingin memberikan informasi kepada anda mengenai surat penawaran menggunakan bahasa Inggris karena mungkin saja nantinya anda diminta untuk membuat surat penawaran dalam bahasa Inggris karena target anda yakni perusahaan asing.

Di bawah ini merupakan contoh surat penawaran menggunakan bahasa Inggris yang bisa anda jadikan sebagai pedoman di dalam pembuatan surat penawaran versi anda sendiri.

Surat Penawaran Barang Dalam Bahasa Inggris

Surat Penawaran Barang Dalam Bahasa Inggris

Demikian informasi dari kami mengenai surat penawaran barang. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semuanya. Kami sarankan agar anda mendapatkan informasi lain yang masih berhubungan dengan surat penawaran yaitu Contoh Surat Balasan Penawaran Pembelian Produk, Pembelian Alat Kantor, dll.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.