3 Contoh Surat Keterangan Sehat dan Format Suratnya

Makalah.id – Apakah anda sudah pernah membuat surat keterangan sehat? Sebenarnya surat ini akan anda temukan pada puskesmas, rumah sakit, maupun instansi yang memiliki kewenangan untuk mengeluarkan surat tersebut. Surat ini juga tidak jauh berbeda dengan Pengertian dan 3 Contoh Surat Keterangan Penghasilan dan juga Pengertian dan 4 Contoh Surat Keterangan Kerja karena sama-sama surat keterangan meskipun nantinya surat-surat tersebut memiliki fungsi dan format yang berbeda.

Jika anda ingin mendapatkan surat keterangan sehat tentunya anda harus menyiapkan beberapa persyaratan yang sudah ditetapkan agar supaya anda bisa mendapatkan surat ini. Bagi anda yang masih penasaran ingin tahu seperti apa bentuk dan contoh surat keterangan sehat yang baik, maka akan kami berikan contohnya di bawah ini. Namun sebelum itu, kami ingin memberikan informasi kepada anda tentang bagiamana cara mendapatkan surat ini dan apa saja yang harus anda siapkan jika anda ingin memperoleh surat keteranan sehat.

Pengertian Surat Keterangan Sehat

Surat keterangan sehat merupakan surat yang dikeluarkan untuk menyatakan bahwasanya anda benar-benar dalam kondisi sehat dan tidak mengalami penyakit apapun. Surat ini biasanya diperlukan ketika yang bersangkutan melamar pekerjaan karena beberapa perusahaan atau instansi pemerintahan menyarankan agar supaya calon pegawai atau karyawan untuk menyerahkan surat keterangan sehat.

Jika anda ingin mendapatkan surat ini, maka anda harus menyiapkan beberapa persyaratan agar supaya anda bisa mendapatkannya dan bisa menggunakan surat ini sebagai persyaratan anda bekerja. Adapun persyaratan yang harus anda siapkan adalah sebagai berikut:

  • Siapkan KTP asli yang masih berlaku. Jika misalnya anda tidak memiliki KTP atau KTP anda belum jadi, maka anda bisa menggunakan KTP sementara.
  • Anda sudah harus melakukan pengukuran badan
  • Dan yang terakhir adalah anda harus sudah melakukan pengukuran berat badan

Sementara itu, langkah-langkah yang harus anda lakukan jika ingin mendapatkan surat keterangan sehat, akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Pertama anda harus pergi ke puskesmas maupun klinik terdekat yang ada di daerah anda. Jangan lupa untuk membawa uang secukupnya dan disarankan juga untuk membawa foto ukuran 3×4.
  • Kedua, anda harus bertanya kepada pegawai puskesmas atau masuk ke bagian informasi dan menanyakan dimana anda harus mengurus surat keterangan sehat. Pegawai puskesmas akan memberikan informasi mengenai kemana seharusnya anda pergi.
  • Ketiga, pihak puskesmas akan meminta anda menyerahkan KTP yang nantinya akan digunakan sebagai identitas dan nantinya akan diteruskan kepada bagian administrasi. Ketika proses pendataan sedang dilakukan, anda harus menunggu dengan sabar karena kemungkinan anda harus antri di sana.
  • Keempat, setelah anda mendapat panggilan maka anda harus menuju ke ruangan yang telah dibertahukan pada saat pengumuman. Di sana nanti anda akan dicek tentang kesehatan anda, mulai dari tinggi badan, berat badan, dan bahkan di sana juga akan dites kesehatan mata anda. Selain itu, di beberapa puskesmas juga kemugkinan akan meminta anda untuk melakukan pengecekan darah, tes urin, detak jantung, dan lain sebagainya.
  • Kelima, anda akan ditanya apakah sebelum ini pernah dirawat di rumah sakit atau pernah mengalami sakit tertentu.
  • Yang terakhir, anda akan diminta untuk membayar biaya pengecekan kesehatan yang telah anda lakukan. Kemudia baru anda bisa mendapatkan surat keterangan sehat. Adapun biaya yang harus anda keluarkan tentu saja bervariasi dan setiap tahun biasanya mengalami kenaikan. Namun kisaran biaya yang harus anda keluarkan kurang lebih 15.000 sampai dengan 25.000.

1. Contoh Surat Keterangan Sehat Puskesmas

Di bawah ini kami akan memberikan sebuah contoh surat keterangan sehat yang dikeluarka oleh puskesmas. Seperti yang anda lihat bahwasanya surat ini mencantumkan kop surat yang secara tidak langsung mengindikasikan bahwa surat ini asli dan resmi dikeluarkan oleh pihak puskesmas, yang dalam contoh ini dikeluarkan oleh puskesmas DTP Jamanis.

Selain itu, surat ini juga menyatakan bahwa yang bersangkutan dalam kondisi sehat setelah dilakukan berbagai proses pengecekan seperti pengukuran tinggi badan, berat badan, dan juga telah dilakukan pengecekan tekanan darah.

Contoh Surat Keterangan Sehat Puskesmas

Contoh Surat Keterangan Sehat Puskesmas

2. Contoh Surat Keterangan Sehat Sederhana

Untuk contoh yang kedua ini merupakan sebuah surat keterangan sehat sederhana yang bahkan anda sendiri bisa membuatnya. Mengapa? Karena berbeda dari surat sebelumnya dimana telah dicantumkan kop surat, contoh yang satu ini malah tidak mencantumkan kop surat dan langsung masuk ke dalam judul.

Namun mengenai isinya tidak jauh berbeda dengan contoh yang telah kami berikan sebelumnya dimana di dalam surat tersebut terdapat penjelasan bahwasanya yang bersangkutan telah melakukan atau menjalani berbagai pemeriksaan seperti tekanan darah, berat badan, maupun juga tinggi badan.

Contoh Surat Keterangan Sehat Sederhana

Contoh Surat Keterangan Sehat Sederhana

3. Contoh Surat Keterangan Berbadan Sehat

Untuk contoh yang terakhir ini tidak jauh berbeda dari contoh-contoh yang telah kami jelaskan. Namun hal yang membedakan adalah surat ini mencantumkan nomor surat. Dengan kata lain, surat ini nantinya akan masuk ke dalam data arsip sehingga sewaktu-sewaktu bisa dicek.

Mengenai isi dari surat keterangan berbadan sehat juga tidak ada perubahan yang mencolok, namun memang ada bagian yang menegaskan bahwasanya pasien atau yang bersangkutan benar-benar dalam kondisi sehat dan tidak mengalami cacat sedikitpun.

Contoh Surat Keterangan Berbadan Sehat

Contoh Surat Keterangan Berbadan Sehat

Demikian informasi dari kami mengenai surat keterangan sehat yang bisa anda jadikan sebagai referensi. Semoga informasi ini bermanfaat. Sebelum kita akhiri postingan ini, kami menyarankan agar anda memperoleh informasi lainnya dengan membuka Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Visa, Kredit Motor dan Kredit Mobil Paling Lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.