3 Contoh Surat Kerjasama Usaha Yang Resmi

Makalah.id –  Apa anda sudah tahu bagaimana contoh surat kerjasama yang resmi ? Ketika perusahaan ingin cepat berkembang maka tentunya persusahaan tersebut juga harus menjalin sebuah kerjasama dengan perusahaan lainya. Hal ini tentunya bukan hal baru, karna banyak sekali perusahaan – perusahaan atau usaha – usaha yang menjalin kerjasama dan saling menguntungkan.

Nah tentunya  untuk menjalin kerjasama satu sama lain di perlukanya komunikasi yang baik dan sebelumnya juga harus di lengkapi dengan surat kerja sama. Dengana danya surat kerjasama tentunya akan mempermudah antar usaha 1 dengan yang lain dan tentunya akan menimbulkan hubungan yang saling menguntungkan. Selain Contoh surat kerjasama yang tidak kalah penting dalam dunia kerjasama adalah MOU nah berikut artikelnya, 5 Contoh MOU Kerjasama Perusahaan (Perjanjian Kerja).

Bagaimana cara menulis surat perjanjian kerja sama dagang ?

Menulis surat perjanjian kerjasama dagang sangat lah mudah, anda hanya tinggal mencantumkan kedua nama yang mewakili persusahaan setelah itu anda tinggal memasukan poin – poin yang penting yang akan menjadi topic dari kerja sama yang akan anda jalani. Surat ini merupakan salah satu surat yang resmi sama seperti  Surat Perjanjian Jual Beli Mobil yang Benar untuk Penjual dan Pembeli yang harus di buat secara resmi.

Mungkin untuk anda yang skarang bekerja pada perusahaan dan di bidang administrasi sudah tidak asing lagi dengan surat perjanjian kerja sama, akan teteapi bagi anda yang belum tau atau masih awam tenang saja kami disini akan memerikan beberapa contoh surat perjanjian kerja sama yang tentunya akan membantu anda dalam pembuatan surat perjanjian kerja sama.

Kumpulan contoh surat kerjasama dagang

1. Contoh surat perjanjian kerjasama antara pedagang

Kerja sama yang satu ini pasti sudah sering kali di lakukan oleh para pemilik usaha khususnya pedagang. Contoh dari kerjasama ini adalah seorang penyedia barang yang menempatkan barang yang sudah di produksinya di suatu supermarket atau toko, nah  pihak toko / supermarket pun nantinya juga akan mendapat keuntungan yang sudah di sepakati bersama sebelumnya. Berikut contohnya :

Surat perjanjian Kerjasama Usaha

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama   : Angga rahmawan

Alamat : Jl.Manggis No.11 ,Surabaya

Selanjutnya di sebut sebagai pihak pertama

 

Nama   : Putra wibawa

Alamat : Jl.Anggrek No.12 ,Surabaya

Selanjutnya di sebut sebagai pihak kedua

 

Untuk selanjutnya di antara pihak pertama dan kedua mempunyai perjanjian kerjasama yang mempunyai ketentuan sebagai berikut :

  1. Pihak pertama akan menitipkan barang yang di produksinya kepada pihak kedua. Dengan ketentuan pihak kedua akan mendapatkan sebesar 12% dari omzet penjualan dari barang titipan pihak pertama.
  2. Jumlah maksimal yang di perbolehkan untuk dititipkan dari pihak pertama ke pihak kedua adalah 500 barang untuk setiap merknya.
  3. Untuk pendistribusian produk area medan akan di atur oleh pihak kedua.
  4. Pihak pertama bersedia membantu pihak kedua, begitu juga pihak kedua bersedia membantu pihak pertama.
  5. Pihak kedua wajib melaporkan hasil dari penjualan kepada pihak pertama untuk setiap awal bulanya dan di ikuti dengan penyerahan laba sebesar 88% dari penjualan ke pihak pertama.

Demikian surat perjanjian kerjasama ini kami buat untuk memberikan ikatan di antara kami. Semua hal yang belum termuat di sini, akan di bicarakan bersama oleh pihak pertama dan pihak kedua hingga mencapai mufakt dikemudian harinya.

Perjanjian ini kami buat dengan penuh kesadaran tanpa adanya paksaan dari pihak – pihak yang terkait. Jika ada perselisihan maka kami sepakat untuk menyelesaikan dengan cara kekeluargaan dan musyawarah, jika tidak terselesaikan juga maka kami sudah sepakat untuk menyelesaikan secara hokum.

Surabaya, 11 Febuary 2019

Pihak Pertama,                                                                             Pihak Kedua,

 

 

Angga rahmawan                                                                         Putra Wibawa

 

Contoh surat perjanjian kerjasama antara pedagang

Contoh surat perjanjian kerjasama antara pedagang

 

2. Surat perjanjian kerjasama modal pedagang

Surat perjanjian kerjasama modal pedagang

Surat perjanjian kerjasama modal pedagang

nah untuk perjanjian yang satu ini antara kedua belah pihak mempunyai keinginan untuk mendirikan suatu usaha. Jadi kedua belah pihak akan memasukan modal sesuai yang sudah di atur pada surat perjanjian kerja sama. Begitupula dengan keuntunganya, kedua beleah pihak nantinya akan mendapatkan keuntungan masing – masing sesuai dengan modalnya. Berikut contohnya.

 

Surat Perjanjian Kerjasama Modal

Saya  yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama  : Yoga prasetyo

NIK       :12345678

Jenis     : Laki – Laki

Kelamin

Agama  : Islam

Alamat  : Jl. Purwamartani No.1, Yogyakarta

Selanjutnya di sebut pihak pertama.

Nama     : Budi Rakoso

Nik          :98231221

Jenis        : Laki – Laki

Kelamin

Agama     : Islam

Alamat     : Jl.Mendungan No.9, Yogyakarta.

Selanjutnya disebut pihak kedua.

Isi Perjanjian :

Pasal 1:

Bahwa antara kedua belah pihak yaitu pihak pertama dan kedua sudah sepakat mengadakan suatu kerjasama pada bidang fashion dengan modal Rp.400.000.000,- ( Empat Ratus Juta Rupiah ).

Pasal 2:

Sebagai mana yang sudah di jelaskan pada pasal satu biaya modal di tanggung oleh masing – masing pihak sebesar Rp.200.000.000,- ( Dua ratus Juta Rupiah ).

Pasal 3:

Masing – masing pihak berhak mendapatkan hasil 50% dari keuntungan yang akan di hitung sejak 4 bulan pertama usaha dan untuk selanjutnya di hitung setiap bulanya.

Pasal 4:

Ketika untung perusahaan sudah mencapai atau melebihi modal awal, maka masing – masing pihak berhak untuk menarik modalnya kembali dan tidak memegang ha katas pembagian keuntungan selanjutnya.

Pasal 5:

hak – hak pada perjanjian ini akan gugur apabila yang bersangkutan telah mengundurkan diri atau telah melanggar segala peraturan yang ada perjanjian.

Demikian suart perjanjian ini di buat dengan kondisi tanpa tekanan dari pihak manapun. Surat perjanjian ini juga di tandatangi di hadapan para saksi – saksi dan dalam keadaan sehat dan sadar.

Yogyakarta 12 Febuary 2018

Pihak pertama,                                                                       Pihak kedua

 

 

Yoga prasetyo                                                                           Budi Rakiso

kedua surat perjanjian di atas tentunya juga harus di lengkapi dengan materai 6000 sama seperti 3 Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah, Materai dan Siswa yang juga harus di lengkapi dengan materai. Nah semoga artikel 3 Contoh Surat Kerjasama Usaha Yang Resmi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca, terimakasih.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.