3 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Berbagai Keperluan

Makalah.id – Pernahkah anda membuat surat izin tidak masuk kerja? Ketika seseorang memiliki halangan atau urusan yang penting dan tidak bisa ditinggalkan, maka orang tersebut mau tidak mau tidak bisa masuk kerja. Namun orang tersebut tidak bisa langsung meninggalkan pekerjaannya begitu saja karena ada aturan-aturan tertentu yang harus dipenuhi oleh setiap karyawan ketika ia tidak bisa masuk kerja.

Salah satu cara yang harus mereka penuhi adalah dengan membuat surat izin tidak masuk kerja yang nantinya akan berguna sebagai pemberitahuan bahwa yang bersangkutan tidak bisa datang ke tempat kerja dengan alasan tertentu. Surat ini termasuk ke dalam salah satu dari surat resmi sehingga harus diperhatikan mengenai tata bahasa dan pemilihan kata yang harus dilakukan.

Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Di dalam pembuatan surat izin tidak masuk kerja, anda harus memperhatikan beberapa hal karena bagian-bagian tersebut memang harus tercantum di dalam surat yang anda buat. Adapun bagian-bagian yang ada di dalam surat izin tersebut adalah seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini.

  • Tanggal izin kerja: Dengan mencantumkan tanggal izin kerja, maka pihak HRD bisa mencatat bahwa pada tanggal tertentu anda tidak bisa masuk kerja. Selain itu, tanggal ini nantinya juga akan masuk pada slip gaji dimana biasanya akan ada potongan gaji ketika anda tidak bisa masuk kerja. Dan juga pihak HRD akan mengalihkan pekerjaan anda ke orang lain selama anda tidak dapat masuk kerja.
  • Identitas: Surat izin tidak masuk kerja sama halnya dengan surat lainnya dimana anda harus mencantumkan informasi identitas secara lengkap dan jelas. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwasanya benar anda yang tidak masuk karena terkadang ada nama karyawan yang sama di dalam satu tempat kerja sehingga penting untuk menuliskan nama lengkap dan tanggal lahir maupun informasi spesifik lainnya.
  • Waktu izin: Jika misalnya anda tidak bisa masuk kerja karena sakit, tentu anda membutuhkan waktu dalam jangka waktu tertentu sehingga penting bagi anda mencantumkan perkiraan rentan waktu anda tidak bisa masuk ke tempat kerja. Dengan mencantumkan waktu izin kerja, pihak HRD bisa memastikan selama anda tidak masuk tersebut, tugas atau perkejaan apa saja yang anda tinggalkan sehigga bisa segera dialihkan ke orang lain.

Setelah anda memahami mengenai apa saja bagian yang harus ada di dalam surat izin tidak masuk kerja, maka di bawah ini kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai seperti apa contoh surat izin yang harus anda buat ketika anda tidak bisa masuk kerja.

1. Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit

Contoh surat izin yang pertama adalah sebuah surat yang anda buat karena anda sedang sakit. Seperti yang kami jelaskan sebelumnya bahwasanya di dalam pembuatan surat ini, anda harus memperhatikan beberapa informasi penting seperti alasan anda mengapa tidak bisa datang ke tempat kerja.

Selain itu, jangan lupa untuk mencantumkan permohonan maaf karena anda tidak bisa masuk kerja. Setelah anda mengirimkan surat ini, maka pihak HRD akan langsung melakukan pencatatan dan kemungkinan besar akan langsung mencari orang pengganti yang akan menggantikan pekerjaan anda selama anda sakit jika memang anda bekerja pada bagian yang sentral atau penting pada perusahaan tersebut.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai seperti apa contohnya, silahkan anda menyimak baik-baik contoh yang akan kami berikan:

Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit

Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit

2. Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Anak Sakit

Jika pada contoh pertama surat tersebut dibuat untuk tujuan atau alasan anda sendiri, maka surat izin tidak masuk yang kedua adalah mengenai orang lain, dalam hal ini yaitu anak anda. Untuk cara pembuatannya mungkin tidak mengalami perubahan ayng signifikan karena bentuk dari kedua surat tersebut tidak jauh berbeda.

Mungkin yang membedakan antara kedua surat ini adalah pada bagian tujuan dimana anda tidak bisa datang ke tempat kerja karena anak anda yang sedang sakit. Perlu anda tahu, bahwa surat ini juga secara tidak langsung akan memberitahu teman-teman atau bahkan bos anda untuk mengunjungi anda jika memang sakit yang dialami anda maupun anak atau keluarga anda sangat parah dan benar-benar tidak bisa anda tinggalkan.

Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Anak Sakit

Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Anak Sakit

3. Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Urusan Keluarga

Contoh yang ketiga adalah mengenai surat izin yang memberitahukan bahwa anda memiliki urusan keluarga. Perlu anda tahu, bahwa urusan keluarga di sini bisa bermacam-macam seperti anda ada acara keluarga, ada hajatan pernikahan, dan lain sebagainya.

Hal lain yang tidak boleh anda lewatkan di dalam pembuatan surat izin karena urusan keluarga adalah anda harus mencantumkan berapa lama anda tidak bisa hadir ke tempat kerja serta memebrikan permohonan maaf bahwa anda tidak dapat masuk kerja.

Namun kami lebih menyarankan agar supaya anda memberikan alasan jelas dan bukan hanya memberikan alasan berupa alasan keluarga atau urusan keluarga. Mengapa? Agar supaya pihak HRD atau mungkin teman-teman anda tidak sampai bertanya-tanya mengenai alasan kenapa anda tidak bisa masuk ke tempat kerja.

Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Urusan Keluarga

Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Urusan Keluarga

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai seperti apa pengertian dan cara pembuatan surat izin tidak masuk kerja. Semoga informasi ini bermanfaat, kami sarankan anda mengetahui informasi lainnya seperti yang ada di bawah ini:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.