3 Contoh Slip Gaji Karyawan Swasta Dan Non Swasta

Makalah.id – Apakah anda pernah memperhatikan seperti apa contoh slip gaji karyawan? Perlu anda tahu bahwa setiap perusahaan cenderung memiliki format slip gaji yang berbeda-beda yang tentu saja memberikan ciri khas dari perusahaan tersebut. Namun memang keseluruhan dari slip gaji yang ada memiliki isi yang tidak jauh berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

Mungkin saat ini anda juga masih bingung tentang seperti apa contoh slip gaji karyawan yang benar yang sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada di dalam pembuatan slip gaji. Namun sebelum itu, kami sarankan anda untuk mendapatkan informasi yang tidak kalah penting dengan mengunjungi 3 Contoh Surat Referensi Bank Untuk Visa (Bank BCA, MANDIRI, CIMB NIAGA) dan juga 3 Contoh Surat Referensi Bank Untuk Keperluan Bisnis.

Slip Gaji Karyawan

Jika kita membahas mengenai seperti apa pengertian atau definisi dari slip gaji, sebenarnya kami belum menemukan sebuah definisi secara mutlak tentang apa itu slip gaji. Namun ada beberapa orang yang menjelaskan bahwasanya slip gaji merupakan lembaran atau sebuah lembaran yang di dalamnya berisikan informasi secara detail mengenai besaran gaji atau bayaran yang didapatkan oleh seseorang yang bekerja di suatu perusahaan tertentu.

Di dalam slip gaji tersebut anda akan menemukan bukan hanya mengenai gaji pokok, melainkan tunjangan, dan potongan (jik ada) serta hal-hal lainnya yang berkaitan dengan gaji anda. Slip gaji biasanya akan diterima oleh seorang karyawan dalam jangka waktu satu bulan satu kali, yaitu bisa diakhir bulan atau bisa juga diawal bulan.

Fungsi slip gaji bagi para karyawan atau pegawai adalah sebagai bukti mengenai besaran gaji yang mereka dapatkan selama satu bulan, maupun juga berapa tunjangan dan potongan yang mereka dapatkan.

Di dalam pembuatan slip gaji, ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan yang akan kami berikan penjelasannya di bawah ini:

  • Nama dan logo perusahaan: Di dalam pembuatan slip gaji, ada hal penting yang tidak boleh dilupakan dan harus selalu ada yakni nama dan juga logo perusahaan harus tertera di dalam slip gaji tersebut. Hal ini bertujuan untuk membedakan antara slip gaji karyawan dengan slip gaji toko karena tentu saja kedua hal ini terkadang cenderung sama jika tidak dibedakan dengan nama dan logo perusahaan.
  • Data karyawan: Data karyawan yang kami maksud adalah seperti nama lengkap, jabatan, nomor pegawai, dan juga jangan lupa untuk mencantumkan NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak.
  • Besarnya gaji dan potongan: Slip gaji juga harus mencantumkan informasi mengenai besaran gaji yang didapat oleh seseorang yang bersangkutan. Selain itu, slip gaji juga harus menjelaskan jika memang ada pototngan yang diberlakukan kepada karyawan tersebut serta jangan lupa mencantumkan tunjangan apa saja yang didapatkannya seperti transport, BPJS, dan lain sebagainya.

1. Contoh Slip Gaji Karyawan Swasta

Di bawah ini kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai seperti apa contoh slip gaji yang biasanya diterima oleh para karyawan swasta, namun yang harus anda ingat adalah setiap perusahaan memiliki bentuk atau format slip gaji yang tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya.

Jadi, kemungkinan contoh yang akan kami berikan di bawah ini juga tidak sama dengan yang berlaku di perusahaan lainnya. Jika anda perhatikan contoh slip gaji di bawah ini anda akan melihat bahwa memang ada nama perusahaan, nama penerima gaji, dan juga informasi lainnya seperti periode berapa slip gaji tersebut dikeluarkan oleh perusahaan yang bersangkutan.

Untuk lebih jelasnya, simak gambar yang akan kami berikan di bawah ini:

Contoh Slip Gaji Karyawan Swasta

Contoh Slip Gaji Karyawan Swasta

2. Contoh Slip Gaji Guru Sekolah

Untuk slip gaji guru sekolah memang cenderung tidak sedetail atau selengkap tentang slip gaji karyawan yang bekerja di perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan seperti dinas pertanian atau dinas kesehatan. Namun mengenai informasi umum yang ada di dalam slip gaji tersebut memang harus ada.

Beberapa informasi mum yang akan anda temui adalah seperti nama instansi atau perusahaan, nama penerima gaji, jumlah gaji, tunjangan, dan juga tentang informasi tanggal berapa slip gaji tersebut dikeluarkan. Informasi ini tentu harus ada di setiap slip gaji yang dibuat karena merupakan bagian penting yang wajib dicantumkan.

Contoh Slip Gaji Guru Sekolah

Contoh Slip Gaji Guru Sekolah

3. Contoh Slip Gaji Sederhana

Biasanya contoh slip gaji sederhana akan dikeluarkan oleh perusahaan yang masih tidak terlalu besar karena mereka masih memikirkan untuk menentukan seperti apa format slip gaji secara resmi dari perusahaan tersebut. Namun seperti yang kami jelaskan bahwasanya setiap slip gaji harus mencantumkan berbagai informasi yang sudah kami berikan kepada anda di awal tadi.

Jika anda perhatikan contoh slip gaji di bawah ini, anda akan melihat bahwa terdapat informasi mengenai cara pembayaran gaji yang dikeluarkan oleh perusahaan yang bersangkutan yakni melalui transfer. Dan juga anda akan mendapatkan informasi bahwasanya slip gaji tersebut telah mendapatkan persetujuan dari atasan, dalam hal ini yakni Direktur dari PT. Kreatif Inovasi.

Coba anda perhatikan pada bagian kanan, slip gaji tersebut memang harus mencantumkan bukti terima oleh seseorang yang bersangkutan yang akan ditandai dengan adanya tanda tangan yang diberikan.

Contoh Slip Gaji Sederhana

Contoh Slip Gaji Sederhana

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai contoh slip gaji karyawan. Kami juga menyarankan anda membaca informasi yang juga penting untuk anda pahami yakni Contoh Surat Perjanjian Kerjasama dan Syarat Membuatnya.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semuanya. Terimakasih.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.