3 Contoh Curriculum Vitae yang Baik untuk Pekerjaan dan Beasiswa

Contoh curriculum vitae yang baik dibutuhkan untuk anda yang ingin membuat CV terbaik guna melamar pekerjaan atau beasiswa. Curriculum Vitae atau CV merupakan dokumen yang berisikan data pribadi anda. CV akan menggambarkan secara garis besar siapa diri anda dan apakah anda sesuai untuk menerima pekerjaan atau beasiswa yang anda inginkan.

Anda bisa menemukan contoh curriculum vitae yang baik untuk pekerjaan dan beasiswa di berbagai sumber. Namun, pastikan anda mendapatkan contoh yang sesuai dengan tujuan anda untuk membuat CV. CV untuk melamar pekerjaan akan sedikit berbeda dengan CV yang anda gunakan untuk melamar beasiswa.

Oleh karena itu, sebelum anda memutuskan untuk meniru contoh curriculum vitae yang baik, anda harus tahu kriteria CV yang baik. Setelah itu, barulah anda bisa mencari referensi contoh yang sesuai dengan kriteria tersebut.

Cara Membuat dan Kriteria Curriculum Vitae (CV) yang Baik

Untuk menciptakan curriculum vitae (CV) yang baik, anda harus mengetahui poin-poin yang harus ada di dalam CV yang anda buat. Pastikan anda memasukan poin-poin berikut ketika membuat curriculum vitae (CV):

Informasi Pribadi yang Penting

Curriculum vitae (CV) yang anda buat haruslah mengandung informasi pribadi tentang diri anda. Anda tidak perlu memasukan semua informasi pribadi. Anda dapat memasukan nama, alamat, e-mail, nomor telepon, dan pendidikan terakhir. Jika perusahaan anda mensyaratkan status perkawinan, maka anda bisa memasukan status perkawinan anda.

Anda juga dapat menyesuaikan data pribadi dengan persyaratan melamar pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan tujuan anda. Misalnya, perusahaan mensyaratkan pegawai perempuan dengan tinggi badan minimal 155 cm. Anda dapat memasukan tinggi badan dan jenis kelamin anda di CV.

Beberapa orang dari bagian HRD (Human Resource Department) perusahaan mengatakan bahwa anda sebaiknya tidak perlu memasukan foto di dalam CV anda. Namun, anda bisa memasukan foto jika perusahaan menginginkan hal tersebut.

Pernyataan Pribadi (Personal Statement)

Bagian pernyataan pribadi merupakan bagian pertama yang akan menarik HRD untuk dilihat dari CV yang anda buat. Tambahkanlah bagian ini dengan 2-3 kalimat yang menyatakan tentang diri anda. Anda harus membuat kalimat sesingkat mungkin, namun sangat kuat untuk menggambarkan tentang diri anda. Pada bagian ini, anda bisa memasukan skill atau hal-hal yang bisa anda lakukan dengan baik yang mendukung bidang pekerjaan yang anda lamar. Contoh pernyataan pribadi yang baik adalah “Lulusan baru dari Ilmu Akuntansi dengan predikat Cumlaude dari Universitas Negeri Jakarta. Ingin bekerja di bidang keuangan untuk mengembangkan kemampuan analisis dan perhitungan di bidang keuangan perbankan dan perkantoran. Tujuan karir yang ingin dicapai adalah memiliki tanggung jawab dan peran atas analisis dan perhitungan data keuangan untuk perusahaan terkemuka dan perbankan.”

Masukan Skill atau Keterampilan

Bagian skill atau keterampilan juga harus anda isi dengan sebaik mungkin. Dari semua keterampilan yang anda miliki, pilihlah keterampilan yang akan mendukung pekerjaan yang anda lamar. Misalnya, anda melamar sebagai programmer di perusahaan X. Anda bisa memasukan skill, seperti kemampuan pemrograman menggunakan bahasa Java, PHP, dan C++, mampu membuat aplikasi berbasis web dan android, serta mampu menerapkan algoritma ke dalam program aplikasi. Jika anda memiliki kemampuan yang tidak mendukung bidang pekerjaan, maka sebaiknya tidak perlu anda tambahkan. Skill seperti berenang, menyanyi, menari, atau membaca puisi tidak berhubungan dengan pekerjaan programer yang anda lamar.

Masukan Kualifikasi Pekerjaan dan Pendidikan

Riwayat pekerjaan yang pernah anda miliki tentu juga akan menjadi pertimbangan sendiri ketika anda melamar pekerjaan. Namun, pada bagian ini anda juga harus menambahkan riwayat pekerjaan yang berhubungan dengan pekerjaan yang anda lamar. Dengan memasukan riwayat bidang pekerjaan yang sesuai dengan pekerjaan baru, maka anda akan lebih dipertimbangkan untuk diterima.

Misalnya, anda pernah bekerja sebagai penyiar radio dan sekarang anda melamar untuk posisi staff keuangan. Jika anda memiliki riwayat pekerjaan lain yang lebih sesuai dengan bidang keuangan, maka anda tidak perlu memasukan riwayat pekerjaan sebagai penyiar radio tersebut. Memasukan pengalaman kerja yang tidak sesuai hanya akan memenuhi CV dan menurunkan kredibilitas anda.

Perbarui CV Setiap Waktu

Anda mungkin tidak melamar satu pekerjaan saja dalam satu waktu. Pastikan anda tidak menggunakan satu CV untuk semua jenis pekerjaan yang anda lamar. Anda harus memperbarui CV anda dengan kualifikasi yang disesuaikan dengan pekerjaan yang akan anda lamar tersebut. Jika anda juga sudah memiliki pekerjaan baru, pastikan anda untuk memperbarui CV lama anda ketika ingin melamar pekerjaan lainnya.

Contoh Curriculum Vitae Bahasa Inggris

Berikut ini contoh curriculum vitae yang baik dalam bahasa inggris.

Contoh Curriculum Vitae Bahasa Inggris

Contoh Curriculum Vitae Bahasa Inggris

Ketika anda membuat CV dalam bahasa inggris pastikan anda untuk memeriksa tulisan dan tata bahasa yang digunakan. Kesalahan tata bahasa menjadi hal yang fatal dalam membuat CV bahasa inggris.

Contoh CV Bahasa Indonesia

Bagi anda yang ingin membuat CV dalam bahasa Indonesia, berikut ini contoh curriculum vitae yang baik dan dapat anda jadikan referensi:

Contoh CV Bahasa Indonesia

Contoh CV Bahasa Indonesia

Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Dalam membuat CV, anda tidak perlu menuliskan judul “Curriculum Vitae” pada CV yang anda buat. Berikut ini contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar untuk anda jadikan referensi.

Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Contoh-contoh CV di atas dapat juga anda gunakan sebagai contoh cv mahasiswa atau contoh cv menarik untuk fresh graduate. Satu hal yang harus anda pastikan ketika membuat CV adalah jangan menggunakan terlalu banyak halaman. Pastikan CV anda hanya terdiri dari satu atau dua halaman saja. Semakin banyak halaman CV anda, semakin malas HRD membaca CV yang anda ajukan.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.