3 Cara Mencari Jurnal Internasional Mudah Dan Gratis

Makalah.id – Sudahkah anda mengetahui tentang bagaimana cara mencari jurnal internasional? Seperti yang kita tahu bahwa jurnal erat kaitannya dengan pembuatan skripsi maupun disertai karena memang jurnal akan sangat berguna di dalam memperkuat teori maupun juga data-data yang berkaitan dengan sesuatu yang akan kita teliti. Selain itu, tidak mudah menemukan jurnal yang sesuai dan diakui karena meskipun sebenarnya anda sudah menemukan jurnal, namun ternyata jurnal tersebut bukan jurnal yang diakui, maka tentu saja akan langsung ditolak dan tidak bisa dijadikan sebagai dasar untuk memperkuat data atau teori.

Oleh sebab itu, kali ini kami akan membagikan kepada anda mengenai cara mencari jurnal internasional yang sudah diakui dan bisa anda gunakan sebagai bukti yang akan memperkuat teori maupun data-data yang anda miliki. Namun sebelum itu, kami ingin membagikan informasi yang juga masih berhubungan dengan jurnal yakni Cara Mengutip Dari Jurnal Untuk Skripsi, Thesis, Dan Laporan Ilmiah dan juga Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal Dengan APA Style dan MLA Style.

Cara Mencari Jurnal Internasional

Cara Mencari Jurnal Internasional

Cara Mencari Jurnal Internasional

Seperti yang telah kami jelaskan di awal bahwa jurnal akan sangat berguna untuk memperkuat data maupun teori, baik di dalam skripsi, disertai, maupun penelitian yang lainnya. Mencari jurnal internasional memang harus hati-hati karena tidak jarang jika anda mencarinya sembarangan dan ternyata anda malah mendapatkan jurnal yang tidak terindeks alias tidak terdaftar.

Berikut ini kami akan menjelaskan mengenai bagaimana cara mencari jurnal internasional yang bisa anda pelajari sehingga nantinya anda bisa menemukan jurnal internasional sesuai dengan penelitan anda dan juga jurnal tersebut telah terindeks.

1. Cara mencari jurnal internasional gratis di DOAJ

Cara mencari jurnal internasional gratis di DOAJ

Cara mencari jurnal internasional gratis di DOAJ

Apakah anda pernah mendengar istilah DOAJ? Ia merupakan singkatan dari Directory of Open Access Journal alias atau yang jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia yakni kumpulan jurnal-jurnal internasional gratis. Dengan kata lain, jurnal-jurnal yang tersedia di sana bisa anda dapatkan secara gratis tanpa harus mengeluarkan biaya apapaun.

Situs ini sudah banyak dimanfaatkan oleh mereka yang mengambil jenjang S1 sampai dengan S3 karena memang di sana ada banyak sekali jurnal yang bisa anda temukan. Adapun cara yang harus anda lakukan jika anda ingin mendaptakn jurnal anda di DOAJ tentu sangat mudah dimana anda hanya perlu mengetikkan nama dari jurnal atau penelitian yang ingin anda teliti dan nantinya anda akan langsung menemukan jurnal yang anda cari.

Anda jangan khawatir karena jurnal yang ada di DOAJ sudah terindeks sehingga anda tidak perlu jurnal anda tersebut ditolak oleh dosen anda. Di situs tersebut nantinya anda akan diberikan pilihan apakah anda ingin melihat abstraknya saja atau ingin meliha full teks sesuai dengan keinginan anda.

2. Cara mencari jurnal internasional di Science Direct

 Cara mencari jurnal internasional di Science Direct

Cara mencari jurnal internasional di Science Direct

Cara mendapatkan jurnal internasional yang bisa anda lakukan adalah dengan mengunjungi Science Direct yang merupakan sebuah situs yang dibuat oleh salah satu publisher terbesar yakni Elsevier. Di sini anda bisa mendapatkan ratusan atau bahkan ribuan jurnal internasional yang anda inginkan sesuai dengan bidang atau hal yang ingin anda teliti.

Namun anda harus tahu bahwa tiadk semua jurnal yang ada di situs ini bisa anda dapatkan secara gratis, meskipun memang sebenarnya tidak sedikit jurnal internasional gratis yang bisa anda dapatkan di sana. Bagi anda yang ingin mendapatkan jurnal gratis, maka anda hanya perlu melihat apakah jurnal tersebut ada label open access atau tidak.

Sementara itu, cara yang harus anda lakukan jika anda ingin mendapatkan Science Direct tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu masuk ke situs tersebut dan nantinya pada menu search anda hanya perlu mengetikkan jurnal yang ingin anda cari. Tentu ketika anda mencari jurnal yang anda inginkan, anda akan diberikan beberapa jurnal yang gratis maupun yang berbayar.

Namun, jika anda hanya ingin mendapatkan jurnal gratis, maka anda hanya perlu mengganti all access types menjadi open access articles dan anda akan langsung mendapatkan semua jurnal gratis yang anda inginkan.

3. Cara mencari jurnal internasional di Research Gate

Cara mendpatkan jurnal internasional yang juga bisa anda lakukan adalah dengan bergabung dengan Research Gate. Mungkin banyak dari anda yang belum tahu bahwa sebenarnya Research Gate merupakan sebuah komunitas atau perkumpulan yang di dalamnya banyak sekali jurnal internasional yang bisa anda dapatkan dan sesuai dengan penelitian anda.

Bahkan, jika di situs lain anda mendapatkan jurnal yang anda inginkan secara berbayar alias tidak gratis, namun jika anda bergabung di Research Gate, anda malah bisa mendapatkan jurnal tersebut secara gratis yang anda peroleh dari penulisnya sendiri. Dan ketika anda belum menemukan jurnal yang anda inginkan, anda bisa melakukan request mengenai jurnal tersebut untuk nantinya anda akan mendapatkan jurnal yang anda inginkan.

Tentunya bagi anda yang ingin mendapatkan jurnal di Research Gate, maka yang harus anda lakukan adalah dengan bergabung terlebih dahulu yakni dengan masuk ke menu join fo free sehingga nantinya anda bisa langsung mendapatkan jurnal anda.

Untuk mencari jurnal yang anda inginkan tidak jauh berbeda ketika anda masuk ke situs pencarian jurnal internasional yang lainnya dimana anda hanya perlu mengetikkan jurnal yang ingin anda download melalui menu search yang sudah disediakan.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai cara mencari jurnal internasionalsecara gratis. Kami juga menyarankan agar anda mendapatkan informasi lainnya yakni Jurnal Internasional Gratis Paling Lengkap, Begini Cara Mencarinya. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.