2 Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja Kontraktor Dengan Pemilik Rumah

Surat Perjanjian Kontrak Kerja – Pada suatu kesepakatan atau perjanjian memang wajib dan harus di tuntut untuk membuat suatu surat perjanjian yang sifatnya mengikat kedua belah pihak, yang bertujuan agar masing – masing pihak mengetahui hak dan kewajibanya. Surat perjanjian ini di buat dengan kondisi tanpa paksaan dan sehat.

Apa fungsi surat perjanjian kontrak kerja ?

Surat perjanjian kontrak kerja atau SPK akan mengikat kedua belah pihak yang sudah bersepakat untuk melaksanakan perjanjian yang akan saling menguntungkan kedua belah pihak atau sesuai dengan rincian – rincian yang ada dalam surat perjanjian. Misalnya surat perjanjian kerja antara seseorang pemilik rumah dengan kontraktor yang mempunyai kesepakatan bersama dalam pengadilan ketika terjadi pelanggaran sebuah perjanjian, surat perjanjian kerja akan sah ketika kedua belah pihak menandatangai nya dan bermaterai, untuk persyaratanya hampir sama seperti surat perjanjian jual beli mobil dan 4 Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Motor.

Syarat pembuatan surat perjanjian kerjanya

Syarat pembuatan surat perjanjian kerja kontraktor

Syarat pembuatan surat perjanjian kerja kontraktor

Nah tentunya sebelum surat perjanjian kerja di buat masing – masing pihak harus menyiapkan persyaratanya terlebih dahulu, contohnya berikut ini :

  1. Pihak rumah / pihak pertama
  • Harus menyiapkan surat kelengkapan seperti IMB, izin pelaksanaan proyek dari RT , dan syarat – syarat yang lainya
  • Sudah paham akan prosedur pembangunan rumah yang di jelaskan oleh pihak kontraktor
  • Menyiapkan gambaran rumahatau gambar lengkap dari arsitek
  • Menyediakan dana yang sudah di hitung dan di setujui antara kedua belah pihak
  • Menyetujui alokasi waktu yang di sediakan oleh konntrraktor
  • Bersedia secara hokum untuk melaksanakan perjanjian
  1. Pihak kontraktor / pihak kedua
  • Bersedia memberi penjelasan dengan detil kepada pemilik rumah atau pihak kesatu tentang prosedur pembangunan rumah
  • Paham dan setuju dengan gambar atau desain rumah yang di berikan oleh si pemilik rumah atau pihak pertama
  • Bersedia menyiapkan jadwal pelaksanaan yang sudah jelas.
  • Bersedia menyiapkan draft surat perjanjian kerja yang sudah di setujui oleh kedua belah pihak.
  • Setuju terikat secara hukum lewat undang undang perdata dan juga perjanjian yang berlaku di Negara Indonesia.

2 Contoh surat perjanjian kontrak kerja

1. Contoh Surat perjanjian Kontrak kerja kontraktor

Surat Perjanjian Kontrak Kerja

Pada hari senin 6 – Desember – 2018,  saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama   : Arifin

Pekerjaan : Guru

Alamat  : Jl.gedongkuning Yogyakarta

Bertinak sebagai pemilik rumah dan selanjutnya akan di sebut sebagai Pihak Pertama.

Nama  : Damar

Pekerjaan : Kontraktor

Alamat : Jl.Tajem Yogyakarta

Bertindak sebagai kontraktor , yang selanjutnya akan di sebut sebagai pihak kedua.

Dengan ini kedua belah pihak telah menyutujui saling mengikat diri mengadakan perjanjian kerja untuk membangun rumah yang mempunyai syarat dan peraturan sebagai berikut :

Pasal 1

Pihak pertama akan memberikan tugas kepada pihak kedua untuk melaksanakan pembangunan rumah pihak pertama yang beralamatkan Jl.Gedongkuning Yogyakarta dengan sebaik baik nya dan sesuai dengan spesifikasi teknis dan gambar bangunan yang sudah di berikan oleh pihak pertama.

Pasal 2

Pekerjaan pihak kedua yang sudah di utarakan pada pasal 1 akan di mulai pada hari Jumat 23 – Desember 2018. Pekerjaan pihak kedua harus di selesaikan hingga 180 hari kerja seperti yang sudah di sepakati antara kedua belah pihak

Pasal 3

Pihak kedua harus memulai pengerjaan pada tanggal yang sudah di sepakati dan di tetapkan. Pihak kedua juga harus mengerjakan berdasarkan data – data yang lengkap dan tidak boleh kan untuk memutuskan sendiri ketika ada suatu perkara yang mungkin di luar desain atau gambar yang di berikan oleh pihak pertama. pihak pertama wajib memberikan detail spesifikasi material bangunan kepada pihak kedua.

Pasal 4

Biaya pembangunan rumah yang harus di bayarkan oleh pihak pertama ke pihak kedua adalah Rp.700.000.000,- ( tujuh ratus juta rupiah ) untuk membangun 1 unit rumah yang belum termasuk pajak dan biaya izin / mengurus perizinan.

Pasal 5

Prosedur pembayaran pihak pertama ke pihak kedua yang sudah di utarakan pada pasal 4, mempunyai 6 termin yang sudah di sepakit antara kedua belah pihak.

Pasal 6

Untuk masa pemeliharaan setiap pekerja di beri waktu 3 bulan, di mulai semenjak berita acara sudah di tanda tangai. Pada masa berakhir pemeliharaan kedua belah pihak akan sepakat menandatangani berita acara dan serah terima.

Pasal 7

Seluruh pekerjaan akan di tanggung oleh pihak kedua spenuhnya. Maka dari itu tidak di izinkan pihak kedua memberikan pekerjaan kepada pihak lain / pihak ketiga yang tidak ada di surat perjanjian.

Pasal 8

Pihak kedua di izinkan mendatangkan tambahan tenaga kerja tanpa sepengetahuan pihak pertama ketika di rasa jadwal nya akan terlambat. Ketika kedua belah pihak menglami perselisihan maka akan di selesaikan dengan jalur kekeluargaan dan ketika tidak tercapai juga maka akan di selesaikan lewat jalur hukum.

Pasal 9

Ketika terdapat hal yang belum di atur atau di teteap kan dalam surat perjanjian kontrak kerja ini maka kedua belah pihak sepakat untuk menetapkanya di kemudian hari.

Demikian surat perjanjian kerja ini di buat dengan matera dan di tanda tangani oleh kedua belah pihak tanpa adanya paksaan dan dalam kondisi sehat. Surat perjanjian ini bersifat mengikat dan sah di mata hukum.

 

Yogyakarta 20 – Desember – 2018

Arifin                                                                                                  Damar

 

 

Pihak Pertama                                                                                   Pihak Kedua

2. Contoh surat perjanjian kontrak kerja proyek

contoh surat perjanjian kontrak kerja proyek

contoh surat perjanjian kontrak kerja proyek

Nah semoga artikel Surat Perjanjian Kontrak Kerja Kontraktor Dengan Pemilik Rumah ini dapat membantu dan menambah wawasan anda sehingga ketika anda ingin menjalani sebuah perjanjian karna ingin mendirikan rumah sudah mengetahui syaratnya apa saja yang harus di siapkan, dan apa saja yang harus ada di dalam surat perjanjian. Untuk membuat surat yang resmi anda harus mengetahui  Pengertian Dan 4 Contoh Surat Resmi Terbaru.

 

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.