2 Contoh Surat Penawaran Kerjasama Bidang Kesehatan Dan Elektronik

Makalah.id – Sudahkah anda tahu mengenai surat penawaran kerjasama? Jika belum, maka anda perlu menyimak baik-baik penjelasan yang akan kami jelaskan berikut ini. Akan tetapi, pembahasan awal kita akan berfokus kepada pengertian dari surat tersebut karena tentu saja jika ingin membahas sesuatu haruslah dimulai dari pengertiannya terlebih lagi, baru kemudian mulai membahas contohnya.

Surat penawaran kerjasama merupakan sebuah surat resmi yang dibuat oleh seseorang, organisasi, atau instansi tertentu yang mana di dalam surat ini berisi informasi mengenai penawaran produk dan jasa yang sekaligus juga akan disertai dengan detail harga atau spesifikasi dari produk maupun jasa yang ditawarkan. Surat ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Contoh Surat Penawaran Harga Barang, Kerjasama dan Jasa Paling Lengkap maupun juga Pengertian Dan Contoh Surat Penawaran Berikut Isinya karena semuanya berisi penjelasan mengenai barang atau produk yang akan ditawarkan.

Memahami tentang surat penawaran kerjasama tentu sangat diperlukan karena nantinya bisa memberikan keuntungan pada masing-masing pihak ketika pada akhirnya telah ditentukan atau tercapainya sebuah kerjasama.

Surat Penawaran Kerjasama

Surat Penawaran Kerjasama

Mengenal Lebih Jauh Surat Penawaran Kerjasama

Surat penawaran kerjasama masih tergolong ke dalam salah satu surat resmi. Artinya, ketika anda ingin menulis surat ini, maka anda harus memastikan bahwa surat yang anda buat sudah memenuhi kaidah atau aturan di dalam penulisan surat resmi.

Beberapa hal menjadi pertimbangan anda di dalam menuliskan surat penawaran kerjasama antara lain sebagaimana yang akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Anda harus memberikan penjelasan mengenai profil dari perusahaan atau usaha apa yang sedang anda jalani. Menjelaskan mengenai profil perusahaan akan menjadi salah satu bahan pertimbangan konsumen untuk mau bekerjasama dengan anda atau tidak.
  • Anda juga harus memberikan informasi mengenai produk atau barang apa yang ingin anda tawarkan kepada konsumen agar supaya ia mau kerjasama dengan anda. Artinya, anda harus memberikan penjelasan mengenai kelebihan atau keunggulan dari barang dan jasa anda tersebut agar supaya orang yang anda tuju bersedia untuk menjalin hubungan kerjasama dengan anda.
  • Yang juga tidak kalah penting, anda harus menginformasikan kepada pihak sasaran mengenai rincian produk dan harga yang dibandrol dan harus mereka keluarkan ketika ingin menerima barang yang anda tawarkan. Cantumkan harga secara detail agar supaya konsumen tidak sampai kecewa jika mengetahui harganya tidak sesuai dengan apa yang anda jelaskan atau tertuang di rincian harga.
  • Selain itu, anda jangan sampai lupa untuk memberikan penjelasan mengenai proses pembayaran yang bisa konsumen lakukan, apakah bisa melalui online alias transfer atau apakah malah bisa langsung membayar kontan. Hal ini bertujuan agar supaya konsumen tidak sampai bingung mengenai metode pembayaran yang diterapkan oleh perusahaan yang menawarkan barang atau untuk menjalin kerjasama tersebut.

1. Surat penawaran kerjasama bidang kesehatan

Surat penawaran kerjasama bidang kesehatan

Surat penawaran kerjasama bidang kesehatan

Seperti yang anda lihat, bahwa di dalam contoh yang kami berikan ini berisi informasi mengenai profil perusahaan atau instansi terkait dan kemudian dilanjutkan dengan memperkenalkann mengenai barang-barang yang ditawarkan kepada pihak sasaran.

Selain itu, pada surat ini anda juga bisa melihat bahwa di sana tercantum kelebihan atau keunggulan dari produk yang ditawarkan, salah satunya dilakukan dengan cara membandingkan harga yang ditawarkan oleh perusahaan atau instansi terkait dengan harga yang ditawarkan oleh perusahaan lain. Hal ini tentu saja bisa dijadikan sebagai salah satu cara persuasif untuk menarik minat pihak sasaran anda.

Sekedar informasi bahwa surat kerjasama biasanya juga menjelaskan mengenai rincian harga dari produk yang ditawarkan yang tentu saja akan sangat berguna agar supaya konsumen tidak sampai kebingungan untuk mengetahui harga dari produk yang mereka inginkan untuk dilakukan kerjasama.

2. Surat penawaran kerjasama bidang barang elektronik

Surat penawaran kerjasama bidang barang elektronik

Surat penawaran kerjasama bidang barang elektronik

surat penawaran kerjasama bidang barang elektronik

SURAT PENAWARAN KERJASAMA

PT AGUNG LAKSONO GRUP

Jl. Soekarno Hatta No. 28, Malang

Telp.(031)456787 Faks.241511

Nomor  : 24/AC/XXVI/21                                                                                                             24 Desember 2018

Lamp     :  –

Hal         : Permintaan penawaran

Yth. Direktur PT. Surya Kencana Indah

Jl. Muhammad Masduki Soekamto No.32

Surabaya

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini, kami dari PT. Agung Laksono Grup yang bergerak di Bidang Barang Elektronik  bermaksud untuk menawarkan produk-produk kami kepada PT. Surya Kencana Indah. Perusahaan kami telah berdiri sejak 10 tahun yang lalu dan telah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat sehingga kami tidak ragu menawarkan produk kami.

Kami bermaksud ingin melakukan hubungan kerjasama dengan perusahaan PT. Surya Kencana Indah dalam upaya untuk meningkatkan kinerja para karyawan yang ada di perusahaan ini, dan juga dalam upaya agar produk-produk perusahaan kami semakin berkembangan dan dinikmati oleh semua kalangan.

Beberapa produk yang kami tawarkan antara lain laptop, komputer, printer, hardisk, flashdisk, dan lain-lain. Adapun informasi yang lebih lengkap mengenai produk kami, maka sudah kami cantumkan pada lampiran.

Demikian surat penawaran kerjasama ini. Kami berharap agar PT. Surya Kencana Indah bersedia menerima tawaran dari produk yang kami tawarkan. Atas waktu dan perhatiannya, kami sampaikan terimakasih.

Hormat Kami,

Agung Laksono Grup

Mukhammad Andika Kangen Band

Manager Pemasaran

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai seperti apa contoh surat penawaran kerjasama. Kesimpulannya, bahwa surat ini berisi informasi mengenai produk atau barang yang ditawarkan kepada pihak sasaran dengan menggunakan bahasa persuasif agar mereka mau menerima dan menjalin kerjasama.

Kami juga menyarankan agar anda mendapatkan informasi lain yang juga tidak kalah penting yaitu Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja Yang Baik dan Format Penulisan yang Benar. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.