2 Contoh Serah Terima Pekerjaan dalam Berbagai Bidang Bisnis Terbaru

Serah terima pekerjaan umum terjadi di dunia bisnis ataupun pemerintahan. Proses serah terima pekerjaan dilakukan sebagai bentuk delegasi atau perpindahan tanggung jawab dalam melakukan pekerjaan. Serah terima pekerjaan juga dapat dilakukan sebagai bentuk laporan pekerjaan yang sudah diselesaikan.

Beberapa contoh serah terima pekerjaan di dunia bisnis adalah pegawai desain yang menyerahkan pekerjaan kepada bagian pemrograman yang akan mengimplementasikan desain. Contoh lain dari serah terima pekerjaan yang akan anda temui adalah gubernua lama yang menyerahkan pekerjaan kepada gubernur yang baru.

Dalam proses serah terima pekerjaan, anda akan membutuhkan surat dan berita acara sebagai bentuk resmi perpindahan tanggung jawab pekerjaan. Berikut ini berbagai cara serah terima pekerjaan, berita acara, dan contoh surat yang dibutuhkan.

Cara Melakukan Serah Terima Pekerjaan

Jika anda bekerja di sebuah kantor dan bermaksud untuk resign dari kantor tersebut, maka anda harus melakukan serah terima pekerjaan. Berikut ini cara-cara yang anda lakukan dalam proses menyerahkan pekerjaan yang sebelumnya sudah anda lakukan.

Mendiskusikan Rencana Serah Terima Pekerjaan dengan Atasan di Kantor

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum menyerahkan pekerjaan adalah membahas masalah tersebut dengan atasan. Anda dapat membahas aktivitas atau kegiatan yang bisa anda lakukan di masa transisi. Atasan anda mungkin meminta anda untuk berkontribusi dalam proses serah terima. Misalnya, anda harus terlebih dahulu melatih karyawan pengganti sebelum anda menyerahkan keseluruhan pekerjaan. Anda juga dapat menanyakan dokumen-dokumen yang harus anda siapkan untuk semua proses serah terima pekerjaan.

Siapkan Seluruh Dokumen dan Keperluan Serah Terima Pekerjaan

Anda dapat memulai membuat draft dokumen serah terima pekerjaan yang akan anda lakukan. Buatlah dokumen-dokumen ini secara mendetail. Dokumen yang harus anda siapkan diantaranya adalah dokumen tentang pekerjaan anda. Ini akan membantu karyawan pengganti lebih mudah dalam menyelesaikan atau melanjutkan tugas yang anda tinggalkan. Mungkin juga anda akan diminta untuk menyiapkan surat dan berita acara serah terima pekerjaan.

Menyelesaikan Semua Tugas yang Mampu Dikerjakan

Sebelum anda pindah ke tempat kerja yang baru, berusahalah untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang anda miliki. Hal ini sebagai bentuk tanggung jawab anda kepada tempat kerja yang lama. Ini juga akan memberikan kepuasaan karena pencapaian yang sudah anda lakukan. Karyawan yang menggantikan anda juga tidak akan sulit memulai dari awal ketika menjadi pengganti anda.

Diskusikan Tugas-Tugas dengan Rekan Kerja

Sebelum anda meninggalkan tempat kerja, anda dapat mengajak rekan kerja anda untuk berdiskusi terkait tugas-tugas yang akan anda serahkan. Selain itu, anda juga dapat mendiskusikan hal-hal yang harus anda lakukan dan prioritaskan selama masa transisi. 

Contoh Berita Acara Serah Terima Pekerjaan

contoh berita acara serah terima pekerjaan retensi

contoh berita acara serah terima pekerjaan retensi

Berikut ini adalah contoh berita acara serah terima pekerjaan untuk pekerjaan yang dinyatakan sudah selesai dan diserahkan kepada pihak lainnya untuk penanganan lebih lanjut. Contoh ini bisa anda perbarui sesuai dengan kebutuhan anda, misalnya menjadi contoh berita acara serah terima pekerjaan borongan atau contoh berita acara serah terima pekerjaan retensi.

BERITA ACARA SERAH TERIMA PEKERJAAN

BERITA ACARA SERAH TERIMA PEKERJAAN

Pada hari ini Selasa, tanggal 20 bulan April tahun Dua ribu delapan, kami yang bertanda tangan di bawah ini;

  1. Nama: Dr. Lutfi Khawas, M.T
    NIP: 123456789
    Jabatan: Pejabat Pembuat Keputusan Ditjen Pengembangan Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
    Alamat: Perumahan Puri Indah II No 56, Jakarta Selatan

Bertindak untuk dan atas nama Kegiatan Pengembangan Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang selanjutnya disebut dengan PIHAK PERTAMA.

  1. Nama: Mafatihuddin Sadid, S.T.
    NIP: 987654321
    Jabatan: Direktur Utama PT Irigasi Jaya Utama
    Alamat: Jalan Anggrek Gang Jaya No 12, Bengkulu Utara

Bertindak atas nama PT Irigasi Jaya Utama yang selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA.

Dalam hal serah terima pekerjaan ini, PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA sepakat untuk melakukan pemeriksaan sekaligus serah terima pekerjaan berdasarkan aturan serta ketentuan berikut ini:

  1. Pemeriksaan pekerjaan yang telah diselesaikan oleh PIHAK KEDUA akan dilakukan oleh PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA secara bersama-sama sesuai dengan Surat Perjanjian Pelaksanaan Pekerjaan Nomor 123/PUPR/SDA/IX/2006.
  2. Pada pemeriksaan dan serah terima pekerjaan saat ini, pekerjaan telah 100% diselesaikan oleh PIHAK KEDUA.

Demikianlah Berita Acara Serah Terima Pekerjaan ini telah disetujui oleh PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA. Berita Acara Serah Terima Pekerjaan ini dibuat dan ditandatangani dalam rangkap 2 (dua) yang kemudian dimiliki oleh masing-masing pihak.

 

Pihak Pertama                                          Pihak Kedua

 

Dr. Lutfi Khawas, M.T                             Mafatihuddin Sadid, S.T.

Selain menyerahkan pekerjaan yang sudah diselesaikan, anda juga dapat menyerahkan pekerjaan dengan alasan resign dari kantor. Berikut ini contoh berita acara serah terima pekerjaan oleh pegawai yang melakukan resign atau pengunduran diri.

contoh berita acara serah terima pekerjaan borongan

contoh berita acara serah terima pekerjaan borongan

BERITA ACARA SERAH TERIMA PEKERJAAN

BERITA ACARA SERAH TERIMA PEKERJAAN

Berita Acara Serah Terima Pekerjaan Asisten Manager Pemasaran ini dibuat di Semarang pada hari Rabu tanggal 2 bulan Mei tahun 2009 oleh:

Nama: Mahbub Junaidi
Tempat, Tanggal Lahir: Semarang, 25 April 1987
Alamat: Jalan Manggis Raya No 23, Semarang
Jabatan: Asisten Manager Pemasaran PT Teknik Elektro Maju

Selanjutnya dalam perjanjian ini disebut dengan Pihak Pertama.

Nama: Khidir Insan Kamil
Tempat, Tanggal Lahir: Tegal, 2 Desember 1988
Alamat: Jalan Ahmad Yani No 21, Semarang
Jabatan: Staff Bidang Pemasaran PT Teknik Elektro Maju

Selanjutnya dalam perjanjian ini disebut dengan Pihak Kedua.

Di dalam perjanjian ini Pihak Pertama dan Pihak Kedua secara bersama-sama selanjutnya disebut Para Pihak. Para Pihak sepakat untuk melakukan serah terima pekerjaan dari Pihak Pertama kepada Pihak Kedua dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Pihak Pertama menyerahkan seluruh dokumen pekerjaan kepada Pihak Kedua menyangkut pekerjaan sebagai Asisten Manager Pemasaran PT Teknik Elektro Maju.
  2. Dokumen yang diserahkan oleh Pihak Pertama kepada Pihak Kedua terdiri dari surat-surat perjanjian dengan klien perusahaan sebanyak 100 surat, daftar nama klien perusahaan sebanyak 1000 nama, username dan password untuk masuk ke aplikasi pemasaran, laporan hasil pemasaran sebanyak 100 berkas, dan dokumen rancangan pemasaran sebanyak 100 berkas.

Demikian berita acara serah terima pekerjaan yang sudah dilakukan oleh Para Pihak untuk digunakan sebagaimana mestinya.

 

Pihak Pertama                        Pihak Kedua

 

Mahbub Junaidi                       Khidir Insan Kamil

 

Mengetahui,
Manager Pemasaran PT Teknik Elektro Maju

 

Mahasin Tamam

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.