11 Contoh Tema Penelitian Ekonomi Syariah dan Cara Menentukan Tema yang Baik

Makalah.id – Contoh tema penelitian ekonomi syariah jika anda cari dengan googling memang sangat terbatas ya. Namun anda tidak perlu berkecil hati, pada kesempatan kali ini penulis akan mencoba memberikan referensi tambahan buat anda semua. Tapi sebelumnya anda harus tahu ini bagaimana menentukan tema penelitian ekonomi syariah yang baik dan benar. Setelah anda mendapatkan tema yang diinginkan, selanjutnya anda juga wajib memilih metode yang tepat, contohnya saja seperti Metode Penelitian Deskriptif atau metode lainnya yang anda anggap paling efektif untuk digunakan.

contoh tema penelitian ekonomi syariah dan Cara Menentukan Tema yang Baik

contoh tema penelitian ekonomi syariah dan Cara Menentukan Tema yang Baik

Contoh tema penelitian ekonomi syariah yang baik dan benar bisa dimulai dari hal – hal yang membuat anda nyaman dan enjoy. Karena dengan kenyamanan yang tercipta, maka anda bisa mendapatkan banyak ide dan inspirasi. Hal – hal yang membuat anda senang, sudah pasti akan mendongkrak semangat anda dalam melakukan penelitian. Contoh Judul Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif bisa menjadi referensi bagi anda setelah menemukan tema penelitian yang tepat.

Buatlah Tema Pada Bidang yang Anda Sukai

Pembuatan tema dalam proses penelitian memang susah – susah gampang ya. Yang terpenting adalah anda harus mempertimbangkan bidang yang anda sukai. Karena dengan begitu anda akan menjadi lebih semangat dalam proses penelitian sampai dengan selesai.

buatlah tema pada bidang yang anda sukai

buatlah tema pada bidang yang anda sukai

Kemudian biasanya jika tema yang anda pilih merupakan bidang yang anda sukai, rasanya itu berbeda lo. Bisa anda bayangkan kondisi dimana anda melakukan sesuatu dengan hati dan ikhlas dengan melakukan sesuai tidak dengan hati. Pasti hasilnya akan sangat berbeda. Coba saja anda buktikan dan coba sendiri. Nantinya anda juga akan paham dengan sendirinya apa yang penulis maksudkan.

Perhatikan Sinkronisasi Antar Kalimat yang Anda Buat

Setelah anda memutuskan bidang apa yang anda senangi untuk dijadikan tema penelitian ekonomi syariah, maka selanjutnya anda bisa memperhatikan sinkronisasi antar kalimat yang anda buat sebagai tema tersebut. Jangan sampai pembaca tidak paham dan bingung saat membaca tema yang anda buat. Pastinya ketertarikan untuk mempelajari karya tulis yang anda buat menjadi hilang. Karena baru membaca temanya saja sudah tidak jelas, apalagi dengan isinya. Untuk itu pertimbangkan baik – baik dalam proses menyusun kalimat.

Posisikan Diri Anda Sebagai Pembaca

Jika perlu, posisikan diri anda sebagai pembaca. Dengan begitu diharapkan anda akan paham bagaimana kemauan pembaca saat membaca tema penelitian ekonomi syariah. Apakah anda sebagai pembaca akan tertarik atau tidak jika membaca tema tertentu. Poin seperti ini akan sangat membantu anda saat menyusun tema penelitian ekonomi syariah.

Tambahkan Istilah Asing Untuk Menggali Daya Tarik Pembaca

Survei membuktikan bahwasannya dengan menyisipkan istilah asing pada sebuah tema penelitian ternyata mampu mendongkrak daya tarik pembaca untuk mempelajari lebih lanjut karya tulis tertentu. Anda sebaiknya memanfaatkan peluang yang terbuka lebar tersebut. Karena dengan menambahkan istilah asing pada sebuah tema penelitian seperti halnya ekonomi syariah, pembaca yang tidak paham maksud dari istilah tersebut pasti akan berusaha mencari tahu. Hal seperti ini bisa dianggap sebagai keunikan dan keoriginalan tema penelitian.

Pangkas Habis dan Hilangkan Keberadaan Kesalahan dalam Penulisan

Bisa anda bayangkan sendiri jika anda sedang asik membaca ternyata menemukan kesalahan dalam penulisan. Pastinya anda menjadi tidak nyaman dan terkadang langsung menghentikan kegiatan membaca tersebut. Nah kondisi semacam ini sebaiknya wajib anda perhatikan. Kesalahan penulisan meskipun terlihat sepele, namun pengaruhnya cukup besar.

Apalagi jika kesalahan penulisan tersebut ditemukan pada bagian tema. Wah anda pasti sudah dicap sebagai seorang yang sembrono, ceroboh dan tidak profesional. Tema sendiri bisa dikatakan sebagai wajah. Bagian wajahnya saja sudah acak – acakan, apalagi bagian – bagian lainnya. Tentu anda tidak ingin dicap demikian. Jadi perhatikan baik – baik penulisan yang anda buat ya.

Contoh Tema Penelitian Ekonomi Syariah

Contoh tema penelitian ekonomi syariah memang sangat penting keberadaannya untuk dijadikan sebagai referensi. Sesuai janji penulis pada ulasan di awal pembahasan, penulis akan mencoba untuk memberikan beberapa contoh tema peneltian ekonomi syariah kepada anda semua. Agar lebih jelasnya anda bisa simak ulasannya di bawah ini :

contoh tema penelitian ekonomi syariah

contoh tema penelitian ekonomi syariah

  1. Pengaruh Inflasi Pada Perkembangan Ekonomi Mikro dan Makro Berbasis Syariah di Ruang Lingkup Provinsi Jawa Tengah Terhadap Kondisi Keuangan Rumah Tangga
  2. Pengaruh Inflasi Pada Perkembangan Ekonomi Mikro Berbasis Syariah di Indonesia Pada Tahun 2018
  3. Pengaruh Inflasi Pada Perkembangan Ekonomi Makro Berbasis Syariah di Indonesia Pada Tahun 2018
  4. Manfaat Percepatan Regulasi Bagi Peningkatan Perkembangan Ekonomi UMKM Berbasis Ekonomi Syariah
  5. Manfaat Pengguliran Dana Desa Bagi Perkembangan Ekonomi Mikro Berbasis Syariah Pada Sebuah Daerah
  6. Manfaat Pengguliran Dana Desa Bagi Perkembangan Ekonomi Makro Berbasis Syariah Pada Sebuah Daerah
  7. Pengaruh Keterlambatan Pelaporan Keuangan Bagian Akunting Terhadap Perkembangan Ekonomi Pada Sebuah Perusahaan Swasta Berbasis Syariah
  8. Pengaruh Ketidaktelitian Perhitungan Pelaporan Keuangan Bagian Akunting Terhadap Perkembangan Ekonomi Pada Sebuah Perusahaan Swasta Berbasis Syariah
  9. Pengaruh Auditor Laporan Keuangan Bagi Divisi Akunting Terhadap Perkembangan Ekonomi Pada Sebuah Perusahaan Swasta Berbasis Syariah
  10. Manfaat Pengecekan Data Laporan Keuangan Harian Bagi Divisi Akunting Terhadap Perkembangan Ekonomi Pada Sebuah Perusahaan Swasta Berbasis Syariah
  11. Pengaruh Nilai Tukar Rupiah yang Tidak Stabil dengan Dollar Terhadap Perkembangan Ekonomi Pada Sebuah Perusahaan Berbasis Syariah

Bisa diambil kesimpulan pada pembahasan di atas bahwasannya cara menentukan tema yang baik sangat berpengaruh terhadap hasil dari tema penelitian ekonomi syariah yang anda buat nantinya. Jadi saran dari penulis, anda bisa mengikuti cara yang sudah sengaja penulis ulas untuk anda. Kemudian anda juga bisa mempelajari contoh tema yang sudaj disediakan tersebut sebagai pelengkap referensi anda.

Nah mungkin sampai disini dulu ya pembahasan kali ini mengenai contoh tema penelitian ekonomi syariah. Semoga apa yang sudah anda pelajari di atas meskipun isinya masih sangat terbatas, bisa membawa banyak manfaat bagi anda semua. Mohon maaf jika pengetahuan yang penulis miliki dan sampaikan juga masih terbatas. Salam hangat dari penulis, selamat mencoba ya. Semoga sukses dan beruntung.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.